Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh

        Yuk, Buat Grup Facebook untuk Bisnis, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Banyak pengusaha membuat halaman Facebook untuk bisnis mereka, mengharapkannya menjadi tambang emas, lalu lintas rujukan, dan penjualan. Sayangnya, sebagian besar halaman bisnis gagal dan berubah menjadi zona mati.

        Untuk membuat halaman berfungsi dengan baik, Anda perlu menjalankan iklan berbayar, menempatkannya langsung di depan audiens target Anda. Namun, sulit bagi sebagian besar bisnis untuk membuat laman yang terlibat tanpa anggaran iklan, dan juga, saat ini halaman bisnis di Facebook sudah dicap sebagai iklan oleh sebagian besar konsumen. Itulah sebabnya mengapa saat ini banyak pemilik bisnis yang meninggalkan Facebook.

        Daripada Anda repot memikirkan itu, ada baiknya Anda membuat grup Facebook untuk bisnis Anda. Ini adalah cara yang layak untuk membangun komunitas individu yang sangat aktif yang cenderung tertarik dengan bisnis Anda.

        Berikut adalah keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis saat membuat grup Facebook:

        1. Ini memberikan keterlibatan yang lebih pribadi

        Sebagian besar halaman bisnis di Facebook tidak memiliki jenis keterlibatan yang sangat diinginkan pemilik halaman; suka dan komentar yang memicu diskusi. Di sinilah Grup Facebook tumbuh dengan subur. Diskusi yang tepat dapat benar-benar lepas landas karena tidak mengintimidasi sebagai halaman bisnis.

        Sebagian besar konsumen tidak ingin bergabung dengan percakapan di pos yang dibuat oleh pebisnis, tetapi jika itu dalam pengaturan grup, penghalang tersebut dihapus. Ini memberi Anda kesempatan untuk menjadi lebih pribadi. Anda adalah wajah di belakang grup, bukan nama dan logo perusahaan. Konsumen ingin terlibat dengan seseorang, bukan perusahaan.

        2. Dorong perhatian terfokus pada ajakan bertindak

        Dalam grup, Anda memiliki kemampuan untuk memasang pin pada pos untuk diletakkan ke atas. Ini adalah tempat yang bagus untuk melakukan ajakan bertindak dan menjamin Anda menarik perhatian ke sana. Anda tidak ingin membuang sesuatu yang terlalu berisi spam, tetapi undangan untuk bergabung dengan buletin Anda baik-baik saja, terutama jika Anda memberikan nilai kepada anggota grup.

        Tidak setiap anggota grup akan langsung tertarik pada penawaran Anda, tetapi jika Anda tetap berfokus pada nilai, Anda akan melihat anggota grup yang ingin menerima lebih banyak konten Anda segera bergabung.

        3. Menerima umpan balik langsung dari jajak pendapat

        Grup adalah sumber umpan balik langsung yang besar, dan jika Anda membangun grup khusus dari awal, umpan balik yang Anda terima akan sangat berharga. Dengan membuat jajak pendapat di grup Anda, Anda dapat menerima umpan balik tentang masalah atau pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki.

        Ini dapat memberikan manfaat bagi setiap bisnis - dari merek konsumen hingga bisnis B2B. ?Grup Facebook memungkinkan Anda untuk mengumpulkan anggota Anda, dan menerima umpan balik serta memulai percakapan seputar topik apa pun. Dari umpan balik konsep produk hingga pengalaman pelanggan, ini adalah sumber umpan balik paling mentah dan jujur yang dapat Anda temukan dalam lingkungan online,? kata Steven Zeldes, CEO AvaCare Medical.

        4. Umumkan penawaran

        Pebisnis mendirikan grup biasanya guna berfokus pada e-commerce untuk mengumpulkan para pengusaha yang membangun bisnis online untuk beberapa alasan, seperti memantulkan ide yang dimiliki, berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, dan membuat komunitas yang terbaik dalam permainan e-commerce.

        5. Bangun kepercayaan dengan memberikan nilai

        Keempat poin sebelumnya dibahas di atas membutuhkan satu elemen, yakni kepercayaan. Tanpa kepercayaan, Anda tidak akan memiliki grup yang sangat terlibat, Anda tidak akan mendorong minat untuk ajakan bertindak Anda, jajak pendapat Anda tidak akan menerima umpan balik dan setiap penawaran yang Anda umumkan tidak akan diterima dengan baik.

        Untuk membangun kepercayaan, Anda harus memberikan nilai. Hal-hal seperti berbagi pengalaman, menjawab pertanyaan, dan hanya menyediakan komunitas dapat membantu memperkuat hubungan antara Anda dengan anggota grup Anda, dan bisnis Anda. Mengadakan sesi tanya-jawab dan membuat konten esklusif untuk grup Anda hanyalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: