Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Tips Dorong Review Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan

5 Tips Dorong Review Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini, internet memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal dengan sekali klik. Anda bisa mendapatkan kopi hanya dengan menunggu di depan pintu rumah atau memanggil ojek dan taksi online langsung dari ponsel.

Tingkat belanja melalui internet memang melonjak dalam tiga tahun terakhir. Akan tetapi, lebih dari sekadar media untuk berbelanja, internet telah menjadi tempat konsumen untuk mencari, meneliti, dan membandingkan produk.

Baca Juga: Kekuatan Digitalisasi dan Penggunaan Internet yang Menjembatani Jarak

Kapan terakhir kali Anda makan di restoran baru atau membeli sebuah barang tanpa memeriksanya lebih dahulu di Google? Rasanya, kita akan cenderung untuk mencari review-nya lebih dahulu di Google sebelum mencoba hal-hal yang baru, bukan?

Sebuah laporan Frontier pada Juli 2022 lalu mengungkapkan bahwa lebih dari dua pertiga konsumen membaca review pelanggan online tentang produk atau layanan yang mereka minati untuk dibeli. Review pelanggan sangat penting untuk membangun kredibilitas bisnis Anda. Namun, tidak semua review pelanggan akan menguntungkan. Jika Anda berasumsi bahwa review online yang buruk tidak mengkhawatirkan, sudah saatnya untuk memikirkan ulang hal tersebut.

Mungkin sulit dipercaya, tetapi terkadang gara-gara satu atau dua review buruk, pelanggan potensial batal beralih dari pesaing Anda. Itulah mengapa Anda harus berusaha lebih keras mendorong pelanggan meninggalkan review yang baik. Review seorang pelanggan dapat memainkan peran besar dalam keputusan orang lain yang ingin menggunakan produk/layanan Anda.

Bagaimana cara mendapatkan review pelanggan?

Beberapa bisnis mencoba menggunakan jasa review online dari agensi yang mem-posting review positif dengan berpura-pura menjadi pelanggan. Akan tetapi, ini sangat tidak etis dan bisa membawa Anda ke masalah hukum.

Belum lagi ketika pelanggan mengetahui bahwa Anda menggunakan jasa review. Mereka akan berhenti mendukung dan bahkan mungkin merekomendasikan kepada orang lain untuk tidak membeli dari Anda.

Banyak cara untuk mendorong pelanggan memberikan review positif. Kami telah menyusun lima strategi sederhana yang dapat dicoba untuk mendapatkan review yang tulus bagi bisnis Anda yang sedang berkembang. 

Ini adalah beberapa tips mendapatkan review pelanggan yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan reputasi bisnis.

1. Tanyakan pelanggan Anda

Cara termudah untuk mendapatkan review pelanggan adalah dengan memintanya. Menurut survei Capterra, 56% pelanggan menulis review secara online karena diminta. Ini sangat sederhana dan dapat diselesaikan tanpa membuang waktu. Cara terbaik adalah memilih pelanggan yang Anda yakini akan meluangkan waktu untuk memberi review yang baik.

Misalnya, ketika Anda menemukan pelanggan berulang kali datang untuk membeli produk tertentu, Anda dapat berasumsi bahwa mereka puas. Anda dapat mengirim pesan singkat, menelepon, atau mengirim email yang menjelaskan betapa pentingnya review pelanggan bagi pertumbuhan bisnis Anda. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan detail yang lebih spesifik tentang review yang mereka tinggalkan.

2. Terlibat di media sosial

Mem-posting review yang dipilih di media sosial adalah cara yang baik untuk mendorong pelanggan lain untuk meninggalkan review mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai review pelanggan, dan itu juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kedekatan dengan mereka.

Katakanlah seorang blogger makanan menandai Anda dan membuat posting-an tentang restoran Anda di Facebook atau Instagram. Anda kemudian dapat membagikannya di halaman media sosial bisnis Anda, membuka dialog dengan pelanggan, pengikut blogger tersebut, dan audiens Anda lainnya sekaligus.

Baca Juga: Belajar pada Pahlawan Digital UMKM untuk Mengelola Keuangan Bisnis

Dengan cara ini, Anda akan mendapat manfaat dari publikasi gratis dan akan menerima testimonial yang lebih menarik secara visual dan interaktif yang dapat dihubungkan dengan audiens Anda.

3. Jelajahi semua platform

Jangan pernah berasumsi bahwa orang akan menemukan Anda hanya melalui situs web atau media sosial. Mereka akan mencari review pelanggan di mana-mana.

Pelanggan cenderung meninggalkan umpan balik, baik positif maupun negatif, pada platform tempat mereka pertama kali menemukan Anda. Jadi pastikan untuk mempertahankan kehadiran di platform bisnis seperti Google Business Profile, Tokopedia, Shopee, atau platform e-commerce dan review bisnis lainnya.

Kami sangat menyarankan untuk memberikan informasi soal kontak, jam kerja, dan daftar produk Anda yang terbaru. Termasuk juga sertakan gambar atau video untuk penawaran Anda.

Setiap kali seseorang meninggalkan review pelanggan untuk Anda di salah satu situs ini, cobalah untuk merespons. Ketika konsumen melihat Anda secara teratur membalas review dan pesan, mereka akan menjadi lebih yakin bahwa Anda adalah bisnis yang dapat dipercaya.

Ini lebih mendorong mereka untuk meninggalkan review atau memberikan saran di masa mendatang karena mereka sudah yakin kalau Anda akan meluangkan waktu untuk menanggapi mereka.

Masalahnya, makin banyak pelanggan tentu waktu yang Anda perlukan untuk membalas review pelanggan akan makin banyak. Namun, saat ini sudah banyak tersedia seperti Zoho Desk yang dapat membantu Anda mengelola semua review pelanggan dari satu antarmuka.

4. Otomatiskan permintaan Anda

Banyak pelanggan tidak meninggalkan review kecuali kalau mereka diingatkan, di situlah peran otomatisasi dimulai. Asumsikan Anda memiliki toko kecantikan dan menginginkan review pelanggan tentang tabir surya yang baru.

Jika Anda mengirim email tindak lanjut ke pelanggan untuk meminta review segera setelah mereka membeli, kemungkinan besar Anda akan kecewa. Konsumen belum cukup memercayai Anda untuk menulis review sampai mereka memiliki cukup waktu untuk menggunakan produk.

Sebaliknya, jika Anda mengingatkan pelanggan Anda dengan email yang sama tujuh hari setelah pembelian, mereka mungkin meluangkan waktu untuk memberikan review pelanggan karena asumsinya mereka sudah menggunakan produk tersebut dan benar-benar senang. Anda dapat mengotomatiskan proses ini dengan menggunakan software email marketing untuk bisnis Anda.

5. Berikan insentif

Mencoba menarik pelanggan dengan bonus gratisan tidak bisa diremehkan. Namun, harap diingat, insentif apa pun yang Anda berikan harus dianggap sebagai ucapan terima kasih, bukan sebagai suap untuk mendapatkan review pelanggan yang positif.

Salah satu cara mengukur apakah hadiah gratis merupakan ide yang baik adalah dengan mengevaluasi feedback yang mereka berikan. Memberikan item gratis kepada orang yang memberikan "bintang 5" untuk produk Anda sebenarnya tidak lebih baik dari menggunakan jasa review, sama-sama kurang kredibel.

Baca Juga: Terapkan Berpikir Kritis, Pengusaha Tidak Boleh Tergiur Kesuksesan Bisnis Orang Lain

Akan jauh lebih baik jika Anda meminta testimonial pelanggan dengan terperinci. Mereka bisa membagi pengalamannya saat berhubungan dengan toko dan tim penjualan Anda, atau juga pengalaman setelah menggunakan produk Anda.

Umpan balik macam ini membutuhkan waktu lebih lama sehingga hadiah yang Anda berikan benar-benar sebagai bentuk terima kasih karena pelanggan telah meluangkan waktunya untuk memberikan review. Anda dapat memberikan sampel gratis, kartu hadiah, kupon diskon, dan kredit khusus untuk mendorong review pelanggan yang mendalam.

Kesimpulan

Review pelanggan bertindak sebagai bukti bahwa bisnis Anda benar-benar berkualitas. Di dunia di mana review negatif membawa banyak pengaruh dan review positif sulit didapat, setiap kata yang ditulis pelanggan tentang bisnis Anda harus diperlakukan dengan sangat penting. Review ini akan memainkan peran besar dalam memengaruhi lead Anda memilih Anda atau memilih kompetitor.

Selain dari perspektif penjualan, review memberi Anda kesempatan untuk belajar dari pelanggan. Wawasan dan pendapat mereka dapat membantu Anda lebih memahami apa yang telah dilakukan dengan benar dan apa yang perlu ditingkatkan.

Ini membuka jalan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam mengembangkan bisnis. Sebagai pemilik usaha kecil, kami berharap langkah-langkah ini memberi Anda awal yang baik untuk mendorong review pelanggan yang berharga dari pengguna produk ataupun layanan Anda.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: