Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pahami Hobi untuk Cuan di Era Digital

Pahami Hobi untuk Cuan di Era Digital Digital Economy | Kredit Foto: Unsplash/Alvaro Reyes
Warta Ekonomi, Kalimantan Barat -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya dengan tema "Meraup Cuan di Era Digital: Ubah Hobi Menjadi Profesi!" pada Senin (22/5/2023). 

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli di bidangnya untuk berbagi antara lain Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sintang Kalimantan Barat Kurniawan; Content Creator & Drifter Professional, Ziko Harnadi; Dosen STAI Al Muhajirin & LP3I College Dian Ikha Pramayanti; serta CEO PT Borneo Mediatama Digital Dedi Priansyah.

Baca Juga: Siswa di Bantaeng Diajak Sukses Belajar Online, Kemenkominfo Tingkatkan Kemampuan Literasi Digital

Data dari We Are Social dan HootSuite pada awal 2023 mengungkap pengguna internet di Indonesia kini sudah mencapai 212,9 juta atau 77 persen dari total populasi.

Secara global, indeks kesenjangan kecakapan digital atau (DSGI) Indonesia pada 2021 berada di angka 5,2 yakni ada di peringkat ke-47 dari 134 negara. Sementara Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021 berada pada angka 3,34 yang ada di level sedang. 

"Kita harus punya soft skills di dunia digital, harus 4 C yaitu creative, critical thinking, communication, dan collaboration," sebut Dosen STAI Al Muhajirin & LP3I College, Dian Ikha Pramayanti narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen komunitas di Kalimantan, Senin (22/5/2023).

Dari sisi kritis, bisa dipahami lebih lanjut bahwa saat ini di era internet hobi pun bisa menjadi uang dengan cara menggali lebih dalam potensi diri. Selain itu kreatif menempatkan hobi sesuatu yang bisa menjadikan karya dan menambah penghasilan. Sementara komunikasi belajar dalam tulisan dan lisan, serta berkolaborasi yang bisa membuat keahlian dan keterampilan seseorang berkembang.

Hobi sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan secara sukarela dengan minat dan antusiasme yang tinggi sehingga menjadi passion. Namun sayang rasanya jika hobi jika untuk kesenangan semata, di era internet yang tak terbatas ruang dan waktu bisa menghasilkan.

Narasumber lainnya, serta CEO PT Borneo Mediatama Digital, Dedi Priansyah menambahkan untuk jangan takut mencoba hal yang baru agar menemukan cara terbaik untuk mengembangkan hobi menjadi profesi. 

"Fokus pada hobi menjadi salah satu cara agar seseorang bisa professional, sebab dengan fokus maka akan bisa memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang tersebut," paparnya.

Lalu pelajari bidang tersebut sehingga bisa memahami apa yang dibutuhkan dalam bidang tersebut. Menurutnya hal ini tidak bisa dalam waktu singkat, namun perlu terus mempelajarinya. dan salah satu faktor penting lainnya adalah dengan terus mengembangkan keahlian, seseorang harus membangun jaringannya yang sangat penting dalam mengembangkan hobi. Dengan jaringan maka akan didapat informasi serta peluang baru yang mungkin tidak akan didapatkan jika tidak membangun jaringan.

Narasumber lainnya, Content Creator & Drifter Professional, Ziko Harnadi mengatakan seseorang bisa mengeksplorasi hobinya melalui ruang digital. 

"Aku hobi drifting yang baru aku tahu setelah aku sering nonton video di YouTube balapan di sirkuit," ujarnya.

Beberapa hobi yang bisa dikembangkan di dunia digital misalnya, hobi masak melalui banyak menonton YouTube seperti dirinya. Ada pula hobi menggambar dengan melihat banyak referensi di Instagram serta menonton tutorial di TikTok, ada pula hobi membaca dari keseringan membaca ebook di website.

Setelah mengetahui hobi, maka cari tahu cara agar hobi tersebut bisa menghasilkan uang yaitu dengan memanfaatkan hobi di ruang digital. Salah satunya dengan menjadikan hobi sebagai konten di media sosial yang dapat dikemas dalam beragam bentuk seperti video, foto, artikel. 

Baca Juga: Perlu Dipahami, Literasi dalam Berdakwah di Dunia Digital

Dalam memanfaatkan hobi ini maka lakukan juga monetisasi dengan mengiklankan diri dan melalukan kerja sama dalam bentuk endorsment. Namun perlu diingat bahwa seseorang harus membaca peluang apakah hobi yang dimiliki memiliki nilai jual atau tidak, hal itu bisa dilihat jika hobi dan konten yang dibuat merupakan konten positif. 

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.  

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: