Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah Ada dari Satu Abad Lalu, Metode Ini Ampuh Buat Pengusaha Super Sibuk

Sudah Ada dari Satu Abad Lalu, Metode Ini Ampuh Buat Pengusaha Super Sibuk Kredit Foto: BJB
Warta Ekonomi, Jakarta -

Jika Anda adalah seorang pengusaha dan sudah berkeluarga, pernah enggak sih mengalami kesulitan pembagian waktu antara pekerjaan dan keluarga? Jika pernah, Anda enggak sendirian, pengusaha John Rampton juga merasakan hal yang sama.

Ketika hanya memiliki waktu yang minim bersama keluarga, sehingga mulai kehilangan rasa ke-intimate-an di antara mereka, John Rampton menemukan sebuah metode ampuh guna memperbaiki itu semua.

Baca Juga: Mau Bangun Bisnis dan Tetap Punya Waktu Luang? Bisa Banget Dong!

Ia menggunakan metode manajemen waktu yang ia nilai sebagai ‘productivity hack’ yang sudah ada sejak 100 tahun lalu. Metode manajemen waktu ini membuatnya menghabiskan sedikit waktu di kantor dan memperbanyak waktu bersama keluarga, tanpa merugikan pekerjaannya.

Metode Ivy Lee

Metode yang digunakan Rampton bernama metode Ivy Lee. Ia membuat daftar prioritas pekerjaan dari yang paling penting, namun enggak lebih dari enam pekerjaan setiap harinya. CEO Startup Due ini hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk menyusun daftar tersebut lho.

“Dengan merencanakan hari kamu di malam sebelumnya, kamu mengurangi keletihan dalam mengambil keputusan dan menyimpan energi untuk pekerjaan yang paling berarti. Ketika kamu bangun, kamu tahu persis apa yang ingin dikerjakan sepanjang hari daripada buang-buang waktu dan energi yang berharga untuk membuat keputusan di pagi hari,” kata Rampton.

Baca Juga: Hai Milenial, Ini 2 Cara Dapatkan Penghasilan Tanpa Terikat Waktu di 2019

Dengan bermodalkan daftar ini, kamu bisa manajemen waktu dengan sangat baik dalam menjalani hari-hari. Kamu enggak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk pekerjaan sampai kehilangan waktu bersama keluarga. Ketika pagi hari datang, kamu bisa fokus untuk membenahi pekerjaan yang sudah kamu list di malam hari, dari yang terpenting sampai yang enggak begitu penting.

Kalau bisa diselesaikan hari itu juga maka sebuah penghargaan buat kamu, tapi kalau belum selesai, santai saja, kamu bisa kok menambahkannya ke enam daftar prioritas di hari berikutnya.

Sudah ada sejak satu abad lalu

Dikutip dari Business Insider, metode Ivy Lee ternyata sudah ada sejak seabad yang lalu lho. Kok kamu baru mengetahuinya ya? Hehe. Alkisah, di tahun 1918, Ivy Lee bekerja sebagai seorang konsultan yang bekerja untuk Charles M. Schwab, seorang pemilik usaha korporasi baja di Amerika Serikat yang menginginkan peningkatan kinerja di perusahaannya. Lee pun menawarkan metodenya ini dan Schwab mengaku cukup puas dengan itu.

Metode manajemen waktu ini diyakini mampu menghilangkan keraguan dan meminimalisir kemungkinan kamu buat buang-buang waktu pagi harinya. Jadinya pagi harimu bisa lebih produktif deh. Dengan begitu, keluargamu enggak akan merasa kehilangan kedekatannya denganmu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: