Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhatikan Ini saat Komunikasi di Dunia Digital hingga Transaksi Jual Beli Online

Perhatikan Ini saat Komunikasi di Dunia Digital hingga Transaksi Jual Beli Online Ekonomi Digital | Kredit Foto: Unsplash/ Mimi Thian
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ada latar belakang yang harus dipahami pengguna saat bermedia digital, seperti perbedaan kultural dan standar etika baru akibat perpindahan komunikasi dengan jejaring internet. Melewati batas geografis negara dan multikultural budaya, etika pengguna juga memengaruhi bagaimana kolaborasi dapat dilakukan.

"Orang saling terhubung. Dengan etika inilah kita saling berinteraksi untuk membangun kolaborasi yang bagus," ujar Dekan IAI Dalwa dan Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (23/9/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Cegah Diri Termakan Hoax, Begini Cara Periksa Fakta dan Informasi di Internet

Etika sebagai sistem nilai dan norma moral menjadi pegangan seseorang atau kelompok untuk mengatur tingkah lakunya, berlaku meskipun individunya sedang sendirian. Sementara, etiket merupakan tata cara individu berinteraksi dengan individu lain atau dalam masyarakat sehingga berlaku saat individu berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.

Sementara itu, saat ini komunikasi juga tidak terbatas dengan satu orang saja, tetapi seperti komunikasi di grup Whats'App seseorang bisa berinteraksi dengan lebih banyak orang. Etikanya tentu berbeda saat komunikasi dengan satu orang, di mana tata krama bukan hanya tentang memberikan salam saja, tapi juga memperhatikan isi pesan yang disampaikan akan membawa pengaruh pada anggota grup lainnya.

Kemudian saat berbelanja online kita juga melakukan komunikasi antara penjual dan pembeli untuk bertanya mengenai informasi produk hingga terkait pengiriman. Dengan etika, penjual akan membalas pesan di kotak masuk dengan sapaan salam dan menjawab pertanyaan dengan jelas. Sementara, pembeli juga harus memiliki etika bertanya di ruang obrolan kepada penjual dengan kata-kata sopan.

Baca Juga: Disiplin, Kunci Kendalikan Efek Gadget dan Media Digital Akan Anak-anak

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Praktisi Digital Marketing, Yuda Adhadiyan dan Dekan IAI Dalwa dan Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji, serta Relawan Mafindo Surabaya, Diana Aziz. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: