Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Marketing?

Apa Itu Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Mailchimp
Warta Ekonomi, Jakarta -

Marketing atau pemasaran adalah kegiatan bisnis yang terkait dengan pembelian dan penjualan produk atau layanan. Marketing juga menjadi proses manajemen di mana produk dan layanan berpindah dari konsep ke pelanggan. Ini termasuk identifikasi suatu produk, menentukan permintaan, memutuskan harganya, dan memilih saluran distribusi. Ini juga termasuk mengembangkan dan menerapkan strategi promosi yang menggabungkan pemasaran keluar dan masuk.

Inti dari pemasaran adalah pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan dihargai pelanggan. Kesuksesan jangka panjang perusahaan bergantung pada mempelajari apa yang menjadi kebutuhan pelanggannya. 

Strategi pemasaran perusahaan harus menggabungkan semua tujuannya menjadi satu rencana yang terintegrasi dan komprehensif. Strategi pemasaran harus menggunakan data riset pasar. Perusahaan harus fokus pada bauran produk yang ideal untuk mencapai potensi keuntungan yang optimal. Campuran produk yang tepat juga penting untuk mempertahankan bisnis.

Baca Juga: Apa Itu Selling?

Pemasaran adalah bagian integral dari bisnis, dan dengan persaingan ketat yang ada di dunia bisnis, pemasaran memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan usaha.

Pemasaran melibatkan banyak langkah. Melalui kampanye yang efektif, pasar dipelajari pada awalnya. Dari survei, layanan atau produk yang dibutuhkan disajikan kepada konsumen dan strategi disiapkan untuk meningkatkan basis konsumen dan meningkatkan penjualan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan prospek.

Pemasaran mencakup promosi, iklan, dan penjualan produk dan layanan kepada konsumen.

Pemasaran adalah komponen kunci dari setiap usaha dan mencakup aspek-aspek seperti menulis deskripsi produk, merancang halaman situs web, meningkatkan layanan pelanggan, membangun segmen bisnis & pasar, serta melakukan riset pasar. Pemasaran melibatkan strategi yang membantu pertumbuhan usaha bisnis.

Menurut E.J. McCarthy, ada empat P yang merupakan pemasaran, yaitu:

1. Product (Produk)

Produk adalah akar dari pemasaran. Ini mengacu pada produk atau layanan yang ingin ditawarkan oleh usaha kepada pelanggannya. Sebelum menyiapkan kampanye suatu produk, seorang pemasar harus mengetahui seluk-beluk produk, bagaimana produk dapat digunakan, bagaimana dapat bermanfaat bagi konsumen dan lain sebagainya. Produk harus menjawab permintaan konsumen atau ketersediaan pasar.

2. Price (Harga)

Price atau harga adalah P pemasaran lainnya. Ini mengacu pada harga jual produk. Faktor-faktor seperti harga satuan biaya, biaya distribusi dan biaya pemasaran memainkan faktor penting ketika menentukan harga produk. Harga dari persaingan perusahaan dan permintaan konsumen juga menjadi pertimbangan saat memutuskan produk.

3. Place (Tempat)

P lain dari pemasaran adalah place atau tempat. Ini mengacu pada distribusi produk. Produk tersebut bisa dijual melalui fisik terdepan atau online.

4. Promotion (Promosi)

P terakhir dari pemasaran adalah promosi atau kampanye komunikasi pemasaran terpadu. Iklan, penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, promosi penjualan, pemasaran gerilya, dan sponsor termasuk dalam promosi.

Saat ini, pemasaran blog melibatkan promosi produk dengan merek untuk pelanggan potensial yang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi. Internet digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, kehadiran internet yang kuat atau pemasaran internet yang berat diperlukan untuk membantu pertumbuhan bisnis.

Banyak perusahaan menggunakan teknik pemasaran untuk mencapai tujuan mereka tanpa menyadarinya, karena mereka bekerja untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka. Hari ini, pemasaran adalah salah satu aspek kunci dari bisnis.

Pemasaran memerlukan pengembangan produk, riset pasar, distribusi produk, strategi penjualan, hubungan masyarakat, dan dukungan pelanggan. Pemasaran diperlukan dalam semua tahap perjalanan penjualan bisnis, dan dapat menggunakan banyak platform, saluran media sosial, dan tim dalam organisasi mereka untuk mengidentifikasi audiens mereka, berkomunikasi dengannya, memperkuat suaranya, dan membangun loyalitas merek dari waktu ke waktu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: