Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Harus Ingat, Kenalkan Produk Sebelum Gas Berjualan!

UMKM Harus Ingat, Kenalkan Produk Sebelum Gas Berjualan! Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkanalan produk di ruang digital memegang peran penting dalam mengembangkan bisnis online. Setiap pengusaha tidak bisa langsung berjualan, harus memahami consumer journey.

Proses consumer journey setiap bisnis berbeda-beda. Misal ada yang butuh setahun untuk melakukan pengenalan produk. Meski lama, itulah tahapan yang harus dijalani.

Baca Juga: Baru 19 Juta Pelaku UMKM Tembus Pasar Platform Digital

“Di dunia penjualan ada yang namanya consumer journey, yakni dari bagaimana konsumen ituawarness, pengenalan produk kita, sampai ke merasa puas dan merekomendasikan produk kita,” kata Pendamping UMKM, Business Owner Founder Erfa Handmade,CEO PT Erfa Karya Mandiri, dan MAFINDO, Kristien Mey Triyana, ST saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Rabu (28/9/2022).

Dalam proses pengenalan produk, individu bisa menerapkan owned digital marketing. Memanfaatkan media sosial hingga website untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen.

Menurut Kristien, banyak cara untuk pengenalan produk. Salah satunya dengan membuat konten yang di dalamnya disematkan link produk. Usaha travel misalnya, penjual memproduksi konten mengenai cara asik travel ala backpacker, kemudian di dalamnya disematkan bisnis travel terkait, seperti informasi penjualan tiket pesawat.

“Jangan langsung berjualan. Orang belum kenal produk, kita sudah maksa untuk membeli. Ini membuat orang hanya sekali saja membeli, karena tidak ada kepuasan di situ. Tapi kalau orang sudah mengenal produk kita, mencicipi produk kita bahwa berkualitas, maka dia akan kembali lagi dan bahkan merekomendasikan ke orang lain,” kata Kristien.

Baca Juga: Was-Was Inflasi Tinggi, BNI Tetap Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: