Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Imbas Kontrovesi Ayah Mario Dandy, Transaksi Mencurigakan Dicium Menterinya Jokowi: Rp300 Triliun, Ada Datanya

        Imbas Kontrovesi Ayah Mario Dandy, Transaksi Mencurigakan Dicium Menterinya Jokowi: Rp300 Triliun, Ada Datanya Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan kepada masyarakat Indonesia.

        Dirinya mengatakan telah menyoroti adanya transaksi mencurigakan yang dilakukan pegawai di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

        Baca Juga: Mau Gapai Kursi Jokowi, Kubu Anies Baswedan Harus Selektif Soal Mitra Koalisi: Jangan Dekati...

        Tak tanggung-tanggung, Mahfud mengatakan transaksi tersebut sampai bernilai Rp300 triliun.

        Hal ini jelas menjadi sorotan, terlebih kementerian tersebut tengah bergelut dengan kontroversi dari Rafael Alun Trisambodo.

         "Saya sudah dapat laporan terbaru tadi pagi, malah ada pergerakan mencurigakan senilai Rp300 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai," kata Mahfud MD di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu (8/3).

        Temuan tersebut, kata Mahfud, di luar transaksi Rp500 miliar dari rekening mantan Pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo dan keluarganya yang telah dibekukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

        Baca Juga: Menuju Kursi Jokowi, Kebakaran Plumpang Tak Akan Bisa Hentikan Anies Baswedan: Buktinya Sederhana...

        Mahfud yang juga Ketua Tim Pengendalian Tindak Pidana Pencucian Uang telah melaporkan temuan itu langsung kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana.

        Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menurut dia, telah memeriksa satu per satu pegawai Kemenkeu yang diduga terkait tindak pidana pencucian uang.

        Baca Juga: Ahok Tawarkan Keamanan, Warga Plumpang Malah Terbuai oleh Anies Baswedan: Sudah Diperingatkan, Kejadian Sekarang...

        "Kemarin ada 69 orang dengan nilai hanya enggak sampai triliunan, (sekitar) ratusan miliar. Hari ini sudah ditemukan lagi kira-kira Rp300 triliun. Itu harus dilacak dan saya sudah sampaikan ke Bu Sri Mulyani (Menkeu), PPATK juga sudah menyampaikan," ujar dia.

        Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjamin temuan itu bukan hoaks dan tidak dapat disembunyikan di era keterbukaan informasi.

        Baca Juga: Heboh Video Diduga Kakak Mario Dandy Mengeluh Miskin, Ada Hubungannya dengan Dibekukannya Puluhan Rekening Terkait Rafael Alun Trisambodo?

        "Kenapa saya bicara kepada saudara, karena kami, kan, tidak bisa sembunyi-sembunyi di era sekarang. Saya enggak ngomong, itu juga bisa bocor keluar. Maka saya sampaikan mendahului berita hoaks. Ini saya sampaikan tidak hoaks, ada datanya tertulis," kata Mahfud MD kepada awak media.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: