Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saat Hubungan Jokowi-JK Dingin, Orang Ini yang Jadi Korbannya: Nggak Ditegur!

Saat Hubungan Jokowi-JK Dingin, Orang Ini yang Jadi Korbannya: Nggak Ditegur! Kredit Foto: Suara.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ternyata, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla atau JK, sempat terlibat hubungan dingin. Hal itu diceritakan politisi senior PDIP, Panda Nababan.

Pada saat itu, jelas Panda, Andi Widjajanto selaku Sekretaris Kabinet menjadi kambing hitam di tengah hubungan dingin Jokowi dan JK.

Baca Juga: Paksa-paksa China Investasi Hingga Sodorkan IKN ke Joe Biden, Rocky Gerung Nyeletuk: Jokowi Ini Macam Sales Promotion

Panda menceritakan kala itu JK mengeluh kepadanya terkait pernyataan Jokowi. Jokowi mengatakan bahwa setiap keputusan presiden ataupun instruksi presiden itu harus dibacakan oleh wakil presiden sebelum ditandatangani. Akan tetapi, hal tersebut tidak dilaksanakan oleh Andi.

"Dalam pelaksanaannya Andi Widjajanto, Setkab nggak dikasih (keputusannya) ke JK, diteken presiden, presiden anggap sudah dibaca JK," kata Panda dalam Podcast Total Politik, dikutip Minggu (4/12/2022).

Panda yang mendengar soal itu langsung mengonfirmasi kepada Andi. Andi membenarkan perihal pernyataan Jokowi yang sempat disampaikan dalam sidang kabinet tersebut. Namun, Andi menggarisbawahi bahwa tidak ada aturan yang mewajibkan wakil presiden harus membaca keputusan presiden sebelum ditandatangani.

Baca Juga: Soal Utang Rp50 M, Pendukung Anies Heran Sandi Menjerit Seolah Dikhianati: Jahat Betul, Kalau Jadi Bahan Black Campaign

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: