Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dobrak Market, Begini Strategi BIOAQUA Ekspansi Pasar Kosmetik Indonesia

        Dobrak Market, Begini Strategi BIOAQUA Ekspansi Pasar Kosmetik Indonesia Kredit Foto: BIOAQUA
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia),  menunjukkan bahwa industri kosmetik mencapai pertumbuhan sebesar 21,9 persen dari tahun 2022 hingga pertengahan 2023, dengan jumlah perusahaan yang mencapai 1.010. 

        Segmen pasar terbesar dikuasai oleh perawatan diri dengan volume pasar mencapai USD3,18 miliar di tahun 2022, diikuti oleh skincare sebesar USD2,05 miliar, kosmetik sebesar USD1,61 miliar, dan wewangian sebesar USD39 juta.

        Baca Juga: Rencana Perubahan Format Debat Dinilai Repot, Anies: Jadilah Otentik, Jangan Kosmetik

        Pencapaian ini menandakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan perawatan diri dan kecantikan semakin meningkat.

        Pertumbuhan pesat industri kosmetika Indonesia menjadi cermin kesuksesan perusahaan-perusahaan seperti BIOAQUA. 

        BIOAQUA, dengan kebijakannya menjadi lifestyle local brand untuk skincare, personal care, dan decorative make up yang terjangkau dengan memanfaatkan momentum ini untuk terus berkembang dan memberikan solusi perawatan kulit yang efektif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

        Perjalanan bisnis kosmetik BIOAQUA tidak terlepas dari sosok Riyanto Cheung, yang akrab disapa Ko Ayunk atau Koko BIOAQUA

        Sebagai Founder BIOAQUA, ia telah sukses merintis bisnis skincare dan kosmetik yang kini menjadi salah satu lifestyle beauty brand lokal yang dikenal oleh banyak orang.

        Selain itu, keterlibatan aktif Ko Ayunk bersama Lina Martiningsih atau akrab dipanggil Ci Lina (Istri Ko Ayunk) sebagai seorang content creator di platform media sosial seperti Instagram (@riyantocheung) dan TikTok (@kokocicibioaqua) semakin menunjukkan dan konsistensinya dalam mempererat hubungan antara BIOAQUA dan pelanggan setianya.

        Sebelum menjadi pemimpin sukses di industri kosmetika, ia menjalani pekerjaan sebagai kuli panggul, pramuwisma atau pelayan toko selama 12 tahun dari tahun 2000 sampai 2012 di toko grosiran kosmetik. 

        Baca Juga: Kaget Dengar Pernyataan 'Keberpihakan' Jokowi, Kubu AMIN: Logikanya...

        Setelah itu, ia memutuskan untuk resign di awal tahun 2012 kemudian menjadi sales freelance selama 6 bulan. Selama periode tersebut, Ko Ayunk terus belajar untuk merintis bisnis kosmetiknya. 

        "Pernah sampai jual rumah untuk membeli sebuah toko kosmetik yang menjadi awal bisnis nya sampai dengan sekarang,"kata Ko Ayunk dalam keterangan resminya, Rabu (24/1/2023)

        Pada tahun 2015 ia sudah mulai membangun bisnis brand skincarenya. Untuk ekspansi bisnis perusahaan, ia memutuskan untuk bekerja sama dengan partner. Hingga lahirlah BIOAQUA di tahun 2020 sebagai bisnis skincare yang sukses hingga saat ini.

        Baca Juga: Berbagi Rahasia, Pos Indonesia dan TikTok Bongkar Kunci Sukses Bisnis UMKM

        Ko Ayunk mengakui jika perjalanan BIOAQUA tidak terlepas dari tantangan, terutama saat pandemi COVID-19 melanda di tahun 2020. Sebagai langkah adaptasi, perusahaan mengimpor masker medis untuk menjaga perputaran bisnis. 

        Strategi ini disertai dengan maklon pabrik di dalam negeri dan akuisisi pabrik di luar negeri, sehingga BIOAQUA dapat beroperasi lebih efektif dan efisien.

        Setelah satu tahun mengakuisisi pabrik di luar negeri, di bulan September tahun 2021 sampai pada tahun 2023 BIOAQUA berhasil mengembangkan bisnisnya. 

        "Hal ini terlihat dari produk-produk skincare yang diluncurkan juga tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dengan e-commerce,"ungkapnya 

        Salah satu kunci sukses bisnisnya, Riyanto Cheung selalu menerapkan prinsip hidupnya yakni kejujuran, kerja keras, dukungan keluarga, dan doa. Ia memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyamannya demi mencapai impian besar. 

        Dengan perjalanan bisnisnya, ia telah membuktikan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan keberanian untuk menghadapi tantangan, seseorang dapat meraih kesuksesan di dunia bisnis skincare dan kosmetik.

        BIOAQUA, sebagai bukti nyata dari perjuangan Ko Ayunk, terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif pada industri kosmetika Indonesia.

        Baca Juga: Izin Acara 'Desak Anies' Lagi-lagi Dicabut Mendadak, Anies Baswedan Tegar: Belum Sebanding dengan Masalah Keluarga di Indonesia

        “Bagi saya, kegagalan bukanlah akhir perjalanan, tetapi justru merupakan bantuan untuk melompat menuju kesuksesan. Prinsip utama yang selalu saya pegang sampai dengan saat ini adalah jujur, kerja keras, peduli dengan keluarga, dan yang paling utama adalah berdoa”, pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: