Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Upaya Promosikan 'Kain Etnik Nusantara' pada Generasi Muda

Warta Ekonomi, Jakarta -

Pesona kain Indonesia sangat beranekaragam motif dan ceritanya, sehingga tren saat ini membuat para desainer kain etnik di seluruh Indonesia berlomba-lomba menampilkan keunggulan kain khas Indonesia sebagai cara mempromosikan keindahan dan pesona kain‎ ke segala kalangan, khususnya para generasi muda.  

Hal ini disampaikan oleh Bintang Puspayoga, selaku istri Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dalam sambutannya di acara Pesona Kain Etnik Nusantara, "Saya juga berharap agar acara seperti ini tidak sebatas seremonial, melainkan bisa berkelanjutan untuk memelihara budaya etnik nusantara", kata Bintang, di Gedung Smesco Jakarta, Kamis (1/9/2016).

"Tujuannya, agar generasi muda selalu mencintai dan memaknai kain Indonesia." tambahnya.

‎Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Komunitas Desain Etnik Indonesia,H Raizal Boeyoeng Rais menyebutkan bahwa tujuan digelarnya acara tersebut memang untuk lebih memasyarakatkan dan membudayakan memakai kain etnik khas Indonesia. 

"Kalau bukan kita untuk melestarikan kain etnik nusantara, siapa lagi? Apalagi, ada kain etnik kita yaitu kain kurung sudah dipatenkan dan diakui oleh Malaysia. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh kalangan dan lapisan masyarakat untuk menjaga pesona kain etnik tetap menjadi milik kita, milik bangsa Indonesia", papar Boeyoeng.

Sementara itu, Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kementrian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi menambahkan bahwa Gallery UKM Smesco‎ "Galeri Indonesia WOW" akan menjadi pusat desain para desainer Indonesia. "Dari Smesco akan lahir tren-tren fesyen berbasis heritage Indonesia, dan bernuansa budaya Nusantara. Selain itu, kita juga ingin masyarakat khususnya kalangan generasi muda 'aware' menggunakan kain nusantara. Dengan begitu, kita turut meningkatkan UKM-UKM kita, selain memelihara budaya kain etnik", kata Zabadi.

‎Zabadi memastikan bahwa event-event seperti itu merupakan hal yang rutin. "Hampir tiap minggu di gelar event yang menunjukkan bahwa UKM kita juga memiliki keunggulan. Dan, agar masyarakat cinta produk UKM Indonesia. Yang jelas, kita akan selalu memfasilitasi event-event yang berkaitan dengan pemberdayaan produk-produk UKM agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri", imbuh Zabadi.

Menurut Zabadi, pihaknya memiliki tenant UKM seluruh Indonesia sebanyak 2000 UKM. "Selain itu, kita terus melakukan capacity building untuk UKM di seluruh Indonesia, dimana ada sekitar 90 ribu produk UKM hasil kurasi yang ada di Galeri kami. Untuk yang belum lolos kurasi, kita terus melakukan pendampingan", tutup Zabadi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Vicky Fadil
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: