Paktor: Aplikasi Kencan Online, Tercipta Sebab Sang Pendiri Patah Hati
Aplikasi kencan online saat ini memang sedang marak dan menarik banyak pengguna. Salah satunya adalah aplikasi Paktor. Aplikasi ini mampu menghubungkan Anda yang ingin mencari teman untuk berkencan. Awalnya, pendiri Paktor ingin membuat aplikasi kencan?online?sebab berangkat dari pengalaman pribadi. Begini ulasannya...
Lima tahun yang lalu, kencan online sebenarnya tidak begitu diminati.?Desainnya tidak cukup menarik, beberapa menganggapnya menyeramkan, dan jarang digunakan.?Pada 2015, itu mulai menjadi tren.?Beberapa aplikasi muncul dan langsung banyak peminat.
Namun, di Asia segalanya berjalan sedikit berbeda.?Mempertimbangkan budaya yang relatif konservatif di wilayah tersebut, platform kencan memperoleh momentum secara perlahan.?Tapi satu hal yang jelas, populasi anak muda Asia begitu banyak yang sedang mencari jati diri dan bergelut dengan perasaan.
Paktor diluncurkan pada Juni 2013. Sejak itu, Paktor, yang paling dikenal sebagai saingan Tinder di Asia, telah diluncurkan di 12 negara, termasuk Jepang, Taiwan, Singapura, Indonesia, dan Hong Kong.?Ini mendapatkan pendanaan dari investor seperti afiliasi Yahoo Jepang YJ Capital dan Vertex Ventures Singapura.
Para pendiri Paktor adalah teman sekelas saat duduk di sekolah dasar, yakni ?Joseph Phua dan Ng Jing Shen.?Setelah menyelesaikan gelar MBA dari Booth School of Business Universitas Chicago dan putus dengan pacarnya yang sudah menjalin hubungan selama delapan tahun, Joseph kembali ke Asia untuk memulai Paktor. Dirinya berniat mendirikan Paktor karena merasa patah hati ditinggal sang kekasih. Kemudian, ia pun menghubungi Jing Shen, lulusan University of Michigan, untuk meminta bantuan, yang pada waktu itu bekerja dengan Amazon sebagai insinyur perangkat lunak dan merupakan bagian dari tim yang merancang ulang salah satu layanan komputasi cloud pertama di dunia.
?Saya melihat apa yang dia miliki dan mengatakan kepadanya bahwa kita harus membangun kembali seluruh aplikasi dari awal karena apa pun yang ada di sana tidak akan berfungsi,? kata Jing Shen, Kepala Eksekutif Paktor Group.
Kehadiran di beberapa pasar datang dengan pangsa tantangan, sesuai dengan budaya menjadi salah satu yang terbesar.?Jing Shen setuju bahwa berkencan adalah "sangat sensitif secara budaya".?Di Asia, ia menjelaskan, ?kami memiliki campuran dari begitu banyak budaya yang berbeda yang terkadang berbeda secara dramatis dan terkadang juga halus.?Tumbuh dan hidup di Asia, kami memahami secara naluriah bahwa tidak semua negara Asia adalah sama.?Ini membantu kita menghormati persamaan dan perbedaan di antara kedua negara."
Konteks lokal dan sejarah kencan di masing-masing negara mendorong cara para pendiri telah mengembangkan aplikasi untuk setiap pasar.??Paktor?, misalnya, adalah istilah dalam bahasa Kanton untuk ?berkencan? yang mungkin paling cocok dengan pengguna di Singapura, Taiwan, dan Malaysia, tetapi di Korea, karena mereka tidak berbicara dialek, itu dimasukkan sebagai Swipe.
Terlepas dari cita rasa lokal, sulit untuk mengabaikan kesamaan antara Paktor dan Tinder, mulai dari swipe (geser ke kanan untuk suka dan geser ke kiri untuk lewat).?Jing Shen, berpendapat bahwa Paktor memiliki DNA sendiri, guna membina koneksi pribadi dan bermakna melalui misi satu pikiran untuk menghubungkan orang-orang di Asia melalui platform yang didukung teknologi.
"Kami memastikan tingkat lokalisasi yang tinggi dalam pengalaman pengguna untuk memastikan bahwa nuansa kencan yang spesifik budaya dapat ditangkap dengan baik," ucapnya.
Terlebih lagi, untuk mengatasi masalah akun palsu, aplikasi menggunakan kombinasi crowdsourcing, pembelajaran mesin, dan ulasan manual.
?Kami mengizinkan pengguna untuk melaporkan pengguna lain yang palsu atau spam.?Akun-akun yang menerima banyak keluhan secara otomatis akan diblokir.?Selain itu, kami telah mengembangkan dan terus mengembangkan algoritme berdasarkan perilaku spammer di masa lalu untuk secara otomatis mendeteksi dan melarang aktor jahat,? kata teknisi berusia 34 tahun itu.
Saat ini, Paktor memiliki 15 juta pengguna, sebagian besar dalam kelompok usia 26-40, dengan sebagian besar di Taiwan (4,8 juta), Singapura (700.000), Korea (lima juta) dan Malaysia (1,5 juta).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: