Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemkot Balikpapan Tawarkan Pengusaha Manfaatkan Direct Call Pelabuhan KKT

Pemkot Balikpapan Tawarkan Pengusaha Manfaatkan Direct Call Pelabuhan KKT Kredit Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Warta Ekonomi, Balikpapan -

Pemerintah kota Balikpapan menawarkan kepada pemerintah dan pengusaha Kabupaten Mamaju untuk memanfaatkan keberadaan pelabuhan peti kemas Kaltim Terminal Kontainer yang berada di wilayah Balikpapan kawasan Industru Kariangau.

Hal itu disampaikan Wakil Wali kota Rahmad Mas'ud saat meneirma rombongan DPRD Kabuapten Mamuju di Pemkot Balikpapan Senin (5/2/2018).

Rahmad mengklaim keberadaan pelabuhan KKT ini merupakan satu-satunya pelabuhan internasional di laut di Kalimantan yang memiliki posisi dan akses strategis karena berada di pinggir lautan. “Sementara ini hanya ada di Balikppan pelabuhan laut internasional. Bulan kemarin PT Pelindo itu direct call ekspor. Ini  bisa dimanfaatkan dengan mamuju yang kaya hasil alamnya kakao, kelapa sawit, ada tempurung yang diekspor, rumput laut,” ujarnya.

Rahmad  mengakui keberadaan direck call pelabuhan KKT yang dikelola pelindo ini sudah dikomukasikan dengan pemerintah provinsi termasuk Sulbar, agar dapat memanfaatkan keberadaan pelabuhan internasional ini.

“Pemerintah dan pengusaha di Mamuju silakan manfaatkan keberadaan pelabuhan KKT kita yang sudah direct call. Selama inikan memakai Makasar yang jaraknya 200 mil atau Surabaya yang terlalu jauh. Jalur laut ke Balikpapan lebih dekat hanya hanya 120 mil. Dari sisi biaya dan efiseiensi waktu tentu lebih baik kalau ke Balikpapan,” ujarnya.

Wawali menambahkan pihaknya akan mengawal potensi yang dapat dikerjasamakan antara daerah. Karena selama ini, kota Balikpapan pun begantung pada kebuthan dari luar termasuk beras dari Sulbar dan Mamuju serta Sulawesi.

Apalagi wali kota sudah meminta agar persoalan ekononmi dan potensi bisnis Balikpapan dengan daerah lain dapat diciptakan guna memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat di daerah.

 

“kita sudah punya banyak pengalaman kerjasama ekonomi dengan masyarakat Mamuju, Balikpapan, Palu. Tentu kita ingin kerjasama ini lebih baik lagi dan saling menguntungkan,” pungkasnya.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Andi Aliev
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua