Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dalam New Normal, 6 Kegiatan Ini Bakal Alami Perubahan, Sudah Terjadi Sejak Ada PSBB!

Dalam New Normal, 6 Kegiatan Ini Bakal Alami Perubahan, Sudah Terjadi Sejak Ada PSBB! Ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta, Minggu (26/4/2020). Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta mencatat hingga Jumat 24 April 2020 terdapat 76 perusahaan di Ibu Kota yang ditutup sementara karena melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). | Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Bogor -

Kondisi 'Normal Baru/The New Normal' akan memicu perubahan, termasuk dari segi perilaku masyarakat dalam berbagai kegiatan. Hal itu bahkan telah terjadi sejak kebijakan karantina wilayah berlaku di berbagai belahan dunia.

Profesor Universitas Teknologi Nanyang Singapura, Yohanes Eko Riyanto menyebut, perubahan perilaku pasca-COVID-19 akan melahirkan tatanan ekosistem baru yang terhubung dengan perangkat digital serta internet.

"Perubahan perilaku pengguna ponsel, lapotp, dan segalanya yang konsumsinya berbasis di media sosial," jelasnya dalam diskusi daring tentangĀ The New Normal di Youtube bulan lalu, dikutip Rabu (27/5/2020).

Baca Juga: Pak Jokowi, Kalau Mau Terapkan New Normal Copot 11 Menteri Ini, Edan! Ada Nama...

Baca Juga: Palang Merah Internasional: Tolong Hentikan Peretasan Data Soal Corona, Berbahaya Bagi Nyawa!!

Menurut Yohanes, perubahan itu bersifat masif sehingga akan mengubah perilaku masyarakat sebagai konsumen; seperti yang tertera dalam bukuĀ The Power of Habbit karya Charles Duhigg. Ia menambahkan, "karena otak terstimulasi, nanti akan secara otomatis mengikuti perubahan tersebut."

Pertanyaannya, di sektor apa saja perubahan itu akan terjadi? Berikut ini rincian perubahan perilaku konsumen akibat corona, sebagai gambaran kondisi normal baru yang akan datang:

Membeli Bahan Masakan Secara Daring

Memang, belanja daring telah menjadi salah satu kegiatan para pengguna internet Indonesia. Namun, di tengah pandemi, tren belanja di situs daring ataupun media sosial semakin meningkat.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: