Brand personality atau kepribadian merek adalah seperangkat sifat yang konsisten yang melekat dengan brand tersebut. Seperangkat sifat tersebut dinikmati oleh segmen konsumen tertentu. Sehingga, kepribadian ini menjadi nilai tambah kualitatif yang diperoleh merek selain manfaat fungsionalnya.
Kepribadian merek menjadi kerangka kerja yang membantu perusahaan atau organisasi membentuk perasaan tertentu tentang produk, layanan, atau misinya. Kepribadian merek perusahaan memunculkan respons emosional di segmen konsumen tertentu untuk menghasut tindakan positif yang menguntungkan perusahaan.
Baca Juga: Apa Itu Tech Winter?
Pelanggan cenderung membeli sebuah merek jika kepribadiannya mirip dengan mereka. Ada lima jenis utama kepribadian merek dengan ciri-ciri umum:
- Excitement atau Kegembiraan: Riang, bersemangat, dan awet muda
- Sincerity atau Ketulusan: Kebaikan, perhatian, dan orientasi terhadap nilai-nilai keluarga
- Ruggedness atau Ketangguhan: Keras, tangguh, luar ruangan, dan atletis
- Competence atau Kompetensi: Sukses, berprestasi, dan berpengaruh, yang disorot oleh kepemimpinan
- Sophistication atau Kecanggihan: Elegan, bergengsi, dan terkadang bahkan megah
Kepribadian merek bahkan lebih penting di era digital teknologi otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang. Sebanyak konsumen senang bisa berbelanja online atau meminta perusahaan memprediksi preferensi mereka, penelitian menunjukkan bahwa orang masih menginginkan interaksi pribadi dan layanan pelanggan langsung ketika berhubungan dengan cara mereka berbisnis dengan perusahaan.
Ada banyak contoh di dunia korporat tentang bagaimana kepribadian merek bekerja. Berikut contohnya:
- Dove memilih ketulusan sebagai kepribadian mereknya. Dengan demikian, perusahaan berharap dapat menarik konsumen wanita.
- Merek-merek mewah, seperti Michael Kors dan Chanel, mengincar kecanggihan dengan berfokus pada gaya hidup kelas atas, glamor, dan trendi, yang menarik basis konsumen yang berbelanja tinggi.
Penting bagi perusahaan untuk secara akurat mendefinisikan kepribadian merek mereka sehingga mereka beresonansi dengan konsumen yang tepat. Ini karena kepribadian merek menghasilkan peningkatan ekuitas merek dan menentukan sikap merek di pasar. Ini juga merupakan faktor kunci dari setiap kampanye pemasaran yang sukses.
Banyak orang di dunia ini memiliki sifat yang sangat berbeda. Tak hanya sifat, bahkan karakter dan penampilan mereka, sama seperti merek. Namun, terkadang tujuan mereka mungkin sama. Untuk menciptakan brand personality yang kuat, Anda harus memperhatikan empat tips ini dan menerapkannya dengan benar:
1. Analisis pesaing Anda
Anda perlu mempertimbangkan diferensiasi merek untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif Anda yang akan menarik prospek baru. Untuk tujuan ini, Anda harus menganalisis kepribadian merek pesaing Anda untuk mengetahui ciri-ciri merek di industri Anda. Misalnya, jika sebagian besar pesaing Anda lebih menyukai "kompetensi", akan sangat bagus untuk mengembangkan ke arah dan fokus yang berbeda, katakanlah, pada "ketulusan".
2. Melayani audiens target Anda
Ingat, kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda adalah prioritas utama Anda. Itu sebabnya Anda perlu melakukan segala yang mungkin untuk mematuhinya. Anda harus mengetahui informasi dasar tentang klien Anda: siapa mereka, dari mana asalnya, dan apa minat mereka. Ini memungkinkan Anda membuat penawaran yang dipersonalisasi dan mempromosikannya di kampanye email Anda. SendPulse memungkinkan Anda menjangkau pelanggan melalui buletin email profesional yang dapat Anda buat dengan bantuan editor email seret dan lepas kami.
3. Buatlah daftar kata sifat yang menggambarkan merek Anda secara akurat
Ini adalah praktik yang bagus, terutama bagi mereka yang akan memulai bisnisnya. Latihan ini akan membantu Anda mengalirkan ide kreatif. Biarkan merek Anda memiliki kepribadian dengan memberikannya beberapa ciri yang paling menggambarkannya. Misalnya, jika Anda menjual pakaian bergaya untuk anak muda, Anda dapat menampilkan merek Anda sebagai berjiwa muda, energik, dan bersemangat.
4. Tentukan arah kepribadian merek Anda
Jika Anda memiliki daftar kata sifat yang menggambarkan merek Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan ke arah mana Anda ingin bergerak dan berkembang. Bayangkan merek Anda adalah seseorang, dan berikan karakteristik yang akan dihargai dan disukai pelanggan Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: