Penjualan dengan metode live selling menjadi salah satu tren e-commerce yang sedang berkembang belakangan.
Hal itu tercermin pada hasil analisis yang dilakukan oleh Ninja Xpress bertajuk Suara UKM Negeri Vol 2. Dalam laporan tersebut, setidaknya satu dari tiga UKM shipper Ninja Xpress sudah pernah melakukan live selling.
Namun, seiring dengan makin populernya live selling, pesaing yang menggunakan strategi serupa juga bakal makin meningkat. Akibatnya, membuat penonton bertahan di sesi live selling kita akan makin sulit dilakukan.
Baca Juga: KemenKopUKM Targetkan 10 Juta UMKM Miliki NIB Tahun Ini
Untuk itu, perlu adanya strategi khusus agar live selling bisnis kita dapat mempertahankan perhatian pembeli hingga akhirnya mengkonversikannya ke penjualan. Menimbang hal ini, content creator TikTok Erika Richardo bersama Ninja Xpress membagikan tiga tips yang perlu kita hindari ketika melakukan live selling di TikTok.
1. Berbelit-belit dalam menjelaskan informasi produk
Informasi yang disiarkan pada live TikTok tidak boleh berbelit-belit karena akan membuat penonton kurang tertarik. Jika mereka sudah tidak tertarik di awal maka mereka akan langsung melewatkan live streaming-mu begitu saja.
Informasi harus padat dan jelas agar dapat diterima penonton dengan baik sehingga dapat merangsang minat untuk terus berinteraksi hingga akhirnya membeli produk.
2. Pengemasan konten yang monoton
Kita perlu mengemas konten dalam bentuk yang variatif agar penonton tidak bosan dengan live selling kita.
Kita bisa mencoba berbagai format live selling untuk memberikan variasi. Misalnya, dengan melakukan sesi tanya jawab bersama penonton. Selain dapat menjelaskan produk lebih mendetail, kita juga bisa meningkatkan hubungan dengan audiens sehingga akan memunculkan kepercayaan serta emotional bonds.
Selain itu, kita juga bisa mengadakan live events seperti diskon maupun promo, open house & review producst, serta direct selling.
3. Tidak melampirkan fitur katalog dan pembelian langsung
Bila kita tidak melampirkan fitur katalog dan pembelian langsung, maka penonton akan kesulitan untuk membeli produk. Fitur ini akan mempermudah penonton melakukan.
Demikian tiga tips ampuh yang bisa kita terapkan ketika melakukan live selling di TikTok. Dengan berbagai strategi ini, bisnis kita memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk meraih keuntungan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement