Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Agar Banjir Pesanan, Ikuti 4 Tips Sukses Berjualan di Toko Online Berikut Ini

Agar Banjir Pesanan, Ikuti 4 Tips Sukses Berjualan di Toko Online Berikut Ini Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mendekati tanggal kembar pada tiap bulan, misalnya 8.8, 9.9, dan seterusnya, biasanya beberapa platform e-commerce memberikan diskon besar-besaran yang memikat hati konsumen untuk membeli produknya.

Maka dari itu, untuk meraih hati konsumen, khususnya ketika berjualan online di platform e-commerce, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan lantaran tidak mudah menggaet hati konsumen.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips untuk menarik hati konsumen sehingga menaikkan prospek penjualan online kalian.

Baca Juga: S3 Belanja dari Allofresh, Shopping Penuh Diskon Sambil Rebahan Saja

Selalu Pahami Kebutuhan Pelanggan

Salah satu kunci utama dalam membangun bisnis yang berkelanjutan di era digital tak lain adalah beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini selaras dengan hasil riset Salesforce pada tahun 2023 yang menyatakan bahwa sebanyak 65% pelanggan berharap penjual mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan preferensi mereka yang terus berubah.

Misalnya, apabila mayoritas pelanggan merupakan perempuan dan ibu rumah tangga, maka penjual bisa menyediakan lebih banyak variasi produk seperti kebutuhan rumah tangga, perlengkapan sekolah, kebutuhan dapur hingga mainan anak. Dengan demikian, toko bisa berkembang lebih cepat serta memenuhi pasar yang lebih luas.

Rutin Evaluasi Toko

Selalu lakukan evaluasi toko secara rutin. Misalnya, mengecek apakah harga barang di toko sesuai dan bisa bersaing dengan pasar, apakah variasi produk bervariasi, apakah produknya masih tersedia dan sudah di-update, serta apakah sudah ada penawaran terbaik yang diberikan kepada pelanggan. 

Kegiatan evaluasi ini juga termasuk memperhatikan kata kunci yang digunakan untuk memastikan toko tetap muncul di halaman pertama ketika konsumen mencari produk atau kebutuhan tertentu.

Harapan dari dilakukannya evaluasi toko secara rutin adalah penjual bisa segera melakukan intervensi agar tidak mengalami kerugian apabila terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan. Seperti jika ada produk yang kurang laku, maka penjual bisa mencoba melakukan bundling untuk meningkatkan penjualan.

Pentingnya Menjaga Kepercayaan Konsumen

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PwC yang bertajuk “Voice of the Consumer” pada bulan Juni 2024 lalu, sebanyak 39% pelanggan memilih penjual yang menawarkan harga sepadan dan 25% pelanggan loyal pada penjual dengan reputasi yang baik. Maka dari itu, upayakan selalu jaga kepercayaan konsumen yang berbelanja di toko. 

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Online dari Nol, Ikuti Langkah-langkah Penting Ini!

Menjaga kepercayaan konsumen dapat membantu membangun bisnis yang berkelanjutan. Apalagi, dengan sistem afiliasi yang belakangan ini digemari dan populer di kalangan masyarakat. Kenaikan penjualan ini dapat tercipta berkat hubungan yang baik dengan konsumen.

Jangan Pernah Berhenti Belajar

Menjadi seorang penjual, apalagi di platform e-commerce dengan banyak persaingan, tentu ada baiknya untuk terus belajar. Hal yang bisa dipelajari adalah strategi bisnis, analisis pasar, pemasaran, hingga optimalisasi algoritma untuk kemajuan bisnis. Hal ini perlu dilakukan mengingat ada banyak fitur dalam e-commerce yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan.

Fitur-fitur tersebut juga bisa membantu penjual meningkatkan performa toko sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Bergabung dengan komunitas penjual lain juga tidak ada salahnya untuk saling membantu dan berbagi ilmu.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Uswah Hasanah
Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: