Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Simak! Ini Lima Tren Industri Kecerdasan Buatan di 2023

        Simak! Ini Lima Tren Industri Kecerdasan Buatan di 2023 Kredit Foto: Entrepreneur.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Yellow.ai merangkum lima tren di industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada 2023.

        AI sendiri telah menjadi salah satu andalan bisnis di berbagai sektor untuk mempermudah operasional perusahaan. Dengan banyaknya program teranyar, dari chatbot hingga platform influencer berbasis AI, organisasi saat ini dapat menatap dengan cerah apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

        Seiring dengan kemajuan tersebut, penting untuk melihat bagaimana tren industri AI pada tahun ini. Berikut kelima tren utama industri AI yang telah dirangkum oleh Yellow.ai.

        Baca Juga: Putin Ingin Majukan Kecerdasan Buatan Rusia, Langkah-langkahnya Terkuak

        1. Voice AI muncul sebagai saluran utama

        Suara dianggap menjadi faktor yang memberikan pengalaman brand paling instan dan mudah diakses oleh pelanggan. Oleh karena itu, teknologi voice AI yang memungkinkan mesin untuk memahami dan merespons ucapan manusia akan makin populer di tahun ini.

        Sistem AI suara dibangun di atas fondasi pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami, dan algoritma pembelajaran mesin. Dengan memanfaatkan teknologi ini, sistem AI suara dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, termasuk kemampuan untuk mengotomatisasi tugas, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi.

        Teknologi ini juga semakin populer di kalangan pelanggan karena memungkinkan mereka untuk terlibat dengan produk secara lebih intuitif. Seiring kemajuan teknologi, AI suara akan mengubah cara kita hidup dan bekerja.

        2. Meningkatnya employee experience

        Pengalaman karyawan akan turut memengaruhi pengalaman pelanggan. Untuk itu, mengenali karyawan karyawan sebagai aset terbesar dan mengidentifikasi apa yang paling penting bagi mereka mendorong transisi dari keterlibatan karyawan ke gagasan yang lebih komprehensif tentang pengalaman karyawan.

        Hal itu meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan, akuisisi dan retensi talenta, sehingga menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

        3. Meningkatkan permintaan pemerintah akan kebutuhan kecerdasan buatan

        Seiring dengan semakin terhubungnya dunia, masyarakat semakin berharap untuk dapat terlibat dengan pemerintah mereka secara online tanpa banyak penundaan, dengan pertumbuhan populasi digital dan proliferasi perangkat seluler yang mendorong tren tersebut. Untuk memenuhi ekspektasi yang meningkat ini, agen AI dinamis semakin banyak diadopsi oleh pemerintahan di berbagai belahan bumi.

        4. Berkembangnya perdagangan berbasis conversational

        Teknologi AI percakapan medukung pedagang menjual produk dan layanan mereka dalam skala besar. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan pedagang secara real-time dan menyediakan saluran penjualan bagi perusahaan. 

        Perdagangan percakapan menjadi bagian integral dari strategi penjualan online untuk berbagai brand, karena pergeseran cepat menuju dunia yang mengutamakan digital telah mengkondisikan pelanggan untuk mengharapkan layanan sesuai permintaan. Akibatnya, pelanggan cenderung bereaksi positif terhadap brand yang menyediakan layanan tersebut.

        Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelanggan dari semua kelompok usia lebih menyukai bantuan chatbot untuk melakukan pembelian online. Selain itu, 65% pelanggan merasa nyaman dengan fitur layanan mandiri C-commerce yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan sendiri masalah dengan bantuan AI percakapan.

        5. Keberlanjutan

        Kecerdasan buatan akan memainkan peran yang makin penting dalam mewujudkan tujuan pembangunan. Hal ini didorong oleh agen AI dinamis yang berfungsi sebagai contoh.

        Agen-agen ini memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari klien berpotensial dan memberikan wawasan berharga tentang prospek bisnis sambil menghilangkan kebutuhan untuk berinvestasi dalam iklan fisik, melakukan perjalanan untuk pertemuan tatap muka dan melakukan panggilan dingin.

        Dengan demikian, menangkap prospek dari jarak jauh dapat mengurangi biaya yang mahal dan mengurangi jejak karbon. Agen AI yang dinamis menyediakan dukungan pelanggan 24/7, sehingga meniadakan kebutuhan untuk mempekerjakan perwakilan layanan pelanggan setelah jam kerja di kantor, keuntungan berkelanjutan lainnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: