Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: China Telecom, Telkomselnya Tiongkok dengan Cuan USD1,80 M Setahun

Kisah Perusahaan Raksasa: China Telecom, Telkomselnya Tiongkok dengan Cuan USD1,80 M Setahun Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

China Telecommunications Corporation atau dikenal dengan China Telecom adalah badan usaha yang dikelola pemerintah China. Ia berada di urutan ketiga terbesar, sekaligus menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia berdasarkan Fortune Global 500.

Menurut laporan Fortune, China Telecom pada 2020 memiliki pendapatan total mencapai 67,36 miliar dolar. Namun sayang, angka tersebut turun 2 persen dari tahun sebelumnya. Pada titik ini, perusahaan milik pemerintah China ini menempati peringkat ke-158 dalam daftar tersebut.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: BUMN Muda, Power China Sukses Jadi yang Terkaya dalam 9 Tahun

Masih di tahun yang sama, keuntungannya pun naik 8,3 persen dari tahun sebelumnya. Alhasil, China Telecom sukses meraup laba sebesar 1,80 miliar dolar.

Korporasi tengah memegang aset dengan total 129,34 miliar dolar. Sementara itu, total ekuitas para pemegang sahamnya di angka 54,12 miliar dolar.

Berikut kisah perjalanan China telekom yang akan dirangkum oleh Warta Ekonomi pada Selasa (6/4/2021) dalam artikel berikut ini. 

Perjalanan China Telecom dimulai tahun 1994 sebagai perusahaan independen. Ia saat itu memiliki dan mengendalikan semua telekomunikasi publik, termasuk layanan seluler, telepon tetap, dan pos. Semua dikendalikan oleh Kementerian Pos dan Telekomunikasi (MPT).

Pada tahun 1998, 1,2 miliar orang di China mengandalkan layanan telekomunikasi. Upaya modernisasi di seluruh negeri berarti perlu lebih banyak fokus pada sektor ekonomi ini. Masyarakat membutuhkan layanan yang lebih baik dan layanan telekomunikasi yang lebih berkualitas. Kedua poin ini menjadi yang terpenting di benak para eksekutif China Telecom ketika mereka menghadiri acara telekomunikasi PT/Expo negara itu pada bulan Oktober tahun itu.

China Telecom berencana menginvestasikan 18 miliar dolar dalam layanan telekomunikasi tahun itu dan tahun depan, dengan 80 persen direncanakan untuk infrastruktur telekomunikasi publik. Bisnisnya bagus, dengan pendapatan untuk tiga kuartal pertama tahun 1998 mencapai 20 miliar dolar.

Pelanggan berjumlah 104,4 juta dan jumlahnya meningkat pesat. Lebih dari 20,8 juta pelanggan baru bergabung pada tahun 1998, termasuk 7,7 juta pelanggan telepon seluler. Sebaliknya, satu-satunya pesaing China Telecom, China Unicom, hanya memiliki 1 juta pelanggan saat itu.

Lebih lanjut, pada Maret 1998, pemerintah telah mengeluarkan undang-undang telekomunikasi yang mengubah struktur peraturan dan memungkinkan lebih banyak persaingan di industri. China ingin masuk ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Namun, masuk ke WTO membutuhkan bukti suasana kompetitif dan lingkungan pasar yang berpusat pada pelanggan.

Pada saat yang sama, salah satu kompetitornya, China United Telecommunications Corporation (China Unicom), mencoba untuk mendapatkan pijakan di industri. Namun, MPT (Kementerian Pos dan Telekomunikasi) menggunakan kekuatannya dan China Telecom menggunakan dominasinya untuk berhasil mencegah China Unicom menjadi pesaing yang signifikan.

Sementara China Telecom membuat rencana untuk masa depan, pemerintah bekerja keras untuk mempengaruhi rencana ini. Pada awal Desember 1998, pemerintah mengumumkan sedang mempertimbangkan untuk menghentikan monopoli China Telecom dengan membubarkan perusahaan itu sendiri.

Pada 17 Desember 1998, MII mengumumkan rencana perpisahan akan ditunda. Pemerintah memutuskan bahwa operasi perusahaan asing di China adalah ilegal, sehingga MII harus memberikan kompensasi kepada perusahaan asing tersebut atas kerugian bisnis mereka.

MII telah mengajukan rencana yang memecah China Telecom menjadi perusahaan-perusahaan kecil di sepanjang jalur bisnis, tetapi Dewan Negara telah menolak rencana itu. Dewan tersebut menginstruksikan MII untuk membuat rencana yang mendorong lebih banyak persaingan. Sebagai tanggapan, MII pertama-tama memisahkan layanan pos menjadi entitas mereka sendiri, kemudian mulai membubarkan China Telecom.

Sementara itu, banyak spekulasi seputar rencana perpisahan yang diusulkan pada akhir tahun 1998, tetapi MII menolak untuk mengungkapkan maksudnya. "Ide utamanya adalah memisahkan fungsi pemerintah dari fungsi bisnis dan membiarkan perusahaan memasuki ekonomi pasar," kata Cheng Guanghui, juru bicara MII, tanpa penjelasan lebih lanjut.

Masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memicu lebih banyak perubahan untuk China Telecom, yang masih menguasai 95 persen pasar dan dianggap monopoli. Karena tekanan WTO, restrukturisasi lain akan segera terjadi.

China Telecom yang baru terstruktur akan mempertahankan 70 persen jaringan jarak jauhnya, dengan jaringan yang tersisa diserahkan ke China Netcom. "Reformasi adalah arah dan persaingan adalah tujuannya," kata Wu Jichuan, kepala Kementerian Industri Informasi China (MII) dalam upacara penghormatan atas perpecahan itu.

Persaingan semakin ditingkatkan dengan rencana untuk menerbitkan izin operasi nirkabel kedua perusahaan baru. Berikutnya di papan gambar adalah rencana untuk penawaran umum perdana (IPO) senilai 3 dolar hingga 5 miliar dolar oleh China Telecom di Hong Kong dan New York pada tahun 2002. Mulai Mei 2002, pasar telekomunikasi di Cina dibagi oleh China Telecom Corporation, China Netcom Communication Group Corporation, China Mobile, China Unicom, China Satcom, dan China Railcom.

Lebih jauh, tanggal 2 Juni 2008, perusahaan mengumumkan akan mengakuisisi bisnis dan jaringan CDMA China Unicom dengan uang tunai senilai 110 miliar yuan, serangkaian transaksi yang bertujuan untuk mengubah perusahaan menjadi operator telekomunikasi yang terintegrasi penuh.

China Telecom akhirnya dipilih oleh pemerintah China sebagai investor di Filipina untuk menyediakan layanan telekomunikasi. Mereka kemudian dipilih sebagai penyedia telekomunikasi 'sementara' di negara itu setelah penawaran yang dipimpin oleh pemerintah Filipina pada 7 November 2018. Karena undang-undang saat ini membatasi kepemilikan asing hingga 40 persen, China Telecom (melalui perusahaan induknya) membentuk usaha dengan perusahaan lokal Udenna Corporation (pemilik Phoenix Petroleum) dan Chelsea Logistics di bawah waralaba Mindanao Islamic Telephone Company Inc (atau konsorsium Mislatel).

Pemilihan tersebut diresmikan pada 20 November setelah Komisi Telekomunikasi Nasional Filipina membatalkan petisi dari tawaran saingannya. Pada 8 Juli 2019, Mislatel diubah namanya menjadi Dito Telecommunity dan pada saat yang sama diberikan izin untuk beroperasi. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2020.

Meskipun China telah melihat beberapa pencapaian luar biasa dalam industri telekomunikasinya, ada juga beberapa kekurangannya. Konsumsi telekomunikasi saat ini menunjukkan perbedaan geografis yang signifikan. Hal ini mungkin menghambat kemajuan industri telekomunikasi China secara keseluruhan. 

Untuk mengurangi disparitas dalam konsumsi telekomunikasi, China disarankan untuk memperluas layanan universal ke daerah-daerah yang tidak memiliki layanan telekomunikasi dasar. Dalam lingkungan yang kompetitif, teori ekonomi diterima secara luas bahwa mekanisme kompetitif netral harus diterapkan untuk layanan universal, yang berarti bahwa tidak ada perusahaan yang harus mendapatkan keuntungan atau menderita relatif terhadap orang lain di industri. 

Dengan demikian, China dapat menetapkan dana universal sebagai sumber pembiayaan, dan memilih penyedia layanan universal melalui lelang. Selain itu, kontroversi tentang sektor telepon seluler yang menguntungkan, termasuk pilihan standar, jumlah lisensi untuk teknologi 3G, dan waktu peluncurannya, perlu diselesaikan dengan hati-hati.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: