Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arab Saudi Punya Slogan Haji yang Baru Nih

Arab Saudi Punya Slogan Haji yang Baru Nih Kredit Foto: Reuters/Via The Jerusalem Post
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Informasi Kerajaan Arab Saudi meluncurkan slogan Haji 1439 Hijriyah (2018) "the World in the Heart of the Kingdom" atau "Dunia Di Jantung Kerajaan" serta sebuah logo berbentuk sederhana yang mencerminkan ritual ibadah haji.

Slogan sekaligus identitas baru haji tersebut merupakan bagian dari rencana strategis media yang komprehensif dari Kementerian Informasi Kerajaan, kata juru bicara Kementerian Informasi dan Direktur Jenderal Pusat Komunikasi Pemerintah, Dr. Abdullah bin Ahmed Al-Mughlout kepada Antara melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu (28/7/2018).

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menyiapkan berbagai fasilitas dengan teknologi yang paling mutakhir guna menyambut jamaah haji dari seluruh dunia yang jumlahnya tahun ini mencapai tiga juta jiwa dan menjadikan setiap proses ibadah haji mereka dapat berjalan seaman dan senyaman mungkin.

Abdullah mengatakan persiapan tersebut merupakan tanggung jawab besar Kerajaan Arab Saudi yang harus dipenuhi bagi seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia. Slogan dan identitas baru Haji 1439 Hijriyah tersebut juga disertai dengan logo yang berbentuk sederhana namun sarat akan makna karena mencerminkan beberapa ritual haji.

Logo tersebut menampilkan sebuah bentuk persegi hitam yang menggambarkan ka'bah. Logo ini juga menampilkan kiblat (arah sholat) dan tercermin dalam rotasi logo yang mirip dengan rotasi kompas. Garis-garis melingkar dan bentuk persegi, serta sentralitas situs Mekkah, tercermin dari gambar komprehensif logo yang menunjukkan bahwa Mekkah di jantung dunia.

Sementara tanah di lengkungan bagian atas, yang mirip dengan sinyal penerimaan jaringan komunikasi, serta pohon kurma yang merupakan salah satu lambang Kerajaan mencerminkan aspek medis dan budaya Kerajaan muncul pada garis lengkung logo.

Menurut Abdullah, identitas baru tersebut salah satu gagasan dari Kementerian Informasi dalam rencana haji. Logo tersebut terinspirasi dari semangat dari jamaah haji seluruh dunia yang datang ke Tanah Suci. Dia menambahkan bahwa logo yang menggambarkan ritual suci haji dirancang oleh sekelompok anak muda Saudi yang kreatif.

Identitas baru haji tersebut akan digunakan pada platform digital dan situs dalam jaringan, di surat kabar dan media, dan disebarluaskan melalui pesan media, video, publikasi dan berbagai media lainnya. Kementerian Informasi mendukung kerja lembaga Pemerintah Kerajaan sebagai bagian dari upaya mencapai Visi Kerajaan 2030. (HYS/Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Hafit Yudi Suprobo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: