Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimalisasi Sumber EBT Diperlukan Teknologi Super Grid

Optimalisasi Sumber EBT Diperlukan Teknologi Super Grid Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wanhar mengatakan untuk mengoptimalkan potensi energi terbarukan diperlukan pengembangan teknologi Super Grid

Menurutnya, perkuatan jaringan dengan interkoneksi melalui Super Grid merupakan kunci untuk meningkatkan penetrasi energi baru terbarukan melalui sharing resources.

"Transisi energi tidak akan terjadi tanpa didukung oleh jaringan transmisi yang handal, Super Grid merupakan faktor kunci untuk mencapai zero emission di sektor tenaga listrik," ujar Wanhar dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (9/10/2023). 

Baca Juga: Semakin Serius, Begini Jurus Transisi Energi Indonesia Menuju Net Zero Emission

Selain dibutuhkan teknologi, Wanhar berharap dunia pendidikan dapat mendukung transisi energi dengan mempersiapkan SDM yang mumpuni dalam penerapan teknologi yang lebih modern.

Khususnya dalam meningkatkan perkuatan jaringan tenaga listrik dengan penyediaan materi pembelajaran yang lebih mutakhir, termasuk modul-modul pelajaran yang selaras dengan pengembangan teknologi ketenagalistrikan di Indonesia.

"Kami berterima kasih atas penyelenggaraan kuliah umum ini, melihat dari antusiasme mahasiswa yang merupakan wujud dari semangat kolaborasi dan dedikasi untuk terus memajukan sektor ketenagalistrikan," ucapnya. 

Baca Juga: Kolaborasi Pemanfaatan Gas Suar PetroChina Jabung, Langkah Maju Mendukung Net Zero Emission

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: