Market opportunity adalah peluang pasar di mana produk dan layanan yang ditawarkan berpotensi diinginkan atau dibutuhkan oleh konsumen diidentifikasi oleh bisnis sebagai tidak dipasok oleh perusahaan saingan.
Perusahaan perlu menghasilkan peluang pemasaran baru untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan pendapatan.
Menggunakan berbagai analisis pasar dapat membuat rencana bisnis strategis dan mengidentifikasi peluang pemasaran baru. Sebagai wirausahawan baru, Anda mungkin mencari peluang untuk menumbuhkan bisbis, memperluas pangsa pasar, memasuki pasar baru atau yang lebih besar, atau mencari pelanggan baru.
Baca Juga: Apa Itu Competitive Advantage?
Jenis peluang lainnya adalah peluang yang berfokus pada penawaran untuk memanfaatkan perubahan lingkungan bisnis. Banyak bisnis harus berpikir ulang soal produk dan layanan mereka setelah pandemi saat ini untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Melakukan pivot bisnis bukan berarti harus mengubah produk Anda sepenuhnya. Ini bisa melibatkan memindahkan layanan Anda secara online atau menemukan audiens yang sedikit berbeda untuk produk Anda yang sudah ada.
Melakukan analisis pasar adalah cara yang bagus untuk melihat celah di pasar yang mungkin Anda lewatkan. Ini akan mengekspos area bisnis Anda yang perlu Anda tingkatkan, dan ini dapat mengarah pada peluang baru. Berikut cara menganalisis pasar:
- Menghitung ukuran pasar - apakah permintaan pasar cukup?
- Analisis pesaing - siapa pemain utama yang sudah ada di pasar?
- Potensi pasar - apakah ini pasar terbaik untuk inovasi Anda?
- Peluang pertumbuhan pasar - apakah pasar cenderung tumbuh?
- Mengidentifikasi hambatan untuk masuk - apa potensi jebakannya?
- Lingkungan eksternal - apakah ada pembaruan teknologi yang akan datang, perkembangan kebijakan dan peraturan, atau pengaruh sosial yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda?
Salah satu inovasi dan pertumbuhan dapat membantu Anda membangun pengetahuan tentang pasar baru di dalam dan luar negeri, memberikan saran khusus dan ahli. Ukuran pasar biasanya dihitung dari segi pelanggan potensial atau transaksi.
Anda perlu menentukan target pelanggan sebelum melakukan riset pasar dan menyusun data. Cari tahu berapa ukuran pasar total dan kemudian hitung berapa persentase pasar total yang ditempati pelanggan target Anda untuk penilaian ukuran pasar yang lebih realistis.
Selain itu, analisis pesaing adalah bagian penting dalam mengidentifikasi peluang baru. Dengan melihat jumlah pelanggan atau penjualan bisnis serupa, Anda dapat mulai merasakan ukuran dan peluang pasar dan menunjukkan apa saja yang tidak dimiliki orang lain. Lihat produk, layanan, atau merek yang berjalan baik di pasar dan pikirkan bagaimana Anda dapat meningkatkannya dengan penawaran Anda.
Dengan menentukan audiens target Anda, Anda bisa mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan dan apa yang mereka lewatkan. Setelah Anda menemukannya, itulah saat Anda menemukan peluang pasar yang mereka lewatkan.
Ini dapat membantu menciptakan persona pembeli. Persona pembeli adalah contoh template pelanggan tipikal atau ideal Anda. Anda mungkin memiliki beberapa persona pembeli untuk berbagai bagian bisnis Anda. Persona pembeli akan didasarkan pada riset pelanggan dan menyertakan informasi penting tentang mereka.
Terakhir, identifikasi niche market sangat penting dalam mengeksploitasi peluang baru untuk inovasi. Semakin target pasar Anda tepat sasaran, semakin banyak celah yang akan mulai muncul dan semakin sedikit persaingan yang akan Anda hadapi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement