Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Pemerintah Terus Cari Formula Penyeimbang

Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Pemerintah Terus Cari Formula Penyeimbang Kredit Foto: Antara/Aji Styawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah sedang mencari keseimbangan harga tiket pesawat agar tidak terlalu tinggi sehingga menyumbang inflasi.

“Kita memang menjaga keseimbangan antara kemampuan daripada sektor transportasi dengan tidak menaikkan tiket. Saya sudah sampaikan ke pak Dirjen kita harus bicara detail, bagaimana kita mengatur harga dalam konteks yang detail sehingga inflasi di sektor itu juga tidak terlalu tinggi,” Kata Budi Karya di Jakarta, kemarin.

Menurut Budi, beberapa angkutan pesawat keterisiannya tidak sampai 50% atau bahkan kurang dari itu. Sehingga mendorong maskapai harus menetralisasi harga.

“Maka itu, pemda didorong untuk turut memberikan subsidi dan juga turut memasarkan, agar okupansi penumpang pesawat meningkat. Kalau tingkat keterisian bisa naik maka harga akan terkendali. Karena harga tiket berbanding lurus dengan tingkat keterisian”ucapnya.

Budi mengakui kenaikan harga avtur juga mengakibatkan harga tiket pesawat naik.”Harga avtur memang mengakibatkan harga tiket naik, tetapi ada strategi pengelolaan yang harus dikoordinasikan secara detail sehingga harga tiket bisa tetap terkendali dan tidak memberikan efek kenaikan inflasi yang terlalu tinggi,” ujarnya.

Menhub mengungkapkan sejumlah upaya telah dilakukan pihaknya untuk mengendalikan harga tiket di tengah naiknya harga avtur dunia. Diantaranya menetapkan kebijakan pengenaan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp.0 atau 0% terhadap Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U).

Selain itu, Kemenhub telah meminta kepada Kemenkeu untuk memberlakukan relaksasi PPN pada tiket dan fuel (avtur).

Baca Juga: Melalui SKC, Prudential Syariah Dorong Percepatan Ekonomi Syariah di Indonesia

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: