Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Catat! Tips Sederhana Mengurangi Risiko dan Dampak Hipertensi

        Catat! Tips Sederhana Mengurangi Risiko dan Dampak Hipertensi Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mencegah masalah kesehatan tertentu adalah hal yang harus Anda pertimbangkan saat ini. Ada beberapa kondisi atau masalah kesehatan yang jika telah terdeteksi pada tubuh Anda, dapat menyebabkan dampak turunan atau komplikasi.

        Hipertensi adalah salah satu masalah atau kondisi kesehatan yang Anda tidak boleh menganggap enteng.

        Mengutip laman kesehatan Mayo Clinic, Hipertensi atau Tekanan darah ditentukan baik oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri Anda.\

        Baca Juga: Yuk Lebih Peduli! Gangguan Kejiwaan Memiliki Keterkaitan dengan Risiko Diabetes Tipe 2

        Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, semakin tinggi tekanan darah Anda. Pembacaan tekanan darah diberikan dalam milimeter air raksa (mm Hg).

        Tentu dengan kondisi tersebut, Hipertensi dapat melahirkan masalah kesehatan lainnya. Di antara dampak turunan dari hipertensi bahkan bisa berisiko menyebabkan kematian.

        Atas dasar itu, penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak terkena atau paling tidak mengurangi dampak dari Hipertensi ini.

        Melansir laman kesehatan Healthline, berikut tips atau cara sederhana untuk mengurangi risiko atau dampak Hipertensi.

        Tambahkan buah dan sayuran dalam menu makanan

        Perlahan tingkatkan cara Anda untuk makan lebih banyak porsi buah dan sayur yang menyehatkan jantung. Dengan secara bertahap, dimaksudkan agar Anda terbiasa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan jantung Anda.

        Batasi gula tambahan

        Cobalah untuk membatasi jumlah makanan yang dimaniskan dengan gula, seperti yogurt rasa, sereal, dan soda, yang Anda makan setiap hari. Makanan kemasan menyembunyikan gula yang tidak perlu, jadi pastikan untuk membaca labelnya.

        Kurangi asupan natrium

        Orang yang hidup dengan hipertensi dan mereka yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung mungkin disarankan oleh dokter mereka untuk menjaga asupan natrium harian mereka antara 1.500 miligram dan 2.300 miligram per hari.

        Baca Juga: Ternyata Oh Ternyata... Diabetes Juga Bisa Merujuk pada Masalah Penyakit Kanker Pankreas, Kok Bisa?

        Cara terbaik untuk mengurangi sodium adalah memasak makanan segar lebih sering dan membatasi jumlah makanan cepat saji atau makanan kemasan yang Anda makan, yang terkadang bisa sangat tinggi sodium.

        Tetapkan tujuan penurunan berat badan

        Jika dokter Anda merekomendasikan Anda untuk menurunkan berat badan, bicarakan dengan mereka tentang tujuan penurunan berat badan yang optimal untuk Anda. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan tujuan penurunan berat badan satu hingga dua pon seminggu. Hal ini dapat dicapai melalui diet yang lebih bergizi dan peningkatan latihan fisik.

        Mempekerjakan bantuan pelatih atau aplikasi kebugaran, dan bahkan mungkin ahli gizi, adalah semua metode untuk membantu Anda mempelajari cara membuat pilihan terbaik untuk tubuh dan gaya hidup Anda.

        Pantau tekanan darah Anda secara teratur

        Cara terbaik untuk mencegah komplikasi dan menghindari masalah adalah dengan mengenali hipertensi sejak dini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: