Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Membuat Konsumen Loyal dengan Brand Kita, Siapkan 12 Strategi Ini!

        Cara Membuat Konsumen Loyal dengan Brand Kita, Siapkan 12 Strategi Ini! Kredit Foto: Unsplash/Rendy Novantino
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Loyalitas adalah hal penting dalam bisnis apapun, termasuk bisnis kuliner. Loyalitas akan mendatangkan profit yang lebih besar karena pelanggan yang setia akan terus berdatangan. Ini bisa membuat bisnis berumur panjang.

        Oleh karena itu, banyak pengusaha yang peduli akan hal ini. Mengutip YouTube Foodizz Channel di Jakarta, Jum'at (14/4/23) berikut 12 strategi membuat konsumen loyal!

        1. Pengalaman yang membekas di hati

        Konsumen akan loyal kepada suatu brand jika mendapatkan pengalaman yang positif dan membekas di hati. Terkadang, pelayanan yang baik dan maksimal akan membawa kehangatan di hati pelanggan. Inilah yang membuat pelanggan loyal.

        Baca Juga: Cara Menangani Komplain Customer untuk Bisnis Kuliner, Hindari Kalimat Ini!

        2. Menu unggulan yang bikin rindu

        Menu yang bikin rindu adalah kunci kesuksesan dalam berbisnis. Biasanya makanannya itu sangat enak hingga tidak ada yang bisa membandingkan. Meski harus antre dan lain sebagainya, tetapi menu unggulan yang bikin rindu inilah yang terus mendatangkan konsumen.

        3. Sesuai kebutuhan dan harapan

        Terkadang konsumen memiliki coffeeshop yang sering didatangi. Namun, apakah kopinya yang paling enak sejagat raya? Belum tentu. Bisa jadi ini karena coffeeshop tersebut sesuai kebutuhan dan harapan pelanggan.

        4. Layanan yang berkesan

        Keramahan dan kehangatan layanan akan memberikan kesan positif kepada pelanggan. Sehingga terkadang membuat pelanggan setia bahkan merekomendasikan brand kamu ke temannya.

        5. Detail kecil yang sangat penting

        WC yang bersih, kursi yang nyaman, ada colokan hingga WiFi mungkin terlihat sepele tetapi ini akan membuat konsumen nyaman dan loyal dengan brand kita. Bahkan, sekadar pembayaran yang tidak bisa menggunakan QRIS saja bisa membuat pelanggan tidak loyal ke brand kita. Jadi, perhatikan detail terkecil sekalipun ya.

        6. Kejutan yang menyenangkan

        Misalnya dengan memberikan diskon ulang tahun atau kue ulang tahun kepada pelanggan yang sedang menikmati hari lahirnya akan memberikan kesan positif untuk brand kita. Pelanggan akan merasa dihargai ketika mendapatkan perlakuan istimewa dari brand kita sehingga dia akan datang lagi dan terus loyal membeli.

        Sehingga, pelanggan akan merekomendasikan brand kita ke temannya atau di share di sosial media, dapat exposure gratis deh!

        7. Penawaran khusus yang spesial

        Memiliki member card akan membuat konsumen loyal karena mereka akan merasa memiliki keuntungan lebih dalam bentuk poin atau apapun itu.

        8. Kedekatan emosional atau frienship

        Kenal dan akrab membuat konsumen lebih loyal kepada brand kita. Misalnya, pemilik outlet biasa menyapa dengan hangat dan ramah sehingga membuat konsumen pun nyaman. Kunci dari kehangatan dan keramahan ini terletak pada owner dan karyawannya. Sehingga ini akan menjadi budaya yang kuat.

        9. Mendengarkan masukan dan merespon baik kritikan

        Kritikan dari konsumen memang datang bermacam-macam. Ada yang menyampaikan dengan baik, namun tak sedikit juga yang memberikan kritikan dengan pedas. Namun, jangan balik marah-marah ya tetapi respon dengan baik.

        Merespon baik kritikan akan membuat pelanggan lebih loyal bahkan merekomendasikan brand kita kepada temannya.

        10. Inovasi untuk tetap relevan

        Inovasi dan relevansi akan membuat konsumen loyal kepada brand kita. Misalnya dulu ramai sekali kopi susu. Nah, jangan ketinggalan untuk mengikuti tren agar pelanggan setia, bahkan menjadi favorit.

        11. Melibatkan pelanggan dalam aktivitas

        Libatkan pelanggan dalam aktivitas atau bergabung dengan komunitas. Dengan membuat aktivitas rutin bersama komunitas dan pelanggan, ini akan membuat konsumen juga loyal. Misalnya, Korean Cafe membuat aktivitas bersama fans KPop.

        12. Kenal dengan baik siapa konsumen kita

        Mengenal konsumen dengan baik adalah kewajiban pebisnis. Paling tidak, milikilah database mereka, kemudian berikan penawaran spesial melalui WhatsApp. Ibaratnya, tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka omzet akan melayang.

        Nah, jangan lupa lakukan strategi-strategi di atas ya agar cuan jumbo tidak melayang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: