Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tim Medsos Anies Baswedan Belum Mampu Melawan Balik Ulah Buzzer Penyerang di Medsos, Jumlahnya Kalah Jauh?

Tim Medsos Anies Baswedan Belum Mampu Melawan Balik Ulah Buzzer Penyerang di Medsos, Jumlahnya Kalah Jauh? Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bahasan mengenai sosok capres yang kan maju di Pilpres 2024 jadi perhatian masyarakat.

Mengenai hal ini, Lembaga Brand Politika menyatakan bakal calon presiden dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Anies Baswedan lebih banyak diserang di media sosial (medsos) dengan menggunakan trending hashtag. 

Tak hanya itu, Nasdem pun ikut ‘terseret’ oleh arus sentimen negatif terhadap Anies. Hashtag terbanyak yang digunakan netizen dalam postingan-nya, yakni #aniesnasdemout sebanyak 4.071 mentions. 

Selain #aniesnasdemout, dari pantauan Brand Politika di medsos selama 15 hari atau 15-30 Oktober 2022, yakni #tenggelamkanpartainasdem sebanyak 3.630 mentions, dan #tenggelamkananiesnasdem 3.629 mentions. 

Baca Juga: Lautan Manusia Sambut Anies Baswedan, Geisz Chalifah 'Khawatirkan' Kondisi Kesehatan Buzzer: Semoga Nggak Jantungan, Kasihan Nakes!

“Monitoring di medsos dengan kata kunci Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Sandiaga S Uno, Erick Thohir, Puan Maharani serta Ridwan Kamil. Serangan paling mencolok adalah ke Anies Baswedan dibanding nama lainnya yang kami monitor,” kata Direktur Pemenangan Brand Politika Mulyana, kepada media, Selasa (8/11). 

Monitoring yang dilakukan Brand Politika, dapat memantau semua percakapan atau posting-an di medso dan berita di media online sesuai kata kunci. 

Salah satu yang terpantau adalah trending hashtag. Dari monitoring ini, Brand Politika menganalisis pergerakan sejumlah tokoh yang namanya berpeluang untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. 

Menurut Mulyana, dari sejumlah nama yang di-monitoring, Anies yang secara sistematis paling banyak diserang netizen.

“Kami tidak memilah-milah mana yang sekadar buzzer, mana yang akun asli. Kami hanya melihat dari temuan ini, kami analisis dari sisi pergerakan sejumlah tokoh menuju Pemilu 2024,” jelas Mulyana.

Brand Politika menyimpulkan bahwa Anies tokoh yang paling banyak diserang, dengan temuan trending hashtag yang terbanyak bersentimen negatif. 

Selain tiga hashtag yang disebut tadi, hashtag negatif lainnya yang terkait Anies, antara lain #tenggelamkanpartainasdem sebanyak 3.325 mentions, #goodbyenasdemanies sebanyak 3.263 mentions, #kagagalananiesitunyata sebanyak 2.986 mentions, #aniesgabenerpembohong sebanyak 2.950 mentions dan #aniesuntukkhilafah.  

Baca Juga: Ulah Ade Armando Bikin Ngelus Dada Senggol Anies Baswedan dan Kristen, Rocky Gerung Tanya ke Ganjar Pranowo: Anda Setuju Kelakuan Dungu Ini?

Sementara, hashtag yang positif terkait Anies, antara lain #aniesbersamakita hanya sebanyak 691 mentions, #indonesiamemanggil sebanyak 424 mentions, #aniespresiden2024 sebanyak 200 mentions dan #wiswayaheanies sebanyak 182 mentions.

“Lebih banyak mentions hashtag bersentimen negatif ketimbang yang positif. Ini menunjukkan pertama, serangan kepada Anies lebih tersistem, sementara pendukung Anies atau tim medsos Anies belum solid. Belum ada ada upaya, paling tidak meminimalkan serangan itu,” kata Mulyana.

Selain itu, monitoring yang dilakukan Brand Politika menunjukkan bahwa Anies Baswedan adalah tokoh paling populer di media sosial. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: