Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Airome Technologies Berikan Jaminan Cyber Security untuk Kelancaran Bisnis di Era Digital

        Airome Technologies Berikan Jaminan Cyber Security untuk Kelancaran Bisnis di Era Digital Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sakalaguna Semesta bekerjasama dengan Airome Technologies, pengembang solusi keamanan siber yang berbasis di Singapura untuk perbankan digital dan sistem manajemen dokumen elektronik, untuk memastikan keamanan siber bagi usernya. Sistem yang digunakan Airome meminimalisir kerentanan yang ada pada teknologi yang umum saat ini digunakan

        President Director PT. Sakalaguna Semesta, Kintarwan Kusumo, menjelaskan, Sakalaguna memulai bisnisnya dari tradisional bisnis jual pulsa, dan terus menambah produk virtual lainnya, bisa langsung masuk ke channel distribusi. Sebagai aggregator produk virtual, Sakalaguna yang merupakan anak perusahaan Emtek, mendistribusikan produknya ke platform Serbada, Bukalapak, Dana dan platform lainnya di bawah naungan Emtek Group.

        Baca Juga: Dukung Gamers Perempuan, Sinar Mas Land Melalui Digital Hub Selenggarakan Ladies Esport Battle

        Sebagai bisnis yang memulai segala usahanya secara tradisional dan bertransformasi mengandalkan platform digital, Sakalaguna memahami bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan risiko penipuan (fraud) dan serangan siber (cyber attack) dalam proses perubahan.

        Mencari solusi inovatif untuk Aplikasi FinTech-nya, Sakalaguna berfokus pada penyediaan keamanan yang kuat dan membuat transaksi menjadi mudah, cepat, dan aman. Untuk menjawab permasalahan ini, Airome hadir dengan menawarkan solusi keamanan siber untuk Sakalaguna. Airome memiliki platform software inovatif dan tepercaya yang dapat melakukan mobile transaction authentication signature (mTAS) untuk mengotentikasi atau mengonfirmasi semua jenis operasi, termasuk transaksi atau dokumen elektronik, pada perangkat seluler, sehingga Airome percaya diri untuk mempercayakan sistem keamanan mereka kepada para ahlinya.

        "Maka kami pun yakin mempercayakan sistem keamanan kami kepada ahlinya,” ujar  Kintarwan.

        Saat menjalankan bisnis platform Serbada, jelas Kintarwan, pihaknya sadar betul bahwa yang harus diwaspadai adalah terkait security. Awalnya Sakalaguna membangun security dengan modal Personal Identification Number (PIN) dan One Time Password (OTP), dengan dua langkah security tersebut.

        “Dalam perjalanannya menggunakan dua langkah tersebut, kita melakukan kalkulasi bisnis, cost dan kerumitannya seperti apa. Jika kita develop security sendiri, bisa terbuang banyak waktu untuk melakukan hal yang bukan ranah kita,” tambah Kintarwan.

        Menerapkan PayConfirm ke infrastruktur Sakalaguna memberi kesempatan kepada klien on-board dari pelosok negeri tanpa harus berkunjung ke kantor cabang. Selain itu, pelanggan mendapatkan tingkat keamanan yang tinggi untuk melakukan transaksi keuangan mereka dengan satu tap di smartphone selain dari sinyal komunikasi seluler.

        Sakalaguna Semesta dan Airome Technologies juga mendiskusikan tentang prospek bisnis financial technology kedepannya. Mereka sepakat bahwa prospek bisnis fintech sangat cerah. Mengingat, digitalisasi dan modernisasi yang terjadi saat ini akan semakin berkembang kedepannya. Untuk mendukung hal tersebut, maka juga dibutuhkan sistem keamanan siber yang memadai.

        “Airome Technologi menawarkan security system di platform Sakalaguna yaitu Serbada, sehingga terjadi kerjasama dengan bisnis model yang disepakati bersama,” ujar Kintarwan.

        Menurut Jaleel Mubarak, Country Manager Indonesia, Airome Technologies Ltd, industri fintech perbankan yang berkembang pesat di Indonesia memiliki potensi yang baik tetapi selalu terkait dengan risiko yang lebih besar pada keamanan digital.

        Kami memberikan kepercayaan dan jaminan bagi perusahaan-perusahaan tersebut dalam kegiatan operasional mereka. Bisnis harus berkembang dan berkembang dengan kepercayaan yang tepat pada teknologi agar tidak terlalu mengkhawatirkan masalah keamanan yang kompleks. Solusi keamanan canggih yang ditawarkan Airome Technologies sangat sesuai dengan permintaan pasar serta mudah diterapkan. 

        “Namun juga mudah diimplementasikan dalam sistem mana pun, di mana kami hanya membutuhkan waktu dalam hitungan jam untuk mempersiapkan infrastruktur. Ke depannya, kami akan membuat berbagai aplikasi lainnya seperti risk assesment dan lainnya,” ucap Jaleel.

        Sales Manager, Airome Technologies Ltd, Kahfi Al Ghiffari, menambahkan mereka menyadari akan semakin bertumbuhnya sektor financial technology, Airome mendukung hal tersebut dengan meluncurkan produk-produk yang inovatif.

        Salah satunya adalah PayConfirm, yaitu platform omni-channel yang didasari oleh kriptografi, biometrik, penilaian risiko, dan teknik verifikasi ID untuk memberikan pengalaman yang lebih ramah pengguna dan aman dalam perjalanan digital di sektor keuangan.

        “Sebagai perusahaan penyedia layanan sistem keamanan siber asal Singapura, Airome berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik dan teranyar dalam menjaga informasi penting,” ucap Kahfi.

        Airome Technologies Ltd memilih berkiprah dalam inovasi sistem keamanan terutama di industri perbankan dan financial technology yang aman, mudah digunakan, dan efisien dari segi biaya.

        Dengan 10 tahun pengalaman dan telah dipercaya lebih dari 70 bank di seluruh dunia, Airome telah menjadi salah satu perusahaan teknologi yang berpengalaman, memberikan pengalaman yang terbaik bagi masyarakat serta perusahaan yang berkolaborasi dengan Airome. Sedangkan di Indonesia sendiri, Airome Technologies Ltd di Indonesia relatif baru, hampir 2 tahun.

        “Saat ini, shifting bank dari tradisional bergerak ke bank modern, membutuhkan banyak security. Shifting bank membuat demand baru, tidak bisa lagi menggunakan sistem tradisional. Di sini Airome Technologies Ltd bergerak,” tutup Kahfi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: