Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: HP, dari Garasi Mobil sampai Kini Panen Cuan USD58 Miliar

        Kisah Perusahaan Raksasa: HP, dari Garasi Mobil sampai Kini Panen Cuan USD58 Miliar Kredit Foto: Reuters/Justin Ho
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hewlett-Packard Company atau populer sebagai HP adalah salah satu raksasa teknologi dunia yang berasal dari Amerika Serikat (AS). HP telah banyak mengembangkan dan menyediakan berbagai komponen perangkat keras, juga perangkat lunak hingga sejumlah layanan terkait, sehingga korporasi ini menjadi salah satu perusahaan raksasa menurut Global 500, Fortune.

        Fortune mencatat, pada tahun 2020, mengalami penjualan yang tetap stabil dengan kenaikan hanya 0,5 persen, dengan begitu total pendapatannya senilai 58,75 miliar dolar AS. Sayangnya, labanya anjlok 41 persen, jadi HP hanya mengantongi 3,15 miliar dolar untuk keuntungannya.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Alimentation Couche-tard, Induk dari Circle K yang Tetap Cuan di 2020

        Peringkat HP dalam Global 500 menukik tajam sejak 2016. Tahun 2015, perusahaan nyaman di posisi nomor 48, sedangkan untuk tahun 2020 ini, perusahaan tekonologi itu menempati peringkat ke-184 dunia.

        Warta Ekonomi pada Selasa (18/5/2021) akan mengulas secara ringkas perjalanan sukses HP dalam industri teknologi dunia. Baca artikel lengkapnya pada tulisan berikut ini.

        Organisasi ini didirikan oleh William Bill Redington Hewlett dan Dave Packard. Pada tahun 1939, Packard dan Hewlett mendirikan Hewlett-Packard (HP) di garasi Packard dengan investasi modal awal sebesar 538 dolar AS.

        Hewlett dan Packard melempar koin untuk memutuskan apakah perusahaan yang mereka dirikan akan dinamai Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett. HP didirikan pada 18 Agustus 1947, dan go public pada 6 November 1957.

        Dari banyak proyek yang mereka kerjakan, produk pertama mereka yang sukses secara finansial adalah osilator audio presisi, Model HP200A. Inovasi mereka adalah penggunaan bola lampu pijar kecil (dikenal sebagai "lampu pilot") sebagai resistor yang bergantung pada suhu di bagian kritis rangkaian, loop umpan balik negatif yang menstabilkan amplitudo bentuk gelombang sinusoidal keluaran.

        Ini memungkinkan mereka untuk menjual Model 200A seharga 54,40 dolar ketika pesaing menjual osilator yang kurang stabil seharga lebih dari 200 dolar. Seri Model 200 generator berlanjut hingga setidaknya tahun 1972 sebagai 200AB, masih berbasis tabung tetapi disain lebih baik selama bertahun-tahun.

        Pada tahun 1961 HP terdaftar di Bursa Efek New York. Dan tahun kemudian, perusahaan masuk dalam daftar Fortune 500 di posisi 460. HP memasuki pasar Asia pada tahun 1963. Pada tahun 1964, Dave Packard terpilih sebagai CEO dan Ketua Dewan dan Bill Hewlett terpilih sebagai Presiden.

        Salah satu pelanggan awal perusahaan adalah Walt Disney Productions yang membeli delapan osilator Model 200B (masing-masing seharga $ 71,50) untuk digunakan dalam sertifikasi sistem suara surround Fantasound yang dipasang di bioskop untuk film Fantasia.

        HP adalah perusahaan pertama di Amerika Serikat (AS) yang memperkenalkan kebijakan waktu fleksibel untuk karyawan, sebuah inisiatif untuk mendorong keseimbangan kehidupan kerja. Kebijakan tersebut ditetapkan pada tahun 1973. Pada tahun 1974 HP memperkenalkan kalkulator saku pertama yang dapat diprogram di dunia. 

        Pada tahun 1980 HP memproduksi PC pertamanya bernama HP-85. Pada tahun 1982, HP-75C memulai debutnya sebagai komputer genggam pertama dan pada tahun 1983 PC layar sentuh pertama dibuat.

        Pada tahun 1993, Dave Packard pensiun sebagai Ketua dan Lew Platt terpilih untuk menggantikannya. Pada tahun 1993, HP memperkenalkan Omni book 300, PC yang dapat didukung dengan masa pakai baterai yang lama. Pada tahun 1994, HP memperkenalkan LED paling terang di dunia. Pada tahun 1994, mesin fotokopi-faks-printer pribadi resmi pertama dari HP diperkenalkan. 2001 menyaksikan penciptaan layanan HP untuk memberikan dukungan konsultasi dan outsourcing dan penerapan solusi.

        Pada tahun 2002, HP dan Compaq bergabung dan kemudian simbol saham perusahaan diubah menjadi HPQ. Pada 2010, HP mengakuisisi 3PAR, penyedia penyimpanan terkemuka. Pada tahun 2011, HP memperkenalkan mouse nirkabel pertama di industri. Pada tahun 2013, HP hadir dengan pelindung data HP 8.1 yang revolusioner.

        HP Enterprise Business (EB) menggabungkan HP Technology Services, HP Enterprise Security Services dan mengawasi layanan seperti keamanan informasi, keamanan jaringan, dan kepatuhan. Divisi Perangkat Lunak HP adalah unit perangkat lunak perusahaan perusahaan.

        Di bawah strategi kantor dan Teknologi hadir HP Labs, yang merupakan sayap penelitian HP. HP juga menyediakan layanan terkelola konsultasi di seluruh dunia. Segmen layanan keuangan HP menyediakan berbagai layanan pengelolaan siklus hidup nilai tambah keuangan yang luas.

        Sementara itu, pada 5 November 2019, The Wall Street Journal melaporkan bahwa perusahaan dokumen cetak dan digital Xerox sedang mempertimbangkan untuk membeli HP. Perusahaan dengan suara bulat menolak dua penawaran yang tidak diminta, termasuk penawaran tunai dan saham dengan harga 22 dolar per saham.

        HP menyatakan bahwa ada "ketidakpastian mengenai kemampuan Xerox untuk meningkatkan porsi kas dari pertimbangan yang diusulkan" (terutama mengingat Xerox adalah perusahaan yang lebih kecil dalam hal kapitalisasi pasar daripada HP), dan mencatat agresivitas perusahaan.

        Pada 26 November 2019, Xerox mengeluarkan surat publik yang membela tuduhan oleh HP bahwa tawarannya "tidak pasti" dan "sangat bersyarat", dan menyatakan niatnya untuk "terlibat langsung dengan pemegang saham HP untuk meminta dukungan mereka dalam mendesak Dewan HP untuk melakukannya. hal yang benar dan mengejar kesempatan yang menarik ini. "

        Xerox menyatakan pada Januari 2020 bahwa mereka akan mengusulkan penggantian dewan direksi HP selama pertemuan pemegang saham berikutnya pada April 2020. Dalam sebuah pernyataan kepada TechCrunch, HP mengungkapkan keyakinan bahwa tawaran Xerox sedang "didorong oleh" pemegang saham aktivis Carl Icahn. Xerox menaikkan penawarannya menjadi 24 dolar per saham pada Februari 2020.

        Pada 21 Februari 2020, HP melembagakan rencana hak pemegang saham untuk menangkis pengejaran Xerox untuk pengambilalihan yang tidak bersahabat. Empat hari kemudian, HP mengumumkan bahwa, jika pemegang saham menolak pembelian Xerox, mereka berencana menawarkan pengembalian modal 16 miliar dolar antara tahun fiskal 2020 dan 2022, termasuk 8 miliar dolar dalam pembelian kembali saham tambahan dan meningkatkan "target pengembalian modal jangka panjang menjadi 100 % dari penghasilan arus kas gratis ".

        HP mengkritik tawaran Xerox sebagai "pertukaran nilai yang cacat" berdasarkan "sinergi yang berlebihan". Pada 5 Maret 2020, HP menolak penawaran dengan harga $ 24 per saham.

        Pada 31 Maret 2020, Xerox membatalkan upayanya untuk membeli HP Inc, mengeluarkan dalam sebuah pernyataan, "Krisis kesehatan global saat ini dan gejolak ekonomi makro dan pasar yang disebabkan oleh Covid-19 telah menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi Xerox untuk terus mengejar. akuisisi HP Ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: