Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apakah Mengonsumsi Jamur saat Hamil Punya Manfaat Kesehatan?

Apakah Mengonsumsi Jamur saat Hamil Punya Manfaat Kesehatan? Kredit Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Warta Ekonomi -

Jamur telah digunakan secara luas sepanjang sejarah manusia untuk tujuan kuliner dan pengobatan. Namun, ada beberapa kekhawatiran tentang risiko keracunan atau perubahan otak terkait jamur pada orang hamil. 

Banyak orang memiliki persepsi negatif terhadap jamur, terutama jamur psilocybin (ajaib) yang bersifat halusinogen. Pada dasarnya, jamur memiliki banyak manfaat. Jamur yang terpapar radiasi ultraviolet (UV), seperti yang berasal dari sinar matahari atau lampu UV, merupakan sumber vitamin D vegetarian yang berlimpah dan penting.

Baca Juga: Ya Ampun… Cek Sekarang! Beberapa Kondisi di Bagian Mata Bisa Merujuk Masalah Jantung Bahkan Diabetes

Vitamin D sangat penting untuk kesuburan dan kehamilan, di mana vitamin D mendukung kesehatan tulang. Vitamin ini dikaitkan dengan penurunan risiko hasil kesehatan yang merugikan selama kehamilan.

Singkatnya, jamur menawarkan banyak manfaat nutrisi dan dapat dikonsumsi dengan aman selama kehamilan. Meskipun jamur umumnya dianggap aman dikonsumsi saat Anda hamil, penting untuk memilih jenis yang paling aman.

1. Jamur kuliner

Jamur kuliner seperti shitake, portobello, tiram, maitake, kastanye, crimini, dan jamur kancing putih, umumnya aman dikonsumsi. Dilansir di laman Healthline pada Kamis (4/11), Sebuah penelitian pada tikus hamil menunjukkan bahwa konsumsi shitake menurunkan kadar trigliserida pada ibu, tanpa menyebabkan perubahan perkembangan pada janin.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Mau Makan Nasi Putih? Tenang! Anda Bisa Makan dengan Porsi…

Studi lain di antara 1.162 wanita hamil menemukan bahwa mengonsumsi 100 gram jamur kancing putih setiap hari dari prakehamilan hingga 20 minggu kehamilan mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko mengembangkan diabetes gestational dan preeklampsia 

2. Jamur obat

Jamur obat chaga, ekor kalkun, surai singa, reishi, dan cordyceps umumnya juga aman untuk dikonsumsi. Mereka dapat mengurangi kolesterol darah, memiliki sifat anti-ulkus, dan meningkatkan kekebalan pada populasi umum. Namun, penelitian di kalangan orang hamil masih kurang. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang keamanan mereka selama kehamilan.

Jenis jamur yang harus dihindari saat hamil:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan