Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat Sebut Partai yang Akan Bergabung ke KIB dari Nonparlemen, Simak!

Pengamat Sebut Partai yang Akan Bergabung ke KIB dari Nonparlemen, Simak! Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Manuver partai dan aktor politik terus berlangsung menjelang Pemilu 2024. Mengenai hal ini, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan kedatangan parpol baru dalam barisan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah memprediksi partai yang akan bergabung KIB dari nonparlemen.  

Airlangga memberikan bocoran melalui pola warna bola Al Rihla atau bola yang dipakai di Piala Dunia 2022. Bola tersebut memiliki warna merah, putih dan biru. 

"Saat ini hanya PDIP dan PKS yang terlihat belum memastikan berpihak ke mana," kata Dedi dilansir dari AKURAT.CO, Jumat (2/12/2022). 

Baca Juga: 'Tsunami' Dukungan ke Anies Baswedan Bikin Puyeng Kubu Istana, Refly Harun Nggak Main-main: Dihadang Tambah Besar, Apalagi Kalau Dibiarkan!

Ia ragu jika dimaksud PDIP dengan mengusung duet Ganjar-Airlangga, sebab partai moncong putih itu belum tentu merelakan Puan Maharani begitu saja. 

"Untuk itu, meskipun ada potensi PDIP gabung ke KIB, tetapi besar kemungkinan maksud Airlangga adalah partai nonparlemen yang akan bergabung," ujar Dedi. 

Baca Juga: Jika Jadi Presiden, Proyek IKN Jokowi Bakal Diberangus? Jawabannya Sungguh Mengejutkan! Anies Baswedan: Kita Ingin Agar…

Sementara PKB juga belum bisa dipastikan tetap bersama Gerindra jika orientasi politik Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tidak terpenuhi. 

"Bukan tidak mungkin PKB secara mengejutkan berpihak ke Anies Baswedan bersama Nasdem," tukasnya.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan ke-32

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Akurat.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: