Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dua Warga Depok Kontak Erat Pasien Cacar Monyet Dinyatakan Negatif

Dua Warga Depok Kontak Erat Pasien Cacar Monyet Dinyatakan Negatif Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dua warga Kota Depok yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien cacar monyet atau monkeypox asal DKI Jakarta dinyatakan negatif. Hasil tersebut diketahui setelah keduanya menjalani pemeriksaan dan pemantauan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, Dinkes Depok tidak dilibatkan dalam pemantauan kasus cacar monyet tersebut. Karena, pemeriksaannya langsung dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinkes DKI Jakarta. 

“Kami dari Dinkes tidak dilibatkan untuk pemantauan, seluruh prosesnya dilakukan langsung Kemenkes dan Dinkes DKI Jakarta,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Kamis (25/08/22).

Mary melanjutkan, pihaknya juga tidak diberikan informasi data warga, baik nama maupun tempat tinggalnya. Kendati demikian, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit cacar monyet.

Upaya yang dilakukan yaitu dengan sosialisasi kepada masyarakat. Mulai dari website, media sosial, hingga secara langsung agar masyarakat mengetahui gejala, penyebab, dan penyebarannya.

“Terus diingatkan agar masyarakat tidak panik dengan informasi yang ada sesuai pesan dari Kementerian Kesehatan,” tambahnya.

“Juga kami minta untuk memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sebab, ini penyakit yang penularannya melalui kontak langsung,” pungkasnya.

Baca Juga: Said Didu Tegaskan Ada 10 Agenda yang Harus Dilakukan Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: