Apakah istilah "keberlanjutan" telah disingkirkan oleh perusahaan saat ini? Dalam arti yang paling dasar, keberlanjutan adalah serangkaian nilai yang harus ditanamkan oleh setiap perusahaan dalam organisasinya untuk hari esok yang lebih baik.
Outlook Lingkungan Global 2017 mengungkapkan bahwa masalah lingkungan mempengaruhi enam wilayah terbesar dunia, yang meliputi Asia dan Pasifik, Asia Barat, wilayah Pan-Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin dan Karibia, dan Afrika.
Dari perusahaan seperti Pepsico, hingga Sterlite, kasus perusahaan-perusahaan besar yang terus-menerus mengalami kerusakan lingkungan telah menjadi sorotan dalam membuat bisnis berkelanjutan di seluruh dunia. Dari semua daerah yang terkena dampak, kebetulan, Asia Pasifik membuat ruang yang lebih besar untuk menanamkan keberlanjutan karena mencatat rendah baru dalam jumlah "bisnis berkelanjutan".
Kebutuhan akan Lingkungan Bisnis Berkelanjutan
Sapna Bhawnani, direktur komunikasi & CSR, Alstom, yang berkantor pusat di Saint-Ouen, Perancis, mengatakan bahwa saat ini menjadi tanggung jawab sosial adalah kebutuhan terbesar dari ekosistem bisnis di seluruh dunia. Setiap genre perusahaan perlu bekerja secara berkelanjutan ketika kita membangun ekosistem ini untuk generasi kita untuk mengikuti, dan tidak hanya untuk kita.
Perusahaan multinasional Perancis beroperasi di seluruh dunia di pasar transportasi kereta api. Di kawasan Asia Pasifik, perusahaan beroperasi di 12 negara, termasuk India, Australia, Indonesia, Thailand, Vietnam dll. Perusahaan ini telah membangun metro di kota-kota India seperti Kochi, Lucknow, dan Mumbai.
Alstom juga memiliki yayasan sendiri, yang dikenal sebagai Yayasan Alstom. Proyek-proyek percontohan ini memproyeksikan dan mengikat dengan LSM lain untuk menjadi ujung tombak inisiatif utama bagi masyarakat.
Bagaimana seharusnya perusahaan memilih alasan untuk bekerja? Bhawnani mengatakan, “Itu tergantung pada wilayah yang ingin Anda layani. Masalah umum sebagian besar di Asia Timur terkait dengan akses ke pendidikan.
"Baik melalui yayasan atau inisiatif perusahaan, kami memiliki kebijakan untuk melibatkan karyawan kami dalam CSR," kata Bhawnani.
Cargill, sebuah perusahaan Amerika yang mengkhususkan diri dalam produksi pertanian berkontribusi pada nutrisi hewan, petani, dan keluarga mereka melalui inisiatif CSR di seluruh wilayah.
Perusahaan ini hadir di 16 negara Asia termasuk Indonesia, Malaysia, India, Cina, dan Filipina. Baru-baru ini membuka operasi pengolahan unggas pertama di Indonesia dan Filipina untuk memenuhi permintaan yang berkembang di kawasan untuk makanan berbasis protein.
Dipanwita Chakraborty, urusan perusahaan, Cargill, mengatakan, “Lebih dari 80 persen petani tinggal di Asia Pasifik, dan di antara mereka sebagian besar adalah korban kekurangan gizi. Kami mengamati bahwa kami dapat melakukan lebih dari itu. Kemudian, kami melihat masalah para istri dan keluarga petani. Seperti itulah seharusnya. Kami menyadari bahwa kami tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka, ”kata Chakraborty.
"Sebagai pemain pribadi, kami sering fokus untuk menciptakan kantong keunggulan kecil yang bisa diambil oleh generasi berikutnya," tambahnya.
Jadi Bagaimana Organisasi Memulai Hal Ini?
Berikut sekilas apa yang harus Anda ingat ketika menerapkan CSR:
Anda perlu melihat sesuai dengan setiap wilayah yang dibutuhkan warga negara. Lebih banyak interatif diskusi tentang CSR, semakin baik Anda melayani warga dan lingkungan. Setiap perusahaan secara individual harus memutuskan untuk menangani poin-poin kunci sesuai dengan masyarakat.
Niatnya harus benar. Maka Anda menaruh perhatian Anda padanya dan kemudian datanglah pertanggungjawaban. Lalu datanglah pemberdayaan, Anda perlu membuat strategi yang ada. Itu harus terjadi di suatu tempat. Kita semua harus belajar dari satu sama lain dan membawa ide ke meja untuk membuat perbedaan. Setiap perusahaan memiliki sumber daya yang berbeda; itu harus digunakan untuk ekosistem yang lebih baik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: