Market potential atau potensi pasar adalah populasi yang tertarik dengan produk/jasa yang dibuat atau ditawarkan oleh suatu organisasi.
Dengan kata lain, market potential adalah potensi kemampuan menghasilkan uang dari suatu perusahaan jika memanfaatkan semua keuntungan dan semuanya berjalan sesuai keinginannya. Biasanya diukur dalam satuan penjualan/volume penjualan atau potensi pendapatan.
Market potential juga menjadi keseluruhan ukuran pasar untuk suatu produk pada waktu tertentu. Market potential biasanya diukur dengan nilai penjualan atau volume penjualan. Misalnya, kenaikan dan penurunan suku bunga akan mempengaruhi permintaan produk yang biasanya dibiayai, seperti mobil dan rumah.
Baca Juga: Apa Itu Scarcity?
Menentukan market potential dari suatu produk merupakan bagian dari proses pemasaran yang sukses dan memerlukan riset pemasaran. Anda harus memeriksa setidaknya tiga faktor yang akan menentukan apakah potensi pasar produk Anda layak untuk diinvestasikan. Anda perlu menganalisis basis pelanggan potensial Anda, menganalisis pesaing Anda, dan menganalisis kondisi lingkungan saat ini yang dapat memengaruhi potensi pasar.
Saat mengidentifikasi pasar potensial, pengusaha dapat memperkirakan investasi yang dibutuhkan bisnis. Sebuah merek dapat mengetahui ukuran pasar potensial dan memutuskan apakah perlu mengalokasikan anggaran untuk itu. Misalnya, jika segmen konsumen yang tertarik kecil, lebih baik tidak berusaha terlalu keras karena tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Namun, jika pasarnya besar, pemilik bisnis mempertimbangkan untuk berinvestasi dan mengembangkan strategi.
Anda dapat mengembangkan produk baru, menyempurnakan produk yang sudah ada, atau memodifikasinya untuk memenuhi kebutuhan audiens target yang lebih besar. Pertimbangkan untuk menghitung keuntungan potensial untuk memastikan bahwa mereka akan menutupi pengeluaran Anda dan memiliki ROI (return of investment) yang tinggi.
Sangat penting bagi sebuah bisnis baru untuk mengetahui dan menentukan potensi pasar dari produk jasa yang ditawarkan. Jika potensi pasar sangat rendah maka tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk produk tersebut. Salah satu aspek terpenting dari potensi pasar adalah jumlah bisnis yang dapat dihasilkan suatu produk di masa depan dibandingkan dengan hari ini. Perusahaan juga dapat mengevaluasi pangsa pasar perusahaan di pasar.
Pertanyaan yang paling relevan adalah target pasar yang berkembang untuk penawaran tersebut. Potensi pasar membantu bisnis merencanakan dengan lebih baik dan meluncurkan produk dan layanan mereka dengan persiapan yang lebih baik. Dengan bergantung pada potensi pasar secara keseluruhan, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi penjualan, atau jumlah penjualan yang akan mereka lakukan di pasar yang teridentifikasi tersebut.
Rencana bisnis yang proaktif membutuhkan pengetahuan tentang potensi pasar secara keseluruhan. Potensi penjualan maksimum untuk suatu barang atau jasa secara langsung akan memengaruhi kemampuan bisnis Anda untuk berkembang dan merupakan salah satu titik data terpenting bagi investor. Sebelum meluncurkan produk atau layanan baru, perusahaan harus menghitung potensi profitabilitas, melakukan riset pasar, dan menganalisis tingkat pertumbuhan pasar untuk keberhasilan yang optimal.
Potensi pasar adalah target yang bergerak, dan beberapa faktor dapat mempengaruhi potensi pasar, sebagai berikut:
1. Kebijakan dan peraturan
Potensi pasar dapat dengan cepat berubah ketika undang-undang berubah, atau rezim politik baru berkuasa. Bahkan penyesuaian sederhana, seperti perubahan suku bunga, dapat memiliki efek mendalam dan bertahan lama. Pastikan untuk memperhitungkan perubahan ini ke dalam strategi pasar. Menjadi terinformasi dengan baik tentang perubahan kebijakan sangat penting untuk peramalan perubahan pasar yang akurat.
2. Persaingan
Memiliki informasi tentang pesaing langsung Anda, seperti ukuran pangsa pasar mereka, termasuk volume penjualan mereka, merupakan faktor penting dalam menentukan potensi pasar. Penting juga untuk memahami pesaing tidak langsung Anda—perusahaan yang menyediakan layanan atau produk serupa kepada pelanggan Anda saat ini dan cenderung menjadi pesaing langsung.
3. Teknologi
Perubahan teknologi memengaruhi hampir setiap aspek pasar, mulai dari tingkat pertumbuhan pasar hingga permintaan konsumen. Misalnya, peralihan dari toko batu bata dan mortir ke e-commerce merupakan faktor signifikan dalam potensi pasar untuk berbagai industri ritel.
4. Lingkungan
Fakta fisik dari lingkungan tertentu dan lingkungan ekonomi memainkan peran penting dalam setiap peluang pasar. Resesi akan berdampak signifikan terhadap potensi pasar. Perubahan lingkungan yang dapat menyebabkan cuaca yang lebih tidak terduga juga dapat berdampak signifikan terhadap pasar.
Memahami apa yang dilakukan pesaing Anda di pasar sangat penting untuk dianalisis. Bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan, seberapa baik mereka memenuhi tujuan bisnis mereka, dan ukuran pangsa mereka dari total pasar adalah poin data yang dapat menginformasikan analisis pasar Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement