Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pakar Militer Bilang Hilangnya KRI Nanggala-402 Bisa Jadi Pukulan Moral buat Indonesia karena...

Pakar Militer Bilang Hilangnya KRI Nanggala-402 Bisa Jadi Pukulan Moral buat Indonesia karena... Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012). Kapal selam tersebut kembali bergabung dengan TNI AL usai menjalani perbaikan menyeluruh di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan. | Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pakar militer mengatakan insiden hilang kontak kapal selam KRI Nanggala-402 Angkatan Laut Indonesia bersama 53 awak di perairan Bali menjadi pukulan moral bagi militer negara ini.

Alasannya, fakta bahwa banyak peralatan militer sudah uzur tapi tantangan dari militer asing ada di depan mata. Tantangan eksternal itu, termasuk dari China yang pernah berseteru dengan Indonesia di perairan Natuna.

Baca Juga: Ikut Sampaikan Duka, Pentagon Kirim Bantuan Udara Cari KRI Nanggala-402

Kapal selam Type 209 buatan Jerman itu hilang kontak sejak Rabu dan hingga hari ini (23/4/2021) masih dalam pencarian.

Natalie Sambhi, direktur eksekutif Verve Research—sebuah penelitian kolektif multidisiplin yang berfokus pada militer Asia Tenggara—mengatakan kepada Al Jazeera bahwa insiden tersebut menunjukkan perlunya Indonesia untuk mempertahankan sistemnya, dalam hal peralatan angkatan bersenjata dan tentaranya, penerbang dan awak kapal.

“Mengingat usia beberapa platform Angkatan Laut Indonesia, ini tidak mengejutkan sama sekali, tetapi mengecewakan,” katanya.

"Ini bisa menjadi pukulan moral di saat Indonesia benar-benar membutuhkan sistem pertahanan maritim yang kuat. China, terutama, telah meningkatkan skala serangannya di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Asia Tenggara, melawan Indonesia dan terutama terhadap Filipina akhir-akhir ini," paparnya.

Indonesia sebelumnya memiliki 12 armada kapal selam, meski kini hanya mengoperasikan lima, dua di antaranya termasuk KRI Nanggala-402.

Tiga lainnya adalah kapal selam yang lebih modern buatan Korea Selatan. Ada juga rencana untuk membeli lebih banyak kapal selam dari Korea Selatan pada tahun 2024, meskipun Sambhi mengatakan bahwa ini sangat dibutuhkan mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

“Angkatan Laut adalah salah satu pilar pertahanan maritim, termasuk yang lainnya seperti penjaga pantai (coast guard), tetapi lima kapal selam untuk negara kepulauan yang begitu besar sayangnya tidak cukup,” ujarnya.

Negara ini terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, dan sengketa maritim telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan China yang kapal penangkap ikannya ditemukan beroperasi secara ilegal di perairan Natuna, Indonesia.

Dalam "Interim Analysis" yang diterbitkan dalam laporan internal, TNI AL berspekulasi bahwa mungkin terjadi pemadaman listrik di KRI Nanggala-402 yang membuat tidak mungkin untuk mengontrol kapal atau meminta prosedur darurat termasuk mengaktifkan tombol darurat yang akan memungkinkan kapal selam untuk muncul kembali ke permukaan laut.

Laporan tersebut menambahkan bahwa kapal selam itu diperkirakan jatuh ke kedalaman antara 600 dan 700 meter (1.968-2.296 kaki) dan keberadaan minyak mungkin mengindikasikan kerusakan tangki bahan bakar atau retak karena tekanan air laut.

KRI Nanggala-402 membawa 53 personel, yang menurut laporan TNI AL terdiri dari 49 kru, satu komandan unit, dan tiga personel persenjataan yang dikepalai oleh Letnan Kolonel Marinir Heri Oktavianus.

Seorang mantan perwira Angkatan Laut dan pengacara maritim Inggris, berbicara kepada Al Jazeera tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa kemungkinan penjelasan lain untuk insiden hilang kontak dari KRI Nanggala-402 termasuk ledakan torpedo atau senjata, tabrakan dengan kapal atau benda bawah air, oksigen kegagalan, banjir yang tidak disengaja atau kerusakan struktural.

“Penghancuran lambung harus mungkin terjadi di kedalaman ini dan, karena minyak telah terlihat di permukaan, itu bisa menunjukkan kegagalan struktural yang dahsyat, terutama karena kapalnya sudah tua, yang dibangun pada tahun 1977 dan dikirim ke Angkatan Laut Indonesia pada tahun 1981," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa kedalaman kapal selam bisa membuat potensi penyelamatan menjadi tantangan.

“Sangat sulit untuk melakukan penyelamatan pada kedalaman ini karena cara yang biasa dilakukan dengan lonceng selam diturunkan dan dipasang ke pintu keluar, yang hampir pasti tidak mungkin jika kapal selam memang berada pada kedalaman 700 meter [2.296 kaki]," imbuh dia.

"Saya tidak berharap untuk kru ini," paparnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: