Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dibentuk untuk Industri, Schneider Transformasi Jadi Energi Keberlanjutan

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dibentuk untuk Industri, Schneider Transformasi Jadi Energi Keberlanjutan Kredit Foto: Reuters/Charles Platiau
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Schneider Electric SE adalah perusahaan penyedia listrik, otomatisasi, dan juga energi keberlanjutan asal Prancis. Energi itu disalurkan untuk rumah, gedung, pusat data, infrastruktur dan industri. Prosesnya seperti menggabungkan teknologi energi, otomatisasi, perangkat lunak dan layanan.

        Schneider Electric adalah perusahaan Fortune Global 500. Total revenue tahun 2020 mencapai 30,39 miliar dolar AS, naik 0,1 persen dari tahun sebelumnya. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Veolia, Perusahaan Air yang Ekspansi ke Bisnis Limbah hingga Energi

        Mengutip laman Company Histories, Schneider awalnya didirikan pada tahun 1782 untuk memproduksi mesin industri di Le Creusot. Perusahaan diambil alih oleh dua saudara Schneider, Adolphe dan Eugene, pada tahun 1836, pada awal era industri di Prancis.

        Pada tahun 1838 Schneider telah membangun lokomotif uap Prancis pertama dan kemudian diperluas untuk membangun perangkat mekanis besar dan kompleks lainnya. Pada akhir 1800-an itu telah terlibat dalam berbagai industri berat, termasuk manufaktur baja.

        Schneider memasuki tahun 1960-an sepenuhnya pulih dari kerusakan perang dan mapan dalam berbagai operasinya. Namun, pada tahun 1963, kelompok industri keluarga lain yang disebut Empain mengakuisisi saham keuangan yang besar di Schneider.

        Empain, didirikan pada tahun 1881 oleh Edouard Empain, adalah pelopor dalam angkutan kereta api. Perusahaan memasang sistem Metro Paris pada tahun 1900 dan kemudian membentuk perusahaan konstruksi rel yang sukses bernama Electrorail.

        Sementara perusahaan yang beroperasi Empain dan Schneider sebagian besar tetap terpisah, perusahaan induk melakukan serangkaian akuisisi lebih lanjut yang sangat memperluas keterlibatan anak perusahaan dalam industri dasar. Kedua perusahaan yang beroperasi semakin dekat antara tahun 1966 dan 1969, ketika mereka digabung menjadi satu grup yang disebut Empain-Schneider.

        Aset perusahaan baru tetap terbagi antara Schneider SA (berbadan hukum di Prancis) dan Electrorail (berbadan hukum di Belgia), tetapi mereka memiliki struktur manajemen dan presiden yang sama, Baron Edouard Empain. Pada tahun 1971 Empain-Schneider telah menjadi salah satu kelompok industri terpenting di dunia, dengan minat di hampir setiap sektor industri berat dan infrastruktur.

        Setahun kemudian Empain-Schneider mengambil alih kelompok teknik sipil dan listrik Spie-Batignolles. Dengan minat pada tenaga nuklir, konstruksi, dan platform minyak, Spie Batignolles dibentuk pada tahun 1968 oleh penggabungan Societr de Construction des Batignolles dan Societe Parisienne pour l'Industrie Electrique.

        Tiga tahun kemudian Empain-Schneider memperoleh kendali atas perusahaan Prancis vital lainnya, pemasok produk listrik industri Merlin Gerin. Didirikan di Grenoble pada tahun 1920 oleh Paul-Louis Merlin dan Gaston Gerin, perusahaan ini adalah pemimpin di industri pemutus sirkuit dan switching gear.

        Kelompok industri besar ketiga yang dikendalikan oleh Empain-Schneider adalah Creusot-Loire, produsen peralatan berat dan baja khusus. Itu juga merupakan pembangun terkemuka pembangkit listrik tenaga nuklir melalui anak perusahaannya Framatome dan Novatome, dan sangat terlibat dalam proyek-proyek turnkey di luar negeri.

        Pada akhir 1970-an Empain-Schneider telah mengembangkan anak perusahaan besar keempat, grup produk energi dan komunikasi yang disebut Jeumont-Schneider. Perusahaan ini terdiri dari perusahaan Schneider yang ada dan beberapa lainnya yang dikendalikan oleh kelompok industri Jeumont-Industrie.

        Yang pertama adalah untuk perusahaan otomasi industri Telemecanique, yang diharapkan Pineau-Valencienne untuk bergabung dengan Merlin-Gerin. Pertempuran pengambilalihan, yang diluncurkan pada Februari 1988, melibatkan banyak perselisihan hukum dan perburuhan yang pahit dan rumit, dan akhirnya intervensi pemerintah. Pada bulan Juli Schneider telah memenangkan izin untuk mengakuisisi Telemecanique, tetapi dalam prosesnya telah mengilhami debat nasional tentang pengambilalihan yang tidak bersahabat.

        Pineau-Valencienne selanjutnya mengalihkan perhatiannya ke Amerika Serikat. Pada tahun 1990 Federal Power, pembuat peralatan distribusi tegangan rendah dan switchgear tegangan menengah, diakuisisi.

        Pada tahun yang sama, Schneider mengakuisisi EPE Technologies, pemimpin dunia dalam pasokan listrik tak terputus (UPS), meskipun Schneider kemudian, pada tahun 1996, menjual sebagian besar sahamnya di EPE dalam pembelian dengan leverage setelah menganggap UPS di luar bisnis intinya. Namun, pengeluaran Schneider di AS mencapai puncaknya, pada tahun 1991 ketika mengakuisisi Square D Company, yang berbasis di Palatine, Illinois, senilai 2,23 miliar dolar AS dalam pengambilalihan lain yang tidak bersahabat.

        Square D --didirikan pada tahun 1902 dan dengan penjualan 1,65 miliar dolar AS dan beroperasi di 23 negara-- merupakan pemimpin pasar dalam distribusi listrik, kontrol industri, dan produk, sistem, dan layanan otomasi. Itu menjadi unggulan untuk divisi Amerika Utara Schneider, yang dipimpin oleh Charles W. Denny, yang telah menghabiskan lebih dari 30 tahun di Square D sebelum ditempatkan di Schneider Amerika Utara serta mendapatkan tempat di komite eksekutif Schneider.

        Akuisisi Square D menyebabkan restrukturisasi lebih lanjut dari operasi industri Schneider. Pada tahun 1991 Schneider meningkatkan minatnya di Merlin Gerin, dan juga membentuk sektor industri yang disebut Schneider Industrie yang menarik anak perusahaan industri utama Schneider --Square D, Merlin Gerin, Telemecanique, dan Jeumont-Schneider Industries-- ke dalam grup payung.

        Tahun berikutnya, Schneider melepaskan diri dari Jeumont-Schneider, meninggalkan Schneider Industrie dengan operasi industri listrik murni. Sejak saat itu, jelas bahwa Pineau-Valencienne bermaksud agar Schneider akhirnya mengurangi dirinya sendiri menjadi kepemilikan listriknya saja.

        Langkah lebih lanjut selama tahun-tahun berikutnya melahirkan ini. Pada tahun 1992 Schneider memperoleh kendali penuh atas Merlin Gerin melalui merger. Tahun berikutnya operasi Merlin Gerin, Square D, dan Telemecanique disatukan di bawah struktur manajemen global secara keseluruhan di mana, misalnya, Schneider Amerika Utara mencakup operasi ketiga perusahaan di Amerika Utara.

        Kemudian pada tahun 1994, struktur perusahaan Schneider lebih dirasionalisasikan ketika anak perusahaan Schneider Electric SA yang baru, yang berbasis di Prancis, didirikan dan Merlin Gerin SA dan Telemecanique SA digabungkan menjadi anak perusahaan baru dan tidak ada lagi sebagai perusahaan yang terpisah.

        Meskipun Square D Company secara teknis tetap menjadi anak perusahaan, Schneider pada dasarnya memposisikan Square D, Merlin Gerin, dan Telemecanique sebagai merek utama dalam Schneider Electric.

        Di tengah kesibukan aktivitas ini, Pineau-Valencienne menjadi berita utama dunia ketika dia ditangkap di Belgia pada Mei 1994 dan dipenjara selama 11 hari sambil menunggu persidangan dalam investigasi kriminal-penipuan kompleks yang melibatkan pengambilalihan Schneider atas dua anak perusahaan Belgia yang merupakan sisa-sisa dari era Empain-Schneider.

        Setelah Pineau-Valencienne kembali ke Prancis setelah pembebasannya dengan jaminan, surat perintah internasional dikeluarkan untuk penangkapannya pada awal 1995, yang secara efektif melarangnya meninggalkan Prancis selama beberapa bulan sampai otoritas Belgia akhirnya membatalkan surat perintah penangkapan.

        Kasus ini tampaknya hanya membuat sedikit kemajuan bahkan hingga awal 1997, dan Pineau-Valencienne, yang tetap bertanggung jawab atas perusahaan sepanjang episode, dan pejabat Schneider lainnya terus bersikeras bahwa kasus itu sama sekali tidak berdasar.

        Kini, Perusahaan spesialis global dalam pengelolaan energi dan otomatisasi bertujuan untuk membangun ekosistem yang dapat mengurangi konsumsi energi hingga 30 persen dengan bantuan solusi yang efisien dan berkelanjutan.

        Mereka bertujuan untuk menyediakan energi bersih dan terjangkau bagi masyarakat dan membantu orang mengubah hidup mereka melalui akses ke energi. Mereka sedang mengerjakan solusi untuk mengatasi kesenjangan energi global dan memiliki potensi besar di masa depan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: