Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Deep Web?

Apa Itu Deep Web? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Deep web mengacu pada bagian internet yang tidak sepenuhnya dapat diakses melalui mesin pencarian standar seperti Google, Yahoo, dan Bing. Deep web mencakup halaman yang tidak diindeks, situs fee-for-service (FFS), database pribadi, dan tentu saja, dark web. Pada kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu deep web serta manfaat yang bisa diambil.

Mengenal Deep Web Lebih Dalam

Sering juga disebut sebagai website tersembunyi, deep web berbeda dengan surface web, di mana isinya dapat diakses melalui mesin pencari. Informasi di situs seperti Warta Ekonomi adalah bagian dari surface web atau berada di permukaan, karena segala isinya dapat dijangkau melalui mesin pencarian.

Sebagian besar ahli memperkirakan bahwa deep web jauh lebih besar daripada surface web. Banyak halaman web yang dibuat secara dinamis atau tidak memiliki link dari situs lain. Tanpa tautan dari situs yang diindeks sebelumnya, mesin pencarian tidak dapat menemukannya. Itulah mengapa mendapatkan link dari halaman lain adalah prinsip dasar dari search engine optimization (SEO).

Baca Juga: Apa Itu Web Development?

Situs free-for-service adalah sumber utama lain dari konten deep web. Meskipun situs berbayar, seperti Netflix, terlihat di web, namun sebagian besar kontennya tidak. Pelanggan harus membayar biaya, membuat id pengguna, dan mengatur kata sandi untuk mendapatkan sebagian besar konten yang ditawarkan oleh situs-situs tersebut. Hanya mereka yang bersedia dan mampu membayar biaya untuk situs-situs ini yang dapat mengakses konten mereka.

Pembatasan informasi kepada pelanggan yang membayar ini bertentangan dengan semangat egaliter di masa-masa awal internet. Meskipun akses ke film mungkin tampak seperti hal yang sepele, alat penelitian serius seperti JSTOR dan Statista juga dikenakan biaya akses.

Database pribadi juga merupakan komponen penting dari deep web. Database pribadi bisa hal yang sederhana, seperti foto yang dibagikan oleh teman-teman di Dropbox. Mereka juga menerapkan transaksi keuangan yang dilakukan di situs utama seperti PayPal. Fitur penting dari database pribadi adalah bahwa orang-orang harus membagikan atau menyimpan informasi ini tanpa membagikannya kepada semua orang. Itu membuatnya menjadi bagian dari deep web dan bukan surface web.

Terakhir, dark web adalah bagian dari deep web. Silk Road mungkin adalah situs paling terkenal di dark web. Banyak situs dark web yang harus dijangkau oleh mesin pencari khusus yang dirancang untuk tujuan itu, tetapi tidak oleh mesin pencarian standar. Untuk mengakses mesin pencarian dan situs ini, Anda perlu menggunakan browser tertentu, seperti Tor Browser. Dark web memungkinkan pengguna yang sah untuk menghindari sensor, tetapi juga menciptakan peluang untuk melakukan kejahatan di dunia maya.

Manfaat Dari Deep Web

Deep web memberi pengguna akses ke informasi yang jauh lebih banyak daripada surface web. Informasi ini mungkin hanya meliputi halaman yang tidak cukup penting untuk dicantumkan. Namun, ini juga mencakup acara TV terbaru, database yang penting untuk mengelola keuangan pribadi Anda, dan cerita yang disensor di surface web. Sebagian besar konten di deep web tidak akan tersedia sama di surface web.

Privasi, yang biasanya disediakan oleh enkripsi, adalah manfaat lain dari deep web. Enkripsi di deep web memungkinkan biaya situs layanan untuk menjauhkan konten mereka dari pengguna internet yang tidak membayar sambil menyajikannya kepada pelanggan mereka.

Enkripsi database mutlak diperlukan agar semua bentuk fintech dapat berfungsi dengan baik. Tanpa keamanan ini, baik perusahaan maupun individu tidak dapat dengan aman melakukan transaksi keuangan melalui internet. Utamanya, deep web dirancang untuk memberi pengguna lebih banyak privasi.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan