Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Co-op Group, Peritel Koperasi yang Miliki Banyak Jaringan Bisnis

Kisah Perusahaan Raksasa: Co-op Group, Peritel Koperasi yang Miliki Banyak Jaringan Bisnis Branding terlihat di luar supermarket Co-op di London, Inggris, 14 September 2018. | Kredit Foto: Reuters/Hannah McKay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Co-operative Group Limited atau dikenal sebagai Co-op adalah koperasi ritel yang berbasis di Inggris yang memiliki jaringan bisnis mencakup ritel makanan, departemen store, perbankan dan asuransi, penjualan otomotif, dan layanan bangunan. Ia adalah salah satu perusahaan rakasasa Fortune Global 500.

Menurut catatan Fortune di tahun 2020, Co-op membukukan pendapatan total sekitar 29,48 miliar dolar AS. Sementara untuk labanya sekitar 528 juta dolar AS per tahun.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Xiaomi, Startup dari China yang Pamornya Mendunia

Co-op memiliki akar yang bisa ditelusuri kembali kepada Rochdale Society of Equitable Pioneers, yang didirikan tahun 1844. Dibentuknya perusahaan tersebut didasarkan pada Prinsip Rochdale, yang diapat diartikan secara khusus memperkenalkan gagasan untuk mendistribusikan bagian keuntungan melalui skema yang dikenal sebagai dividen.

Inti bisnisnya sebagian besar terdapat pada North of England Co-operative Wholesale Industrial and Provident Society Limited diluncurkan di Manchester oleh 300 koperasi individu di Yorkshire dan Lancashire tahun 1863. 

Pada tahun 1872, ia dikenal sebagai Co-operative Wholesale Society (CWS) dan itu sepenuhnya dimiliki oleh koperasi yang berdagang dengan itu. CWS tumbuh pesat dan memasok produk ke toko koperasi di seluruh Inggris, meskipun banyak koperasi hanya mengambil sekitar sepertiga dari produk mereka melalui CWS.

Persaingan yang terus-menerus dan sengit dengan pedagang grosir non-koperasi lainnya inilah yang menyebabkan CWS menjadi sangat inovatif. Pada tahun 1890 CWS telah mendirikan cabang yang signifikan di Leeds, Blackburn, Bristol, Nottingham dan Huddersfield bersama sejumlah pabrik yang memproduksi biskuit (Manchester), sepatu bot (Leicester), sabun (Durham) dan tekstil (Batley).

Dalam upaya untuk menurunkan biaya transportasi yang signifikan untuk produksi, CWS bahkan memulai jalur pelayarannya sendiri yang awalnya berlayar dari dermaga Goole ke bagian benua Eropa. Salah satu kapal uap CWS, Pioneer, adalah kapal komersial pertama yang menggunakan Terusan Kapal Manchester. Ekspansi yang cepat ini berlanjut sehingga dengan pecahnya Perang Dunia I CWS memiliki kantor utama di Amerika Serikat, Denmark, Australia dan perkebunan teh di India.

Kekacauan keuangan yang menyertai Depresi Hebat pada tahun 1930-an mengancam keberadaan masyarakat koperasi ritel yang semakin banyak. Sebagai tanggapan, gerakan tersebut membentuk badan baru pada tahun 1934, Co-operative Retail Services (CRS), yang bertujuan untuk beroperasi sebagai "ambulans" bagi masyarakat ritel yang gagal.

CRS dengan cepat tumbuh menjadi kekuatan dominan dalam gerakan koperasi, tidak hanya menjadi masyarakat koperasi ritel tunggal terbesar, tetapi juga salah satu dari lima kelompok department store terbaik di Inggris.

Sampai akhir Perang Dunia II, toko makanan Inggris mempertahankan pendekatan tradisional mereka, di mana pelanggan dilayani oleh pemilik toko dan staf. Namun, pada tahun 1948, sebuah toko di London menjadi koperasi pertama yang memperkenalkan konsep supermarket swalayan yang telah dirintis di Amerika Serikat.

Selama dua dekade berikutnya, semakin banyak koperasi mengikutinya. Namun, pada tahun 1960-an, gerakan koperasi menemukan dirinya di bawah tekanan dari jenis pesaing baru, karena sejumlah kecil kelompok supermarket skala besar mulai mendominasi kancah ritel Inggris.

Pada tahun 1973, CWS sendiri menjadi kelompok ambulans untuk gerakan koperasi ketika setuju untuk bergabung dengan Masyarakat Grosir Koperasi Skotlandia yang gagal, yang mengendalikan beberapa ratus toko ritel.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Philip Morris, Produsen Tembakau Kelas Dunia di Pasar Global

Selama dekade berikutnya, CWS dipanggil untuk menyelamatkan semakin banyak masyarakat, dalam proses menjadi salah satu pengecer terbesar di Inggris Raya. Sudah pada pertengahan 1970-an, CWS menguasai sekitar 20 persen pasar makanan ritel Inggris.

Namun saat ini, CWS dan gerakan koperasi pada umumnya berada di bawah tekanan berat. Turunnya keuntungan telah memaksa sebagian besar gerakan untuk meninggalkan "divi", yang telah dibayar tunai sejak tahun 1960-an; dividen ini diganti dengan perangko yang dapat ditukarkan.

Namun ini juga telah dihapus pada awal 1980-an. Sementara itu, gerakan koperasi merasa lebih sulit untuk menarik dan mempertahankan anggota, yang melarikan diri dari banyak toko kecil dan sempit gerakan ke toko yang lebih besar yang dibuka oleh kelompok supermarket yang sedang berkembang seperti Tesco dan Sainsbury.

CWS terus bertindak sebagai ambulans gerakan koperasi, menyelamatkan sejumlah masyarakat yang gagal meskipun ada tekanan keuangan yang diberikan akuisisi ini pada grup. Pada awal 1990-an, CWS sendiri mencatat kerugian karena menyerap dua akuisisi baru-baru ini. Pada titik ini, gerakan koperasi, yang pada suatu waktu memiliki lebih dari 11 juta anggota dari lebih dari 2.000 koperasi, telah menyusut menjadi hanya 60 perkumpulan. CWS telah menjadi kelompok koperasi tunggal terbesar. Posisi kedua dipegang oleh Koperasi Jasa Ritel.

Penggabungan kedua kelompok telah lama dianggap sebagai keniscayaan, dan pembicaraan antara CWS dan CRS telah diadakan sejak tahun 1981. Namun kedua belah pihak belum dapat menyepakati pengaturan yang dapat diterima bersama.

Sementara itu, CWS mendapati dirinya dikalahkan oleh meningkatnya kekuatan Tesco, Sainsbury, dan saingan ritel lainnya yang berkembang. Pada tahun 1994, CWS menjual sebagian besar operasi manufakturnya kepada pengusaha Andrew Regan seharga 111 juta pounds. Regan menutup sejumlah pabrik CWS, mengembalikan sisanya ke profitabilitas, lalu menjualnya lagi seharga 120 juta pounds.

Regan kembali ke CWS pada tahun 1996 dengan tawaran untuk membeli operasi non-makanannya seharga 500 juta pounds. CWS menolak tawaran tersebut, dan pada tahun 1997 Regan mengumumkan niatnya untuk meluncurkan pengambilalihan CWS senilai lebih dari 1,2 miliar pounds dengan maksud untuk memecah grup dan menjual komponennya kepada pendukung keuangan pengambilalihan itu.

CWS bersiap untuk pertempuran namun upaya pengambilalihan dengan cepat gagal ketika terungkap bahwa Regan telah membujuk sejumlah eksekutif CWS berpangkat tinggi untuk mencuri dokumen keuangan rahasia.

Malu dengan insiden tersebut, yang jika tidak ada hal lain yang mengungkapkan posisi keuangan yang buruk dari gerakan koperasi Inggris, CWS menggunakan sisa tahun 1997 untuk melakukan tinjauan ekstensif terhadap operasinya untuk menentukan strategi baru untuk memungkinkannya mendapatkan kembali keunggulan sebelumnya. di kancah ritel Inggris.

Pada saat itu perusahaan menentukan bahwa masa depannya terletak terutama dengan format toko serba ada; superstore perusahaan disiapkan untuk ditinjau, dengan sejumlah dijual ke pesaingnya. Pada saat yang sama, CWS memulai program untuk merenovasi supermarketnya. Inisiatif lain yang diambil adalah peluncuran jenis baru dividen, kartu loyalitas pelanggan.

Tidak seperti pesaingnya, yang mengaitkan pembelian kartu loyalitas mereka dengan produk bermerek, Kartu Dividen CWS malah memberikan poin pada pembelian produk berlabel sendiri.

Pada tahun 1998, CWS memasuki arena ritel baru ketika meluncurkan anak perusahaan layanan perjalanan baru, Travelcare. Anak perusahaan CWS Farms tumbuh menjadi petani komersial terbesar di Inggris dengan mengakuisisi Broadoak Farming pada tahun yang sama. Grup baru ini berganti nama menjadi Farmcare, mewakili 34 bisnis yang mengoperasikan lebih dari 85.000 hektar lahan pertanian, yang sebagian besar dimiliki oleh grup CWS.

Sementara itu, CWS dan CRS sekali lagi memulai pembicaraan merger ketika CRS berjuang dengan kerugian di akhir 1990-an. Langkah pertama menuju merger diambil pada tahun 1999 ketika CRS akhirnya bergabung dengan kelompok pembelian yang dipimpin CWS, Cooperative Retail Trade Group (CRTG).

Pada tahun 2000, pihak akhirnya setuju untuk menggabungkan operasi mereka, dan CWS mengambil alih CRS, menciptakan sebuah perusahaan dengan lebih dari 1.100 toko makanan dan penjualan tahunan lebih dari 5 miliar pound.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Garap Emas hingga Hasil Hutan, Anglo American Pertambangan Kelas Dunia

Setelah merger, CWS mengambil langkah untuk merevitalisasi citranya. Pada tahun 2001, perusahaan mengadopsi nama baru, Co-operative Group (CWS) Ltd, yang mencerminkan tidak hanya keragaman kegiatannya tetapi juga niatnya untuk memimpin gerakan koperasi secara keseluruhan ke era baru.

Grup ini juga memulai program modernisasi ekstensif, memperbaiki sekitar 400 tokonya dengan konsep "kota pasar" yang lebih modern. Grup ini juga meningkatkan peluncuran lini produk label sendiri.

CWS terus membangun operasi lainnya juga. Pada tahun 2001, grup tersebut menggabungkan berbagai anak perusahaan layanan bangunannya yang terus berkembang menjadi satu kesatuan, yang disebut Synchro, yang menjadi salah satu perusahaan manajemen fasilitas dan layanan bangunan dengan layanan lengkap terkemuka di Inggris.

Pada bulan April 2002, CWS beralih ke Bank Koperasi dan anak perusahaan asuransi CIS, menciptakan Layanan Keuangan Koperasi baru untuk membawa dua operasi di bawah satu manajemen untuk mendorong penjualan silang produk kedua entitas di antara perbankan dan asuransi pelanggan mereka.

Perusahaan juga mengumumkan rencana untuk menghidupkan kembali dividen dua kali setahun yang dimulai pada tahun 2004. CWS mampu melihat kembali lebih dari 150 tahun sebagai pelopor dalam gerakan koperasi di seluruh dunia dan cahaya terkemuka untuk abad baru.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: