Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sekjen Partai Gelora Bicara Soal Ummatan Wasathan, Ternyata Konsep...

Sekjen Partai Gelora Bicara Soal Ummatan Wasathan, Ternyata Konsep... Kredit Foto: Akurat
Warta Ekonomi -

Sekretaris Jenderal Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Mahfudz Siddiq menyampaikan bahwa konsep Ummatan Wasathan adalah konsep masyarakat harmonis, moderat dan berdiri di tengah-tengah sehingga dapat diterima oleh semua pihak.

Ada dua esensi tentang konsep tersebut, yakni kebaikan atau al khairiyah, dan keadilan atau keseimbangan.

Baca Juga: Elektabilitas Meningkat Drastis, PSI, Partai Ummat hingga Gelora Mengancam Partai Lawas!

"Jadi bila kita mau membangun masyarakat yang ummatan wasathan, maka kebaikan dan keadilan atau keseimbangan harus menjadi nilai dan orientasi kita bersama," ujar Mahfudz dalam Webinar Moya Institute bertajuk “Umat Islam Indonesia: Ummatan Wasathan", Jumat (15/10/2021).

Mahfudz melanjutkan, sedikit saja bergeser dari dua nilai tersebut maka masyarakat menjauh dari Ummatan Wasathan. Bahkan, bukan tidak mungkin umat Islam menjelma menjadi faktor yang destruktif.

Mahfudz pun mencatat, penyimpangan dari prinsip-prinsip Ummatan Wasathan terjadi karena dua faktor. Yang pertama adalah faktor pemahaman, dan kedua faktor politik.

"Terkait faktor pemahaman, saya punya pengalaman 3 tahun lalu, ketika saya meminta pengurus mushalla di dekat rumah saya mengecilkan suara speaker nya sedikit saja. Sebab speaker nya ada 6 buah, dan kerap berbunyi sepanjang hari. Kala itu, dirumah saya sedang ada balita sakit. Namun, isu yang muncul kemudian adalah ada 'orang politik yang melarang azan di mushalla, isu yang membuat saya harus memberi klarifikasi," ujar Mahfudz.

Persoalan speaker itu, lanjut dia, menunjukkan bahwa dalam Ummatan Wasathan, diperlukan pemahaman keislaman yang baik. Karena bila Mushalla dengan speaker yang bersuara kencang  itu ada di sebuah kampung yang cuma berisi 20 rumah dengan jarak berjauhan, maka hal itu baik.

"Namun bila kampung itu sudah berisi 200 keluarga dan gang-gang disitu sudah sempit, maka speaker yang kencang justru akan mengganggu sendi-sendi kehidupan. Ini satu contoh, betapa faktor pemahaman keislaman yang baik itu sangat penting," ujarnya.

Dan terkait faktor politik, Mahfudz menyatakan gangguan terhadap Ummatan Wasathan ini muncul ketika kekuatan politik tertentu memanfaatkan sentimen-sentimen keagamaan. Akibatnya adalah, muncul intervensi kepentingan politik pada agenda-agenda keagamaan.

"Contoh ketika Pilpres 2019 lalu, pembelahan politiknya luar biasa. Bahkan, sampai ada perceraian akibat perbedaan pilihan Capres. Jadi pernikahan yang merupakan wahana ibadah dalam Islam, bisa porak poranda akibat pilihan politik. Ini akibat dari politisasi agama," ujar Mahfudz.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Politik Internasional Prof Imron Cotan menyatakan, Islam itu kompatibel dengan Nasionalisme, kebangsaan dan demokrasi. Dan Indonesia, lanjut Prof. Imron, bisa menjadi contoh bagaimana Islam bisa kompatibel dengan Nasionalisme, kebangsaan dan demokrasi.

"Dan sudah saatnya memang, Indonesia berani tampil sebagai pemimpin dunia Islam, di tengah kerusakan yang timbul akibat power politics negara-negara besar di negeri-negeri muslim seperti Afghanistan, Libya, Suriah, Irak dan Yordania," ujar Imron Cotan.

Sementara itu, pengacara sekaligus Politisi Kapitra Ampera menegaskan, umat pertengahan atau Ummatan Wasathan ini adalah doktrin yang ada dalam ajaran Islam. Namun, kata dia, harus dibedakan antara doktrin beragama dengan perilaku beragama."Nah dalam konteks politik, Islam itu tidak bisa menjadi ideologi.

Islam itu guidance of life. Islam itu adalah payung ideologi. Sehingga bila Islam itu menjadi ideologi, maka dia akan turun derajatnya," ujar Kapitra. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: