Omnichannel eCommerce jadi Solusi Terhubung dengan Pelanggan dengan Lebih Praktis
Luasnya penggunaan internet saat ini menjadikannya sebagai peluang besar bagi bisnis untuk meraih lebih banyak pelanggan. Bisnis dapat meraih lebih banyak potensi pendapatan dan pemasaran yang lebih luas untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.
Sebagian besar masyarakat kini menggunakan internet, tak terkecuali dalam hal berbelanja. Tanpa harus mengunjungi toko secara langsung, konsumen dapat berinteraksi dengan bisnis dan melakukan pembelian secara real-time hanya melalui segenggam gadget atau perangkat seluler.
Saat ini, para konsumen bergantung pada informasi dari berbagai sumber sebagai bahan pertimbangan sebelum membuat keputusan pembelian. Oleh sebab itu, memasarkan produk melalui berbagai platform marketplace atau saluran online yang relevan akan sangat membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness (kesadaran merek).
Akan tetapi, semakin banyak marketplace atau saluran yang digunakan mungkin dapat membuat bisnis kewalahan dalam mengelolanya. Hal ini berpotensi mengurangi performa pegawai toko dalam berinteraksi dan memberikan pelayanan terhadap konsumen, yang mana bisa berisiko menurunkan kepuasan konsumen.
Untuk itu, Omnichannel eCommerce adalah solusi di mana berbagai platform marketplace dan saluran eCommerce terintegrasi satu sama lain. Hanya melalui satu platform saja, bisnis dapat mengelola setiap toko online di berbagai marketplace atau saluran penjualan online lain yang paling disukai konsumen atau pelanggan.
Kehadiran Omnichannel eCommerce membantu bisnis agar bisa hadir di berbagai platform marketplace atau saluran belanja online sekaligus mengelolanya secara lebih praktis. Dengan demikian, bisnis dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih mulus dan menyenangkan.
HiToko dari PT Digital Wings Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan layanan Omnichannel eCommerce di Indonesia. Didirikan pada 20 Juli 2021, HiToko memberikan solusi layanan Omnichannel eCommerce bagi ribuan pemilik bisnis di Indonesia. Htwins Technology (Dalian) Co., Ltd. sebagai Parent Company dari PT Digital Wings Indonesia sudah berdiri sejak tahun 2016 dan fokus melayani bidang e-commerce di Cina dan Asia Tenggara selama lebih dari 5 tahun.
Alex Liang selaku CEO HiToko mengatakan, HiToko menyediakan solusi Omnichannel eCommerce untuk para pebisnis atau online seller di Asia Tenggara. Membantu seller mengelola bisnis di berbagai marketplace atau saluran belanja online yang terintegrasi dalam satu platform secara terpadu, meliputi aspek inti seperti produk, pesanan, pengiriman, inventaris, dan pelanggan di berbagai saluran.
Selain integrasi semua toko online di berbagai saluran ke dalam satu platform, HiToko juga mengintegrasikan semua chat pelanggan dari berbagai saluran di HiToko Chat. Memudahkan bisnis dalam membalas setiap pesan pelanggan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk pindah-pindah saluran.
CEO Alex Liang menjelaskan bahwa Hitoko sedang merancang sistem manajemen gudang yang membantu pebisnis mengelola proses inbound, outbound, transfer, pemeriksaan inventaris multigudang, memahami data inventaris real-time dari satu sistem, dan meningkatkan profitabilitas gudang mereka.
“Bermodalkan pengalaman profesional dalam memberikan solusi pada industri layanan e-commerce, kami menyediakan perencanaan layanan e-commerce dan konsultasi pergudangan untuk membantu para pebisnis meningkatkan profitabilitas e-commerce mereka dengan cepat. Dengan sistem yang sederhana dan mudah digunakan, para seller hanya perlu mempelajari dan melakukan pengaturan dalam waktu singkat,” imbuh CEO Alex Liang.
Tidak berhenti sampai di situ, HiToko memiliki fitur sinkronisasi otomatis dari berbagai marketplace yang membuat pengambilan pesanan lebih stabil, lebih cepat, dan memastikan tidak ada pesanan yang terlewat. Fitur ini memungkinkan seller untuk tetap mempertahankan respons yang cepat meskipun mendapatkan pesanan dalam jumlah besar.
Menurut pernyataan Dhenny Mahardika selaku Head of Digital Marketing HiToko, selama kurang dari enam bulan website HiToko dirilis sudah memiliki ratusan pengguna baru yang terdaftar dan belasan ribu pengunjung. Dalam satu bulan saja, aplikasi HiToko yang tersedia di Google Play serta App Store telah bertambah lebih dari 2000 unduhan, pengguna kami pun terus bertumbuh setiap bulannya.
Beberapa platform marketplace dan saluran belanja online yang sudah terintegrasi dengan HiToko saat ini di antaranya ialah Tokopedia, Shopee, Lazada, dan TikTok Shop. HiToko juga memiliki dukungan Open API sehingga dapat dengan cepat terhubung ke platform e-commerce atau saluran penjualan lainnya yang dioperasikan sendiri oleh bisnis untuk menyelesaikan integrasi multisaluran.
Saat ini, HiToko menyediakan Paket Gratis bagi para pengguna baru yang ingin mulai menikmati layanan Omnichannel eCommerce dari HiToko. Terdapat juga Paket Growing, Pro, dan Enterprise dengan kisaran harga mulai dari Rp259.000 sampai Rp1.599.000 per bulannya untuk mendapat benefit dan fitur canggih tambahan.
HiToko juga secara rutin merilis kampanye atau promosi khusus untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para pengguna, harga yang ditawarkan oleh HiToko adalah yang termurah di Indonesia dibanding kompetitor
“Kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis dari skala yang berbeda. Karena itulah kami menyediakan beberapa paket Omnichannel yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan skala pengguna. Dengan harga terjangkau, para seller bisa mendapatkan layanan yang lebih baik, permulaan digitalisasi dan kecepatan duplikasi yang lebih cepat, serta dukungan penuh untuk pertumbuhan pesat layanan e-commerce,” pungkas Dhenny Mahardika.
Saat ini HiToko merupakan satu dari 5 anak perusahaan Htwins di seluruh dunia, dengan ratusan orang karyawan terdiri lebih dari 75% tim riset dan pengembangan teknologi. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan Omnichannel eCommerce dari HiToko atau ingin mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi HiToko www.hitoko.co.id.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: