Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ya Ampun... Ngeri Banget, Tidur Berkeringat saat Malam Dingin Jangan Disepelekan, Bahaya! Kanker?

        Ya Ampun... Ngeri Banget, Tidur Berkeringat saat Malam Dingin Jangan Disepelekan, Bahaya! Kanker? Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
        Warta Ekonomi -

        Berkeringat di malam hari bisa dimaklumi ketika cuaca atau suhu kamar cukup panas. Sebaliknya, orang akan merasa bingung saat berkeringat dalam suhu yang dingin.

        Kondisi itu bisa disebabkan beberapa faktor. Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris menjelaskan ada berbagai penyebab paling umum berkeringat di malam hari, dilansir laman The Sun, Rabu (10/11).

        Baca Juga: Hipertensi Bikin Ngeri! Ternyata Oh Ternyata... Ini 6 Cara Alami Bantu Turunkan Tekanan Darah

        Gejala menopause

        Berkeringat adalah perubahan hormon selama menopause. Keluhan ini bisa diobati setelah berkonsultasi dengan dokter.

        Kecemasan

        Kecemasan bisa terjadi pada malam hari. Hal ini bisa menjadi penyebab umum keringat berlebih. 

        Obat-obatan

        Obat-obatan memiliki berbagai macam efek samping. Antidepresan, steroid, dan obat penghilang rasa sakit adalah yang paling umum menyebabkan keringat. Jika mulai berkeringat setelah minum obat, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mempertimbangkan alternatif lain.

        Gula darah rendah

        Orang dengan gula darah rendah (hipoglikemia) secara medis dapat berkeringat pada malam hari. Ini termasuk mereka yang minum obat untuk diabetes, seperti insulin.

        Baca Juga: Nggak Usah Pusing Memikirkan Penyebab Diabetes, Ubah Hal Ini Maka Peluang Anda…

        Hiperhidrosis

        Kondisi hiperhidrosis terbilang tidak terlalu berbahaya. Hiperhidrosis merupakan kondisi ketika orang berkeringat lebih banyak daripada rata-rata orang sepanjang waktu.

        Penyakit

        Berkeringat di malam hari bisa menjadi tanda sistem kekebalan bekerja melawan infeksi. Beberapa orang telah melaporkan ini saat berjuang melawan virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19. Untuk alasan yang sama, ini juga dapat terjadi sebagai efek samping dari vaksinasi.

        Kanker

        Berkeringat di malam hari juga bisa menjadi tanda peringatan dini dari beberapa jenis kanker, terutama limfoma, sejenis kanker darah. Tapi, ini biasanya akan jarang terjadi.

        Baca Juga: Catat! Ini Panduan Makan yang Bisa Membuat Jantung Lebih Sehat

        Kondisi lain yang juga berkaitan, termasuk sleep apnea, HIV, endokarditis, dan gangguan autoimun. Selain itu, orang juga bisa berkeringat saat tidur akibat terlalu banyak mengonsumsi alkohol, kafein, makanan pedas, merokok, atau obat-obatan.

        Kapan sebaiknya menemui dokter?

        NHS menyarankan untuk segera menemui dokter umum jika merasa berkeringat di malam hari. Tidak ada pengobatan untuk keringat malam.

        Sebaliknya, dokter umum mungkin akan mencoba dan mencari tahu akar masalahnya. Penanganannya tergantung pada penyebab keringat malam dan kondisi itu mungkin timbul dengan gejala lain.

        Bagi seorang perempuan, gejala yang bisa muncul sepertj muka memerah, perubahan suasana hati, dan kekeringan pada vagina yang menyertai keringat malam akibat menopause. Perempuan mungkin masih mengalami menstruasi saat mengalami gejala menopause.

        Untuk gejala kanker, penderitanya biasanya akan mengalami tanda-tanda peringatan lainnya, seperti penurunan berat badan. Selain ruangan yang terlalu panas atau memakai pakaian tidak tepat, orang juga bisa bangun berkeringat setelah mimpi buruk.

        Baca Juga: Duh Aduh… Penderita Diabetes Jangan Sampai Dehidrasi, Bahayanya Sungguh Mengerikan!

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: