Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal Aplikasi CRM dan Manfaat dalam Bisnis

Mengenal Aplikasi CRM dan Manfaat dalam Bisnis Kredit Foto: Unsplash/Avel Chuklanov
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam sebuah bisnis tak selamanya berjalan dengan baik. Terkadang perusahaan harus menerima keluhan dari pelanggan yang tentunya harus dicarikan solusi. Selain itu masukan dari pelanggan bisa menjadi bahan evaluasi untuk mengembangkan bisnis.

Untuk menangani keluhan pelanggan, banyak perusahaan saat ini telah menerapkan CRM. Mungkin sebagian dari belum mengerti apa itu aplikasi CRM atau bisa juga disebut dengan customer relationship management.

Untuk mengelola CRM perusahaan maka kamu bisa menggunakan aplikasi CRM yang dikeluarkan oleh majoo Indonesia. Dalam aplikasi majoo memiliki beberapa fitur unggulan seperti membership dan loyalty, profil pembelian pelanggan, saldo deposit pelanggan, promo dan voucer hingga kampanye marketing.

1. Fitur Membership

Mencatat data lengkap pelanggan, nomer handphone, alamat dan tanggal lahir, riwayat transaksi pelanggan dan analisa interval kedatangan. Sementara itu, untuk poin dan penukaran bertujuan meningkatkan penjualan dengan memberikan loyalitas pelanggan berbentuk poin dalam setiap pembelian produk.

Semua itu dapat di kondisikan dengan adanya pembelian minimum, kelipatan tertentu, serta pemilihan jam dan hari. Poin yang didapat bisa ditukarkan kembali untuk pemberian produk atau konversi pembayaran.

Tak hanya itu, ada juga fitur untuk mengatur harga khusus bagi pelanggan. Loyalitas pelanggan berupa harga khusus juga dapat atur untuk diberikan kepada pelanggan atau group komunitas yang dipilih.

2. Fitur Profil Pembelian Pelanggan

Dalam bisnis mengetahui profil setiap pembeli atau pelanggan sangat penting. Data berupa waktu terakhir pembelian, rata rata pembelian, serta rata rata kunjungan per bulan. Hal ini dapat digunakan untuk menganalisa dan membuat kampanye marketing kepada pelaggan tetap.

Dengan adanya fitur itu semua maka akan meningkatkan kepuasan layanan. Apabila struk dikirimkan email, pelanggan dapat memberi feedback tingkat kepuasan layanan dan tersedia laporan lengkap untuk menjadi peningkatan kualitas layanan pelanggan.

3. Fitur Saldo Deposit Pelanggan

Dalam fitur ini mememungkinkan pelanggan untuk menyimpan saldo uang untuk transaksi berikutnya. Bahkan kamu bisa mengatur masa berlakunya dan akan dipotong secara otomatis ketika kamu melakukan pembayaran.

4. Fitur Promo dan Voucher

Hal yang penting dalam sebuah strategi bisnis adalah melakukan promo bisa berbentuk membagikan voucer kepada pelangan. Berbagai macam kombinasi promo dapat dilakukan berupa potongan harga atau pemberian bonus produk, dengan pengaturan syarat berdasarkan hari dan jam tertentu, minimum pembelian, dan lainnya.

Dengan voucher maka kamu bisa meningkatkan penjualan. Voucher bisa digunakan untuk diskon dan kode voucher bisa dihasilkan untuk satu kode maupun banyak kode yang berbeda serta berbatas waktu.

5. Fitur Kampanye Marketing

Salah satu faktor penting untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan kampaye marketing. Nah dalam aplikasi kasir majoo telah disediakan fitur kampanye marketing dengan mengirim SMS campaign ke daftar nomer pelanggan maupun nomer lain untuk memanggil pelanggan datang kembali maupun mempromosikan produk baru.

Jika tidak melalui sms, maka kamu juga bisa melakukan hal yang sama melalui email kepada pelanggan, sehingga kamu tidak bingung lagi untuk selalu memberikan informasi terbaru terkait produk usaha yang kamu bangun.

Mengenal aplikasi CRM

CRM atau customer relationship management atau jika diterjemahkan menjadi manajamen hubungan pelanggan. merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis untuk merujuk pada penggunaan aplikasi yang menyediakan layanan pelaporan pelanggan.

Tentunya dalam bisnis apapun yang berjalan, akan selalu ada keluhan dari pelanggan yang tidak puas dengan pelayanan atau produk yang diberikan. Saat ini, dekat dengan pelanggan adalah hal yang penting. Bagaimana tidak, jika keluhan pelanggan tidak ditanggapi, pelanggan akan lari dan mencari produk sejenis dari kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik.

Tips Memilih Aplikasi CRM

Jika kamu memulai dan menjalankan bisnis, aplikasi CRM harus disertakan dalam penyiapan. Aplikasi ini akan membantu dalam memasarkan setiap aspek bisnis kamu. Jenis aplikasi apa yang tepat untuk bisnis kamu?

Kita tidak dapat sembarangan memilih perangkat atau aplikasi tanpa memahami apa kebutuhan kita dan bagaimana hal itu akan memenuhinya. Jadi, langkah-langkah ini semoga dapat membantu kamu menemukan aplikasi CRM yang tepat.

1. Apa tujuan dalam menggunakan aplikasi CRM?

Sebagai pengusaha, silakan gunakan aplikasi CRM untuk mencapai beberapa tujuan kamu. Memahami semua tujuan akan membuat pemilihan aplikasi menjadi lebih mudah. Sasaran ini mencakup layanan prospek, basis pelanggan, peluang, manajemen hubungan pelanggan, operasi bisnis, menghasilkan nilai bisnis, meningkatkan produktivitas, dan banyak lagi.

2. Bagaimana cara implementasi aplikasi?

Aplikasi CRM yang baik berarti dapat dilakukan dengan segera. Atau setidaknya, tidak butuh waktu lama untuk melakukan perubahan pada fitur dan fungsionalitas aplikasi. Mungkin kamu memerlukan semacam konsultan untuk menyelenggarakan pelatihan khusus bagi perusahaan tertentu untuk mengoperasikan aplikasi ini.

3. Sosialisasi sistem CRM

Aplikasi CRM ini harus diintegrasikan terlebih dahulu dengan tim perusahaan kamu. Namun, kehadiran aplikasi atau perangkat lunak untuk operasional bisnis dapat menimbulkan berbagai konflik di beberapa kalangan, terutama bagian penjualan.

Alasannya, dikhawatirkan sebagian pekerjaan mereka diambil alih oleh sistem. Peran kamu sebagai manajer bisnis adalah memperbarui aplikasi CRM dan, jika perlu, melibatkan tim yang merasa posisinya berisiko.

4. Tingkat Mobilitas

Perangkat lunak atau aplikasi CRM dimaksudkan untuk mendukung lalu lintas. Oleh karena itu, aplikasi ini akan dapat bekerja dari berbagai jenis perangkat, terutama yang bekerja di luar karena akan berinteraksi atau bertemu pelanggan baru.

5. Customisasi Aplikasi

Apakah aplikasi ini dapat dengan mudah dikustomisasi agar lebih mudah digunakan? Sebagian besar waktu, sudah ada aplikasi bagus yang disiapkan untuk ini. Selain itu, jenis usahanya berbeda dan berbeda, sehingga metode yang digunakan pun tidak sama.

Kamu dapat memeriksa fitur-fitur dalam aplikasi CRM ini dan melihat langsung apakah itu sesuai dengan kebutuhan usaha kamu.

6. Kompatibilitas

Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan kualitas. Jangan sampai saat menggunakan aplikasi ini ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan, atau jika mempengaruhi kinerja alat bisnis lain yang digunakan.

Untungnya, saat ini sudah banyak pembaruan dan peningkatan pada model sistem yang terhubung dengan API dengan kualitas yang terjamin. Namun kamu tetap harus memeriksa kompatibilitas aplikasi ini untuk model bisnis kamu.

7. Akses dan versi demo

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang aplikasi CRM ini, carilah yang menawarkan versi demo. Mendapatkan versi demo akan membantu kamu membiasakan diri dengan aplikasi dan membiasakan diri dengan semua fitur yang tersedia.

Dari versi demonya, kamu juga bisa mengetahui apakah aplikasi ini kompatibel dengan sistem yang kamu gunakan. Kamu juga dapat membandingkan pro dan kontra dari aplikasi sebelum memilihnya.

8. Fitur Laporan

Aplikasi harus memiliki fungsi pelaporan dengan informasi lengkap tentang perusahaan kamu dan hubungannya dengan semua pelanggan terdaftar. Semua informasi dalam data secara otomatis diperbarui secara otomatis, yang akan berperan besar dalam menunjukkan nilai keuntungan, kemungkinan kerugian, dan memastikan bahwa semua tujuan dapat tercapai dalam waktu yang ditentukan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: