Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Ini Yang Dilakukan Angkasa Pura II Jelang Lebaran

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Ini Yang Dilakukan Angkasa Pura II Jelang Lebaran Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (5/11/2020). Jumlah penumpang di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II mengalami peningkatan pada Oktober 2020 yaitu mencapai 2,14 juta orang atau meningkat 19 persen dibanding September 2020 yaitu sebanyak 1,79 juta orang. Sedangkan pergerakan pesawat meningkat 10 persen dari 23.879 penerbangan pada September 2020 menjadi 26.304 pada Oktober 2020. | Kredit Foto: Antara/Fauzan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Angkasa Pura II menyebut akan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa penerbangan untuk melaksanakan mudik lebaran 2022.

VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Hufron Kurniadi mengatakan, perseroan telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder guna memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Baca Juga: Pastikan Kenyamanan Pemudik, Simak Nih Persiapan Angkasa Pura I Jelang Lebaran

"Termasuk Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Injourney Holding, dimana AP II adalah anggota dari holding tersebut," ujar Hufron saat dikonfirmasi Warta Ekonomi, Rabu (27/4/2022).

Hufron mengatakan, dalam rangka mengantisipasi  lonjakan penumpang, bbrp langkah dilakukan salah satunya adalah dengan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder secara erat untuk memastikan pelayanan yang terbaik.

Selain itu, perseroan juga mendirikan posko angkutan lebaran di 20 kantor cabang Angkasa Pura II terhitung sejak 22 April hingga 13 Mei 2022.

"AP II berupaya mewujudkan mudik Aman, mudik Sehat, dgn tetap menerapkan prinsip Safety, Security, Service, dan Compliance terhadap bebagai regulasi termasuk protokol kesehatan Covid 19," ujarnya.

Baca Juga: Sambut Lebaran, Komunitas Betterlife Bagikan Paket Sembako untuk Warga Duafa di Lebak Banten

Guna menghindari lonjakan, perseroan menghimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan  mudik lebih awal agar keberangkatan penerbangan terdistribusi dengan baik, atau tidak terkonsentrasi di waktu-waktu tertentu. 

Persiapan Sarpeasum

Hufroj melanjutkan, secara umum, sarana dan prasarana pendukung untuk pelayanan mudik pada Lebaran 2022 sudah siap.

Baca Juga: Lebaran Depan Mata, KAI Siapkan 459 Lokomotif Cadangan Antisipasi Lonjakan Pemudik

"Khusus untuk di Bandara Soekarno- Hatta , telah diaktifkan kembali Sub Terminal 1A . Sehingga untuk operasional dan  pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta ditopang 3 Terminal (Terminal 1 2 3)," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk sarana transportasi atau penghubung antar Terminal 1 2 3 dan Stasiun Kereta Bandara, sejak tanggal 25 April 2022 telah diaktifkan Automated People Mover System (APMS) atau Kalayang/Skytrain, dengan jam operasional/layanan mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB. 

APMS atau Kalayang akan melayani pengguna jasa bandara selama Angkutan Lebaran 2022 saja yaitu mulai tanggal 25 April - 10 Mei 2022. Diluar waktu operasional Kalayang atau mulai pukul 21.00 - 06.00 WIB, maka pengguna jasa bandara dapat menggunakan layanan shuttle bus yang beroperasi 24 jam. 

Baca Juga: Dibuka Jokowi dan Erick Thohir, BRI Fasilitasi 2.190 Seat Mudik Gratis Bagi Masyarakat!

"Terkait kesiapan SDM, dapat disampaikan bahwa jumlah personel yang disiapkan mencapai kurang lebih 5.500 orang terdiri dari Airport Rescue & Fire Fighting (ARRF), Apron Movement Control (AMC),  Aviation Security (AVSEC), BKO TNI dan Polri, Customer Service, Terminal Inspection Services, Airport Operation Control, Medical Service, dan SDM lain yang terkait dengan operasional dan layanan di bandara," tutupnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: