Keberlangsungan industri perhotelan bergantung pada seberapa baik manajemen mengakomodasi kebutuhan para tamu. Tetapi, bagaimana caranya melacak apakah manajemen berhasil memenuhi ekspektasi dari tamu?
Jika menggunakan cara konvensional, percayalah, Anda tidak akan mengetahui apapun. Ini adalah waktu yang tepat untuk beralih ke software CRM yang membantu Anda terhubung dengan tamu atau calon tamu secara mudah. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat sistem CRM untuk hotel!
1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Sistem CRM mencatat transaksi semua tamu dan pola pembelanjaannya (behavioral information) di seluruh area hotel. Anda dapat membuat profil tamu dengan informasi yang spesifik mulai dari demografi, preferensi, asal pasar mereka, lokasi yang dikunjungi, bahkan hingga restoran atau pengharum ruangan yang mereka suka.
Dengan data ini, Anda dapat memberikan pengalaman yang personal sehingga meningkatkan retensi dan loyalitas mereka.
Dengan CRM Software untuk perhotelan, manajemen dapat meningkatkan pendapatan dengan melakukan penyesuaian terhadap jenis layanan, kenyamanan, harga, kualitas pelayanan, dan lainnya.
2. Memahami Ketertarikan Pelanggan
Sistem CRM tidak hanya merekam apa saja yang tamu konsumsi selama menginap di kamar hotel Anda, tapi juga mencatat pembelanjaan mereka di area lain. Transaksi di restoran, bar, spa, golf, toko souvenir, dan transportasi juga merupakan data yang berharga untuk manajemen.
Anda dapat menentukan seberapa potensial tamu-tamu tersebut. Tentu saja semakin tinggi nilai transaksi, semakin berharga tamu tersebut. Dari data tersebut, Anda bisa memperlebar pencarian seperti dari kategori mana tamu tersebut berasal untuk mengidentifikasi dan mengakuisisi pelanggan serupa.
3. Mengelola Marketing Secara Efektif
Data pola pembelanjaan tamu juga dapat dipakai untuk strategi marketing berbasis interest. Segmen data tersebut dapat dipadukan dengan analisis pemesanan kamar di periode sebelumnya berdasarkan tanggal, musim liburan, atau lainnya sekaligus dengan merekomendasikan harga yang sekiranya akan mendatangkan banyak tamu.
Jadi, daripada mengirimkan promosi bulanan melalui newsletter ke semua kontak Anda, lebih baik beralih ke strategi marketing yang spesifik dan dipersonalisasi. Ini artinya, Anda akan mengirimkan pesan, di waktu yang tepat, ke penerima yang tepat, melalui media yang tepat dengan penawaran harga yang tepat. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya pemasaran hotel dengan konversi yang lebih tinggi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: