Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puan Maharani Tanam Padi dengan Cara Maju, Eits! Jangan Langsung Nyinyir! Emang Ada Metodenya Loh

Puan Maharani Tanam Padi dengan Cara Maju, Eits! Jangan Langsung Nyinyir! Emang Ada Metodenya Loh Kredit Foto: Twitter/Puan Maharani
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah aksi cemberut saat membagikan kaus dan makan di warung pecel "mewah" bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar, aksi Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang lainnya kini juga ramai diperbincangkan publik.

Dalam salah satu video yang diunggah di akun instagramnya @puanmaharaniri beberapa waktu lalu, Puan yang juga Ketua DPP PDIP itu terekam sedang berada di sebuah areal persawahan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Puan ikut menanam bibit padi. Namun, cara Puan menanam padi tak biasa, yakni berjalan maju, tidak mundur seperti yang dilakukan kebanyakan petani.

Baca Juga: Puan Maharani Bakal Ketemu AHY, Demokrat: Kami Tak akan Terpengaruh Dinamika Politik

"Saya baru tahu para petani di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali menanam dengan cara yang berbeda. Di sini area tanam padi dibentuk segi empat, yang di tengah kotaknya harus diinjak," tulis Puan.

Aksi Puan tersebut lalu memicu komentar nyinyir para netizen. Di kolom komentar unggahan tersebut ada saja netizen yang mengatakan jika cara Puan menanam padi tersebut salah.

"Baru tahu nanemnya maju," tulis salah satu warganet.

"Saya baru tau jug Mbak Puan menanam dengan cara yang berbeda," timpal warganet lainnya.

"Nanam padinya salah ibu, seharusnya mundur," tambeh warganet lainnya.

Ternyata yang sedang dipraktikkan Puan tersebut adalah cara menanam padi dengan sistem tanam Jarwo atau Jajar Legowo. Dengan sistem Jarwo, cara menanam padi memang berbeda, yakni dengan berjalan maju. Berbeda dengan sistem tanam padi biasa yang disebut nandur atau menanam mundur.

Hal tersebut dijelaskan oleh salah satu akun Twitter @ajizaan. Dalam salah satu postingannya, akun tersebut menyinggung soal menanam padi dengan Sistem Jarwo. Menurut akun tersebut, menanam padi dengan Sistem Jarwo dilakukan dengan membuat pola terlebih dahulu di lahan persawahan.

Polanya yakni berupa garis berbentuk kotak-kotak di lahan sawah yang dibuat dengan perhitungan 2:1 atau 3:1. Dengan begitu, penanaman padi jadi lebih cepat karena dilakukan dengan berjalan maju.

"Dengan cara dibikin garisan dulu, dengan 'caplak'. jadi, nandure maju, luwih cepet," tulis akun tersebut.

Baca Juga: OJK Fokus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Hingga ke Daerah

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: