Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Societe Generale, Perbankan Sepuh Prancis yang Usahanya Lagi Goyah

        Kisah Perusahaan Raksasa: Societe Generale, Perbankan Sepuh Prancis yang Usahanya Lagi Goyah Kredit Foto: Bloomberg/Jason Alden
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Societe Generale SA atau suka disebut SocGen adalah bank investasi dan perusahaan jasa keuangan multinasional asal Prancis. Didirikan tahun 1864, perusahaan ini telah sukses mencantumkan namanya dalam jajaran perusahaan raksasa dunia versi Global 500 Fortune.

        Societe Generale pada 2020 mencatatkan keuangannya relatif mengecewakan. Pendapatannya di tahun itu turun 2,6 persen dari 58,39 miliar dolar AS menjadi 56,58 miliar dolar AS. Alhasil, posisi perusahaan keuangan itu turun dari posisi 174 ke 192 dunia.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Yang Lain Kesulitan, BUMN Pertahanan China Poly Lagi Dulang Cuan Besar

        Sudah tidak memperoleh penjualan yang apik, Societe generale juga terpaksa merugi hingga 20,3 persen. Dengan begitu, perbankan Prancis ini hanya berhasil membukukan laba sebesar 3,63 miliar dolar AS.

        Sementara itu, perusahaan ini adalah bank terbesar ketiga di Prancis berdasarkan total aset, yakni 1,52 triliun dolar AS. Ia menjadi yang terbesar ketujuh di Eropa atau ketujuh belas berdasar pada kapitalisasi pasar yaitu 17,65 miliar dolar.

        Bagaimana kisah Societe Generale, salah satu perbankan tertua di Prancis, yang menyandang status perusahaan raksasa dunia. Berikut Warta Ekonomi pada Senin (31/5/2021) akan mengulas kisahnya dalam artikel ringkas sebagai berikut.

        Pada tahun 1864, ketika Prancis berada di tengah-tengah revolusi industrinya, raja baja Joseph Schneider bersama dengan sekelompok bankir swasta Paris membentuk Société pour Favoriser le Développement du Commerce et de l'Industrie en France SA. Anggota keluarga Schneider lainnya, Eugene, adalah presiden pertama bank itu.

        Bank membuka cabang pertamanya pada tahun 1864, di Bordeaux. Tahun berikutnya dibuka sembilan lagi di kota-kota lain, termasuk Orleans, Lyons, Tours, dan Toulouse. Tahun berikutnya beberapa cabang lagi dibuka, di antaranya di Lille, Marseilles, Nantes, dan Rennes.

        Pada 1869 dan 1870, Société Générale membuka cabang di dua kota penting bagi industri logam, St. Etienne dan Clermont-Ferrand. Pada tahun 1871, bank membuka cabang asing pertamanya, di London.

        Lebih lanjut, Desember 1945, empat bank simpanan terbesar di Prancis, termasuk Société Générale, dinasionalisasi. Pemegang saham Société Générale sepatutnya dibeli oleh pemerintah, dan perusahaan tersebut menjadi bank yang dikendalikan negara.

        Setelah Perang Dunia II, ada kecenderungan perbankan menuju ekspansi internasional. Meskipun Société Générale enggan bergabung dengan gerakan ini, pada tahun 1955 ia memiliki 35 cabang yang tersebar di Aljazair dan koloni Prancis lainnya dan di beberapa negara asing.

        Selanjutnya, pada awal 1960-an, prospek ekspansi domestik semakin dibatasi untuk bank-bank seperti Société Générale ketika pemerintah memberlakukan plafon pinjaman yang sangat ketat pada sistem keuangan dalam upayanya untuk mengurangi inflasi. Langkah ini memaksa bank untuk mencari jalan ekspansi selain dari bank simpanan tradisional.

        Banyak dari mereka memasuki pasar eurodollar; yang lainnya terjun ke perbankan pedagang atau perbankan luar negeri yang ekstensif. Société Générale adalah salah satu orang pertama yang mulai berurusan dengan eurocurrency.

        Masih pada 1960-an, Prancis menikmati periode pertumbuhan ekonomi yang kuat, saat memasuki Komunitas Ekonomi Eropa, dan ekspornya meningkat pesat. Pada tahun 1968, negara mendorong bank untuk mendiversifikasi peran mereka, terutama di bidang pembangunan perumahan. Tahun itu, Société Générale berencana mendirikan perusahaan perbankan di Amerika Serikat yang disebut Sogen International Corporation. Selain itu, bank terus berekspansi secara internasional dengan fokus pada perdagangan komersial dan valuta asing.

        Pada gilirannya, Société Générale juga salah satu pemberi pinjaman utama dalam sindikat asing yang meminjamkan eurodolar ke Bank Nasional San Diego (Nasional AS) yang gagal pada tahun 1973. Ketika Nasional AS gagal, Société Générale kehilangan 7,5 juta dolar AS.

        Pada tahun 1978, Société Générale memulai program ekspansi luar negeri yang besar. Tahun itu bank membuka cabang di New York, dan pada 1979 membuka cabang di Amerika Latin dan Asia. Pada 1979 juga dibentuk grup perbankan baru dalam upaya bersama dengan National Bank of Egypt, dan terus mencari cara untuk tumbuh di Timur Tengah. Saat itu, bank tersebut telah memiliki 200 cabang luar negeri di 60 negara.

        Di 1979, undang-undang baru mengizinkan Société Générale untuk menambah modalnya tanpa campur tangan pemerintah, meskipun pada saat itu pemerintah masih memiliki 92 persen saham bank tersebut. Tahun berikutnya, Société Générale adalah perusahaan yang dinasionalisasi pertama yang meningkatkan sebagian besar modalnya di pasar saham, dan pada tahun 1980 saham pemerintah turun menjadi 87 persen.

        Meskipun bank tersebut sangat sukses di Prancis, operasi internasionalnya gagal, situasi yang disalahkan oleh beberapa ahli atas keterlambatan bank tersebut masuk ke perbankan korporat internasional. Société Générale pour Favoriser le Développement du Commerce et de l'Industrie en France secara resmi mempersingkat namanya menjadi Société Générale di 1983.

        Pada tahun 1984, operasi internasional mengalami kerugian 2,4 juta dolar AS. Namun, pada tahun 1985 bank mulai memfokuskan kembali operasi internasionalnya dengan lebih berkonsentrasi pada kegiatan grosir dan keuangan serta pembiayaan khusus.

        Di tahun-tahun berikutnya, Société Générale Group telah berfokus pada pengembangan aktivitasnya di sekitar tiga bisnis inti melalui kombinasi pertumbuhan organik dan akuisisi.

        Pada awal 1990-an, anak perusahaan Senegal dari Société Générale bekerja sama dengan produsen makanan olahan Swiss Nestlé untuk secara ilegal merampas aset real estate Perusahaan Industri Produk Susu (SIPL), sehingga menyebabkan perusahaan susu tersebut bangkrut. 

        Perbankan Ritel diperkuat pada tahun 1997 melalui akuisisi Crédit du Nord, menyoroti tekad Grup untuk memanfaatkan restrukturisasi sistem perbankan Prancis. Pada saat yang sama, Société Générale berupaya mengamankan loyalitas jangka panjang pelanggannya (peluncuran "satu nomor rekening seumur hidup" dan pengenalan Jazz, paket penawaran layanan). Pada tahun 1999 ia menandatangani perjanjian merger dengan bank saingan Paribas, tetapi ini dibatalkan oleh pesaing, Banque Nationale de Paris (BNP).

        Pada tahun 1998 Société Générale membayar 540 juta dolar AS tunai untuk mengakuisisi Cowen & Company, sebuah bank investasi New York yang mengkhususkan diri dalam industri perawatan kesehatan, teknologi dan komunikasi. 

        Belakangan, pada Agustus 2020, dilaporkan bahwa Société Générale mengalami kerugian 1,26 miliar euro selama kuartal fiskal kedua tahun 2020. Itu adalah kinerja kuartalan terlemah bank sejak Kerviel Fraud 2008. Akibatnya, Séverin Cabannes, kepala bisnis perbankan dan solusi investor global bank, akan pensiun pada 2021 dan meninggalkan tempatnya pada akhir tahun ini. Selain itu, Philippe Heim, yang menjabat sebagai kepala perbankan ritel internasional, layanan keuangan, dan asuransi, juga akan segera mengosongkan posisinya sebagai wakil kepala eksekutif.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: