Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kembangkan Wisata Bahari Susur Teluk, Balikpapan Siapkan Kamar VIP dan Paket Wedding

        Kembangkan Wisata Bahari Susur Teluk, Balikpapan Siapkan Kamar VIP dan Paket Wedding Kredit Foto: Andi Aliev
        Warta Ekonomi, Balikpapan -

        Masyarakat Kota Balikpapan dan Kaltim pada pertengahan Oktober ini kan menikmati wisata susur teluk Balikpapan menggunakan kapal pinisi.

        Bahkan pemilik akan menyiapkan kamar VIP termasuk juga disewakan bagi mereka ayang akan melangsungkan resepsi pernikahan atau bulan madu. Kapasitas kapal pinisi yang didatangkan dari Labuan Bajo ini memuat 40-50 orang.

        Baca Juga: Balikpapan Terancam Tidak Ikut Porprov Kaltim November 2022

        “Kita akan  jual paket bukan hanya teluk tapi potensi di dalamnya karena masyarakat ini banyak sekali bermacam-macam keinginanannya. Ada mungkin setengah hari atau 2 jam bahkan menginap. Ini akan kita tawarkan ke masyarakat,” ujar Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Abdul Majid, Jumat (7/10/2022).

        “Nanti ada kamar yang disiapkan dirancang misalnya bisa juga untuk honey moon kan bisa juga,” tambahnya.

        Bahkan kedepan jika memungkinkan diadakan kapal pesiar untuk perjalan jauh seperti Balikpapan Sulbar atau Sulawesi. Namun saat ini pemkot dan investor swasta fokus pada wisata teluk Balikpapan dengan mengelilingi teluk Balikpapan dan mangrove di dalamnya terdapat bekantan.

        “Ini sesuai perencanaan awal bahwa kita perlu gali wisata bahari bahkan tiga tahun lalu kita sudah buat kajian karena potensi ini luar besar sekali,” ujarnya.

        Majid menambahkan sport toursm juga bisa dikembangkan dengan jet ski internasional. “wisata bahari ini bisa gerakan ekonomi kota Balikpapan makanya kita menangkap peluang ini karena potensi besar sekali,” tandasnya.

        Baca Juga: Sambangi Balikpapan, Pemprov DKI Jakarta Gelar Jakarta Travel Fair 2022

        Pada kesempatan sama Ketua Ekonomi Kreatif Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi kepada investor yang mau mengembangkan wisata bahari seperti susur teluk. Apalagi ini dilakukan oleh orang Balikpapan.

        Pihaknya mendorong investor untuk ikut membangkit gairah  wisata bahari kota Balikpapan. Daya tarik susur teluk Balikpapan menurutnya tidak kalah hebat dengan wilayah lainnya.

        “Potensi luar biasa bisa lihat sunset di sana. Saya mendorong kepada investor  atau masyarakat untuk melihat peluang dengan potensi kota Balikpapan yang luar biasa,” ujarnya.

        Baca Juga: Balikpapan Kampanyekan Kota Paling Dicintai di Dunia

        Pemerintah kota bersama swasta, masyarakat untuk sama-sama membangun potensi ekonomi baru dengan menyajikan konten-konten yang menarik seperti susur teluk yang dekat dengan IKN.

        “Jadi kita bisa melihat hutan mangrove yang ada bekantan di teluk Balikpapan di Somber setelah itu kita susuri sampai pulau Balang. Lalu kita susuri lagi ke Belakangnya seperti pulau Raja Ampat. Walaupun Cuma ada beberapa pulau yang kita putari tapi sangat cantik disitu ada pohon mangrove yang oksigen bagus dibutuhkan,” ujarnya.

        Kapal Pinisi diperkirakan akan di Balikpapan pada 12 Oktober mendatang.  Pemilik Kapal Pinisi Riduan mengatakan dari uji coba pengenalan wisata susur teluk dengan kapal pinisi dua bulan lalu selama sebulan, respons masyarakat sangat tinggi.

        “Respon yang kami terima dari masyarakat Balikpapan sangat antusias karena disini belum pernah ada,”  kata nya usai melakukan susur teluk Balikpapan bersama ketua Ekonomi Kreatif Hj Nurlena, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Abdul Majid, Jumat sore (7/10/2022).

        Peluang itu ditangkap Riduan yang berani membeli kapal Pinisi dari Labuan Bajo untuk wisata bahari Kota Balikpapan. Pengembangan wisata ini akan didukung  pemerintah kota Balikpapan.

        Baca Juga: Jadi Penyangga IKN, Astra Siap Wujudkan Keselamatan Berkendara di Balikpapan

        “Idealnya 40 sudah ideal lah itu. Nanti di dalamnya ada 3 kamar VIP. Kita belum tetapkan tapi diperkiraan penumpang  dikenakan 150-165 ribu per pax. Nantinya ada welcome drink, kita siapkan paket makan malam atau makan pagi untuk trip pagi atau sore. Mungkin kita pakai dua trip nanti pagi dan sore,” tukasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Aliev
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: