Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ternyata Ini Alasan di Balik Pemilihan Nama Nusantara Sebagai Ibu Kota Negara yang Baru

Ternyata Ini Alasan di Balik Pemilihan Nama Nusantara Sebagai Ibu Kota Negara yang Baru Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, beberkan nama ibu kota negara (IKN) baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ialah Nusantara.

"Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan IKN ini namanya Nusantara," kata Suharso saat rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN DPR RI, Senin (17/1).

Dia menjelaskan, nama Nusantara dipilih karena sudah dikenal sejak dulu, ikonik di internasional, mudah, dan menggambarkan kenusantaraan Republik Indonesia.

"Saya kira kita semua setuju dengan istilah nusantara itu," tambahnya.

Seperti yang diketahui, Panitia Khusus RUU IKN DPR RI akan membuka kemungkinan pengambilan keputusan I terkait RUU IKN dilakukan pada hari ini, Senin (17/1).

Wakil Ketua Pansus RUU IKN DPR, Junimart Girsang, mengatakan bahwa keputusan tingkat I terhadap RUU IKN akan dibahas dalam rapat kerja (raker) pihaknya dengan pemerintah pada sore atau malam hari ini.

"Setelah ini dijadwalkan sore atau malam nanti raker dengan beberapa kementerian terkait untuk mengambil keputusan tingkat I," kata Junimart.

Dia menjelaskan, pembahasan RUU IKN masih berlangsung di tingkat panitia kerja (panja) saat ini. Kemudian, dia mengatakan RUU akan kembali masuk ke tingkat pansus.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan