Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Raih Penghargaan Kepuasan Pelanggan di Dua Ajang Berbeda

Toyota Raih Penghargaan Kepuasan Pelanggan di Dua Ajang Berbeda Kredit Foto: PT Toyota-Astra Motor
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor berhasil meraih penghargaan terkait kepuasan pelanggan sekaligus dari 2 ajang berbeda, yaitu Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) 2016 dan Indonesia Customer Satisfaction Survey (CSS) 2016.

Pada ajang ICSA 2016 yang digelar Majalah SWA Sembada dan FRONTIER, Marketing Research Consulting, TAM mendapatkan 2 penghargaan untuk kategori MPV Car - Brand melalui Toyota Avanza, dan kategori City Car ? Brand melalui Toyota Yaris.

ICSA merupakan ajang penghargaan tahunan terhadap perusahaan-perusahaan yang dinilai mempunyai prestasi terbaik di Indonesia dalam hal memberikan pelayanan pelanggan. Penilaian pemenang ICSA 2016 adalah berdasarkan riset di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar, serta melibatkan lebih dari 5.700 responden.

Sementara itu, di ajang CSS 2016 yang diselenggarakan oleh Auto Bild Indonesia, TAM juga mendapatkan 2 penghargaan yaitu The Highest Customer Satisfaction Index in Authorized Service Station by Brand, serta The Highest Customer Satisfaction Index in Durability by Type untuk Toyota Fortuner.

Dalam ajang Indonesia CSS 2016, pemenang ditentukan berdasarkan online survey di autobild.co.id dalam periode yang Januari?Oktober 2016 dan melibatkan ribuan responden.??

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa sejalan dengan semangat Let?s Go Beyond, Toyota mempunyai komitmen tinggi dalam menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service, guna memberikan kepuasan bagi pelanggan.

?Guna memberikan kepuasan bagi pelanggan, kami melakukan berbagai upaya antara lain berinovasi untuk menghadirkan product line-up yang lengkap, teknologi yang sesuai kebutuhan, menjaga kualitas, serta menghadirkan aftersales service yang prima agar memberikan peace of mind bagi pelanggan,? ujar Henry, dalam kesempatan terpisah..

Inovasi yang dilakukan Toyota salah satunya melalui New Yaris Heykers yang baru diperkenalkan kepada pelanggan pada awal November 2016. New Yaris Heykers adalah hatchback yang modern, sporty sekaligus adventurous serta aman dikendarai untuk berbagai medan jalan.

Sementara itu, dari sisi pelayanan, di outlet resmi Toyota, selain mendapatkan layanan penjualan, pelanggan juga mendapatkan jaminan ketersediaan suku cadang asli Toyota, bengkel, dan teknisi tersertifikasi sesuai standar Toyota sehingga pelanggan tidak perlu khawatir ketika melakukan perawatan dan perbaikan kendaraannya.

Untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan pelanggan, Toyota terus melakukan survei secara berkala. Survei ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan feedback dari pelanggan, sehingga Toyota dapat melakukan perbaikan terhadap produk atau layanan yang bersangkutan.

?Komitmen dalam memberikan yang terbaik kepada pelanggan tidak hanya kami hadirkan melalui produk dan teknologi yang lengkap, tapi juga melalui aftersales service terbaik yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan pada saat memiliki, menggunakan, dan melakukan perawatan kendaraannya,? kata F. Soerjopranoto, EGM TAM, saat menerima penghargaan bagi TAM.

Penghargaan ini, kata Soerjo, akan menjadi penyemangat bagi TAM di masa depan untuk terus melakukan continous improvement (Kaizen) demi menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service yang sejalan dengan spirit Toyota Let?s Go Beyond.

Ketenangan yang diberikan kepada pelanggan dalam mendapatkan layanan Toyota diberikan kepada pelanggan yang datang langsung ke bengkel resmi antara lain melalui layanan 24 jam, Express Maintenance, Body & Paint, serta Toyota Genuine Parts (TGP).

Selain itu, Toyota juga menghadirkan berbagai layanan bagi pelanggan yang tidak berkesempatan datang langsung ke bengkel resmi. Hingga saat ini, terdapat 292 outlet resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, di mana pun pelanggan berada, mereka dapat merasakan pengalaman kepemilikan kendaraan terbaik bersama Toyota.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Leli Nurhidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: