Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: State Farm Insurance, Pebisnis Asuransi AS yang Lahir dari Tangan Petani

Kisah Perusahaan Raksasa: State Farm Insurance, Pebisnis Asuransi AS yang Lahir dari Tangan Petani Kredit Foto: Getty Images
Warta Ekonomi, Jakarta -

State Farm Insurance adalah perusahaan asuransi papan atas yang berkantor pusat di Illinois, Amerika Serikat. Mengandalkan asuransi properti, mobil dan kecelakaan, bisnis asuransi milik perusahan dalam bidang ini menjadi salah satu yang terbesar.

State Farm berperan sebagai kontributor ekonomi utama bagi ekonomi lokal yang stabil dan dinamis. Perusahaan juga merupakan kontributor utama bagi banyak organisasi atau komunitas nirlaba. Tujuannya dengan membantu komunitas itu membangun organisasi yang lebih aman, kuat, dan terdidik.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Eni, Taipan Minyak Supermajor dengan Kapitalisasi Pasar USD55 Miliar

Perusahaan asuransi mobil terbesar di AS mengalami beberapa hambatan pada 2019. State Farm mengalami kerugian pada divisi otomotifnya di tahun ini. Penyebabnya karena turunnya premi dan meningkatnya klaim secara signifikan.

Dalam catatan Fortune Global 500, keuntungan tahunan secara keseluruhan turun 36,4 persen dari 2019 menjadi 5,6 miliar dolar AS. Namun, perusahaan yang berbasis di Illinois berusia 98 tahun itu masih menghasilkan pendapatan 79,4 miliar dengan penurunan 2,9 persen. 

Sebagai salah satu perusahaan terkaya berdasar pendapatan yang duduk di peringkat ke-114, klaim nasabah di masa pandemi menurun. Dengan catatan pada 2020, aset perusahaan yang dikelola mencapai 294,8 miliar dolar, sedangkan total ekuitasnya di angka 116,2 miliar dolar.

Lebih lanjut, berikut ulasan ringkas Warta Ekonomi, Rabu (27/1/2021) soal kisah perusahaan raksasa State Farm Insurance dalam artikel berikut ini.

State Farm dibentuk pada 1922 oleh seorang petani lokal bernama George Mecherle, sebagai perusahaan asuransi bersama. George adalah seorang petani, profesi yang sama dengan orang tuanya yang bermigrasi ke AS dari Jerman pada awal tahun 1880-an. 

George mulai menjual asuransi dengan perusahaan asuransi bermarkas di Bloomington, Illinois setelah dia berhenti bertani. Menjalankan pertaniannya sendiri membantunya menjadi pemikir kreatif, sebab dia selalu mencari cara untuk menjalankan pertaniannya dengan lebih baik.

Tak heran, George memutuskan untuk memulai perusahaannya sendiri. Dia mengambil ide awalnya untuk menyediakan asuransi dengan biaya lebih rendah bagi petani dan orang yang tinggal di luar kota bersamanya untuk memulai perusahaannya sendiri, dan mulai menjual asuransi kepada petani dan pemilik mobil pedesaan.

Ide awal George Mecherle untuk menjual asuransi dengan biaya lebih rendah kepada orang-orang yang berisiko lebih rendah tampaknya masuk akal sekarang, tetapi itu baru dan inovatif pada saat itu. Ketika George pertama kali mulai menjual asuransi, industri asuransi lainnya tidak menggunakan gagasan penyesuaian tarif berdasarkan karakteristik risiko, semuanya hanya dilemparkan ke dalam satu kelompok. Hal ini membuat asuransi bagi petani dan penduduk pedesaan menjadi mahal.

Perspektif George membuka ide baru dalam asuransi yang tidak digunakan sebelumnya. Ini membantunya mengembangkan bisnis asuransi awalnya.

George membentuk perusahaan bersama, yang awalnya berkonsentrasi pada pengemudi pedesaan dan kota kecil yang, biasanya, mengalami lebih sedikit kecelakaan dan lebih murah untuk mengasuransinya. Dia mampu menjual lebih banyak polis daripada pesaingnya karena orang memiliki gagasan dasar yang sama bahwa mereka harus dikenakan tarif lebih rendah dari tarif kota besar.

State Farm juga menjadi pionir dan inovator dalam banyak konsep asuransi dan mengolah ide-ide mereka sendiri. Meskipun konsep, inovasi, dan ide perintis telah berubah seiring berjalannya waktu, semangat inovasi tetap hidup.

Pada akhir 1960-an, perusahaan mulai merangkul era komputer yang baru saja dimulai. Komputer membantu menurunkan biaya dengan melakukan beberapa pekerjaan lebih cepat dan efisien daripada yang dapat ditangani secara manual.

Investasi ini, dan perhatian yang diberikan State Farm kepada pelanggannya membantunya bertahan dan berkembang ketika perusahaan lain mengalami kesulitan besar pada saat itu.

State Farm terus beradaptasi dengan teknologi dan kebutuhan pelanggan saat itu, State Farm selalu berusaha menjadi "tetangga yang baik". Sikap "tetangga yang baik" ini membantu State Farm terus berkembang.

Ada periode ketika State Farm mengalami kerugian underwriting yang besar, yaitu ketika pembayaran klaim jauh lebih tinggi daripada pendapatan yang diberikan oleh premi. Melalui investasi cerdas dan kemampuan untuk memobilisasi untuk memotong biaya selama tahun-tahun yang merugi, State Farm tetap berada di puncak.

Contohnya adalah penjaminan emisi pada tahun 1971, di mana keuntungan State Farm adalah 263 juta dolar, dibandingkan dengan 38 juta dolar pada tahun 1970. State Farm menjadi berita utama dengan pengembalian dana sebesar 30 juta dolar kepada pemegang polis sebagai hasil dari pendapatan yang tinggi pada tahun 1971.

Perusahaan juga telah ditantang dalam sejumlah kasus pengadilan pada akhir 1970-an dan pada 1980-an dengan tuduhan diskriminasi jenis kelamin dan rasial dalam mempekerjakan agen.

Sementara itu, pada 1980-an, industri asuransi properti dan kecelakaan menghadapi banyak kesulitan. Ada badai, bencana, dan perubahan dalam lingkungan hukum dan regulasi. 

Sekali lagi, melalui kepemimpinan yang kuat yang berfokus pada prinsip-prinsip kejujuran dan integritas, perusahaan mampu melewati badai lebih kuat dari sebelumnya. Banyak perusahaan asuransi lain yang tidak seberuntung itu, tetapi State Farm melanjutkan komitmennya kepada pemegang polis.

Tahun 1990-an membawa lebih banyak badai, bencana alam, tantangan citra publik, dan perubahan lebih lanjut dalam lingkungan hukum dan peraturan. Prinsip jujur ??dan konservatif State Farm membantu memandu perusahaan untuk ekspansi lebih lanjut, melalui masa-masa sulit ini. 

Namun seperti tahun 1993 bencana alam seperti gempa bumi dan angin topan telah membuat sebagian besar industri asuransi berebut untuk mengembalikan keuangan mereka ke jalur yang benar. Sementara itu, catatan litigasi State Farm membuatnya terkena publisitas negatif, yang mulai menodai citra "tetangga yang baik".

Setelah gempa bumi di California pada tahun 1994, pelanggan mengajukan gugatan terhadap State Farm, mengklaim bahwa perusahaan asuransi telah memotong pertanggungan mereka dalam upaya untuk melepaskan pembayaran klaim. State Farm menyelesaikan gugatan tersebut pada tahun 1997, membayar 100 juta dolar kepada mereka yang terlibat.

Kemudian, pada tahun 1998, perusahaan tersebut dipaksa untuk membayar 200 juta dolar dalam gugatan class action yang mengklaim bahwa agen asuransi jiwa State Farm telah menggunakan taktik penjualan yang menyesatkan. Perusahaan juga harus membayar serangkaian ganti rugi terkait pelanggaran, termasuk 25 juta dolar untuk penghancuran dokumen dan 9,5 juta dolar terkait dengan klaim medis palsu.

Selama proses pengadilan, State Farm mempertahankan ketidakbersalahannya, mengklaim bahwa itu tidak bertindak dengan cara yang curang. Pengadilan Illinois berpikir sebaliknya, dan pada bulan Oktober pemegang polis dianugerahi 456 juta dolar. Belakangan bulan itu, State Farm terpaksa membayar tambahan 730 juta dolar sebagai hukuman ganti rugi atas kesalahannya.

"Meskipun keputusan hukum bukanlah ancaman ekonomi bagi State Farm, yang memiliki surplus pemegang polis hampir 45 miliar dolar, mereka mengajukan pertanyaan tentang apakah ada sesuatu yang salah di dalam perusahaan asuransi properti terbesar di negara itu, yang telah bekerja keras untuk menjadi salah satu dari Perusahaan paling tepercaya di Amerika," kata sebuah artikel Business Week, tahun 1999.

Terlepas dari masalah hukumnya, State Farm melanjutkan dengan sikap "bisnis seperti biasa". Bahkan dengan publisitas negatif yang dibawa oleh pertarungan pengadilan publik, loyalitas pelanggan State Farm tetap tinggi. Faktanya, pada tahun 1998 itu kehilangan hanya 4 persen dari pelanggan asuransi mobilnya, angka yang jauh di bawah rata-rata industri 7,5 persen.

State Farm pindah ke sektor jasa keuangan pada tahun 1998 dengan menciptakan State Farm Financial Services FSB, yang menawarkan layanan yang mencakup deposito, pinjaman hipotek perumahan, pinjaman ekuitas rumah, dan pinjaman mobil melalui Internet, melalui surat, dan melalui telepon.

Selama tahun 2001 --tahun bencana terbesar ketiga perusahaan dalam sejarahnya-- State Farm menghadapi beberapa tantangan. Perusahaan memutuskan untuk keluar dari pasar asuransi mobil New Jersey karena sebagian dari peraturan asuransi mobil negara bagian, yang menurunkan tingkat asuransi.

Sektor asuransi pemilik rumah perusahaan juga dilanda banjir klaim terkait jamur, terutama dari pemegang polis Texas. Pada bulan September 2001, State Farm berhenti menerima bisnis baru di Texas. Pada tahun 2002, bisnis pemilik rumah baru dihentikan di 17 negara bagian.

Kerugian underwriting yang tinggi memaksa State Farm melaporkan kerugian bersih keseluruhan sebesar 5 miliar dolar pada tahun 2001. Dengan demikian, perusahaan mulai memposisikan diri untuk pemulihan finansial.

Selama tahun 2002, State Farm terus fokus pada restrukturisasi operasinya serta meningkatkan jangkauannya di sektor jasa keuangan. Meskipun perusahaan tidak diragukan lagi akan menghadapi tantangan yang berbeda di masa depan, State Farm memiliki posisi yang baik untuk melanjutkan sejarah panjang kesuksesannya di industri asuransi.

Pada 2017, State Farm memiliki 70.000 karyawan dan 48.000 agen. Mereka memiliki kumpulan agensi terbesar dari perusahaan mana pun, dengan agen yang melayani 83 juta polis dan rekening di seluruh AS.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: