Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Data Analytics?

Apa Itu Data Analytics? Kredit Foto: (REUTERS/Kacper Pempel)
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai bagian dari proses dalam menganalisis data mentah untuk menemukan tren dan menjawab sejumlah pertanyaan, data analytics sendiri memiliki cakupan bidangnya yang luas. Namun, itu juga mencakup banyak teknik dengan banyak tujuan yang berbeda.

Proses data analytics memiliki beberapa komponen yang dapat membantu berbagai inisiatif. Dengan menggabungkan komponen-komponen ini, proses data analytics yang sukses akan memberikan gambaran yang jelas tentang di mana Anda berada, dari mana Anda berasal, dan ke mana Anda harus pergi. Untuk itu, simak terus penjelasan mengenai apa itu data analytics.

Baca Juga: Apa Itu Data Science?

Jadi, Apa Itu Data Analytics?

Data analytics adalah ilmu dalam menganalisis data mentah untuk membuat kesimpulan tentang informasi tersebut. Banyak teknik dan proses dalam data analytics yang telah diotomatisasi menjadi proses mekanis dan algoritma yang bekerja pada data mentah untuk digunakan oleh manusia.

Data analytics merupakan istilah yang mencakup berbagai jenis analisis data. Semua jenis informasi dapat dikenai teknik data analytics untuk mendapatkan wawasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan berbagai hal. Teknik data analytics dapat mengungkapkan tren dan metrik yang jika tidak akan hilang dalam kumpulan informasi. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses dalam meningkatkan efisiensi keseluruhan bisnis atau sistem.

Misalnya, perusahaan manufaktur sering mencatat runtime, downtime, dan antrian kerja untuk berbagai mesin dan kemudian menganalisis data untuk merencanakan beban kerja dengan lebih baik sehingga mesin tersebut dapat beroperasi mendekati kapasitas puncaknya.

Data analytics dapat melakukan lebih dari sekadar menunjukkan kemacetan dalam produksi. Misalnya, perusahaan video game menggunakan data analytics untuk menetapkan jadwal hadiah bagi pemain yang mampu membuat sebagian besar pemain tetap aktif dalam permainan. Perusahaan konten menggunakan banyak data analytics yang sama untuk membuat Anda tetap mengklik, menonton, atau mengatur ulang konten untuk mendapatkan tampilan atau klik lainnya.

Data analytics sangat penting karena dapat membantu bisnis untuk mengoptimalkan kinerja mereka. Dengan menerapkannya ke dalam model bisnis berarti perusahaan tersebut dapat membantu mengurangi biaya dengan mengidentifikasi cara yang lebih efisien dalam menjalankan bisnis dan dengan menyimpan data dalam jumlah yang lebih besar. Perusahaan juga dapat menggunakan data analytics untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan juga membantu menganalisis tren serta kepuasan pelanggan, yang dapat menghasilkan produk atau layanan baru.

Jenis-Jenis Data Analytics

Data analytics dipecah menjadi empat tipe dasar, antara lain:

1. Analitis deskriptif: Ini menjelaskan apa yang telah terjadi selama periode waktu tertentu. Apakah jumlah penayangan meningkat? Apakah penjualan bulan ini lebih kuat dari sebelumnya?

2. Analitis diagnostik: Ini lebih berfokus pada mengapa sesuatu terjadi. Ini juga melibatkan input data yang lebih beragam dan sedikit hipotesis. Apakah cuaca mempengaruhi penjualan baju hangat? Apakah kampanye pemasaran terbaru itu mampu memengaruhi penjualan?

Halaman:

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan